logo Kompas.id
RisetPotret Generasi ”Sandwich”...
Iklan

Potret Generasi ”Sandwich” sebagai Tumpuan Hidup Keluarga

Generasi ”sandwich” menjadi tumpuan hidup orangtua, saudara kandung, hingga keluarganya. Hal ini mendorong pengorbanan lebih besar dengan menyisihkan pendapatan hingga melakukan pekerjaan tambahan.

Oleh
Debora Laksmi Indraswari
· 6 menit baca
Para pekerja berhamburan keluar dari Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, menuju tempat kerja masing-masing, Jumat (19/11/2021). Tidak sedikit para pekerja di Jakarta adalah generasi <i>sandwich, </i>Yyitu mereka yang harus bekerja untuk menghidupi keluarga dan di waktu bersamaan harus menopang ekonomi orangtua.
KOMPAS/PRIYOMBODO (PRI)

Para pekerja berhamburan keluar dari Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, menuju tempat kerja masing-masing, Jumat (19/11/2021). Tidak sedikit para pekerja di Jakarta adalah generasi sandwich, Yyitu mereka yang harus bekerja untuk menghidupi keluarga dan di waktu bersamaan harus menopang ekonomi orangtua.

Generasi sandwich memikul tanggung jawab besar untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sekaligus keperluan hidup keluarga besarnya. Berbagai strategi pun dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan itu. Kendati demikian, strategi jangka panjang juga perlu dipersiapkan demi memutus rantai generasi sandwich.

Dalam beberapa tahun terakhir, konsep generasi sandwich mulai dikenal masyarakat khususnya kaum milenial dan generasi Z. Media sosial dan para influencer membuatnya menjadi lebih populer dari sebelumnya. Tentunya karena kondisi generasi sandwich ini relevan dengan situasi sehari-hari masyarakat.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000