logo Kompas.id
β€Ί
Risetβ€ΊSistem Iklan Swalayan,...

Sistem Iklan Swalayan, Alternatif Pendapatan Bisnis Media Pers Digital

Perusahaan pers perlu mengadopsi sistem iklan swalayan yang sudah lama diandalkan oleh platform medsos. Tujuannya, untuk memaksimalkan sumber pendapatan selain dari iklan cetak.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
Β· 1 menit baca
Tampilan layanan pemasangan iklan di Facebook yang memungkinkan penggunanya membuat iklan sendiri.
KOMPAS/ IWAN SETIYAWAN

Tampilan layanan pemasangan iklan di Facebook yang memungkinkan penggunanya membuat iklan sendiri.

Di era digital, perusahaan pers berkompetisi dengan perusahaan media sosial dalam aspek teknologi serta model bisnis. Salah satu aspek yang perlu diadopsi oleh perusahaan pers ialah sistem iklan swalayan (self-serve advertising) yang sudah lama diandalkan oleh platform medsos. Tujuannya, untuk membangun sumber pendapatan selain dari iklan cetak.

Sejak kehadiran teknologi digital, hampir semua aspek kehidupan berangsur menjadi serba digital. Salah satunya dalam hal mencari dan mendapatkan informasi. Perubahan ini turut memengaruhi institusi media cetak akibat disrupsi gelombang informasi digital. Selama kurang lebih dua dekade fase disrupsi itu, sebagian perusahaan legacy media sudah menemukan strategi untuk berkecimpung di platform digital. Model bisnis berlangganan banyak dilakukan media untuk bertransformasi di era digital.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan