logo Kompas.id
RisetPuncak Gunung Es Kekerasan Seksual di Kampus

Puncak Gunung Es Kekerasan Seksual di Kampus

Kasus kekerasan seksual di kampus seperti puncak gunung es yang sangat dingin dan sulit terpecahkan akar masalahnya, bahkan korban menjadi “silent victim” karena tidak adanya perlindungan hukum.

Oleh
Kendar Umi Kulsum
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Mahasiswa membunyikan kentongan dan menuliskan nama dan nomor mahasiswa mereka saat mengikuti aksi ”UGM Darurat Kekerasan Seksual” di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis (8/11/2018).

Publik kembali dikejutkan oleh pengakuan mahasiswi Universitas Riau atas peristiwa kekerasan seksual yang dialaminya akhir Oktober lalu. Kisah bermula ketika mahasiswa sedang melakukan bimbingan skripsi di kampus. Namun, pembimbing skripsi diduga melakukan upaya pelecehan terhadap mahasiswi bimbingannya.

Kejadian itu viral saat mahasiswi yang menjadi korban membuat pengakuan dan diviralkan di media sosial. Aparat hukum dan polisi mengambil tindakan dan mengumpulkan barang bukti maupun kesaksian. Setelah proses hukum berjalan, polisi telah menemukan 18 bukti hingga akhirnya pelaku kini berstatus sebagai tersangka sejak 22 November 2021.

Editor:
topanyuniarto
Bagikan