logo Kompas.id
RisetMembaca Pergeseran Budaya...
Iklan

Membaca Pergeseran Budaya Mencari Hiburan

Pencari hiburan melalui layanan ”streaming” sebagian besar didominasi generasi milenial. Generasi ini memiliki ciri melek terhadap perkembangan teknologi dan memiliki kebiasaan (habit) bermedia sosial.

Oleh
MB Dewi Pancawati
· 4 menit baca
Warga mengakses akun Netflix-nya lewat telepon genggam di Jakarta, Rabu (20/4/2022).
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Warga mengakses akun Netflix-nya lewat telepon genggam di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Saat masyarakat kembali bisa memilih dan menjalankan semua aktivitasnya secara luring, tidak demikian dengan perilaku mencari hiburan. Terhalangnya aktivitas di luar rumah akibat pembatasan kegiatan sosial saat pandemi membuat orang mencari hiburan dengan mengandalkan jaringan internet. Kebiasaan ini berlanjut, bahkan saat pandemi sudah terkendali.

Perubahan perilaku dan gaya hidup dalam mencari hiburan ini terpantau dari hasil jajak pendapat Kompas, 15-17 November 2022. Hasil jajak pendapat menemukan, hanya aktivitas mencari hiburan yang mayoritas masih dilakukan secara daring, sedangkan aktivitas lainnya sudah dijalankan secara luring. Aktivitas perkantoran, kegiatan belajar mengajar, peribadatan, dan fasilitas umum sudah kembali normal setelah melewati hampir tiga tahun masa pandemi.

Editor:
CHRISTOPERUS WAHYU HARYO PRIYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000