logo Kompas.id
RisetJajak Pendapat Litbang...
Iklan

Jajak Pendapat Litbang ”Kompas”: Mengawal Digitalisasi Pelayanan BPJS Kesehatan

Digitalisasi layanan BPJS Kesehatan diharapkan bisa mempermudah layanan dan akses kesehatan bagi masyarakat. Sayangnya, baru kelompok masyarakat menengah atas yang memanfaatkan layanan digital ini.

Oleh
Arita Nugraheni
· 5 menit baca
Warga Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara, antre mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan setempat,
KOMPAS/ADHITYA RAMADHAN

Warga Kota Gunung Sitoli, Sumatera Utara, antre mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan setempat,

Administrasi pelayanan BPJS Kesehatan diharapkan menjadi sektor prioritas dalam transformasi digital. Tidak hanya itu, upaya digitalisasi juga perlu mengutamakan kepentingan masyarakat dalam kemudahan mengakses layanan kesehatan.

Era digitalisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan setidaknya telah dicanangkan sejak tahun 2018. Berbagai inovasi digital dan simplifikasi layanan terus diuji coba, dikembangkan, dan diimplementasikan. Meski demikian, kemudahan layanan kesehatan berbasis digital ini belum cukup dirasakan masyarakat.

Editor:
YOHAN WAHYU
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000