logo Kompas.id
RisetBanjir Berita Melelahkan...
Iklan

Banjir Berita Melelahkan Audiens

Banjir informasi telah ”melelahkan” audiens berita. Untuk melepaskan kejenuhan, tetapi tetap update berita terkini dibutuhkan sumber berita yang akurat. Medium konvensional dan berita digital berlangganan menjadi solusi.

Oleh
Yohanes Advent Krisdamarjati
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1j3VIcHq9d7yFM16Llq75RVzMi8=/1024x576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F02%2F21%2Fa254dce7-f43e-4387-a351-f175a2c34f02_jpg.jpg

Banjir informasi di dunia digital menimbulkan ”kelelahan ” bagi para audiens berita di seluruh dunia. Keletihan ini memunculkan kejenuhan yang mendorong penghindaran para audiens terhadap konten-konten berita di berbagai platform media digital. Ironisnya, fenomena ini dominan terjadi pada kalangan muda yang lekat dengan teknologi digital.

Menurut laporan Digital News Report (DNR) 2022, ada sejumlah temuan menarik terkait relasi audiens dan industri media massa di dunia. Laporan penelitian kolaborasi antara Reuters Institute bersama Universitas Oxford ini salah satu hasil risetnya menunjukkan adanya sikap penghindaran audiens terhadap konten berita. Terutama pada platform digital.

Editor:
BUDIAWAN SIDIK ARIFIANTO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000