logo Kompas.id
RisetRekam Jejak Pemain-pemain Bintang Liga Indonesia

Rekam Jejak Pemain-pemain Bintang Liga Indonesia

Pemain-pemain bintang di ajang sepak bola Liga Indonesia yang kini bernama Liga 1 didominasi oleh pemain asing. Lantas siapa saja pemain-pemain bintang dalam sejarah kompetisi sepak bola teratas negeri ini?

Oleh
Dwi Erianto
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Bek Persipura Jayapura, Doni Harold Monim (kanan), duel berebut bola dengan striker Persita Tangerang, Altalariq Erfa Aqsal Ballah (kiri), dalam laga Liga 1 2021 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/8/2021). Persita Tangerang mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor 2-1. Musim kompertisi sepak bola Indonesia Liga 1 kembali digelar setelah tidak terselenggarakan dalam satu tahun terakhir akibat situasi pandemi Covid-19.

Kemenangan suatu tim sepak bola tidak ditentukan oleh seorang pemain, tapi hasil permainan kolektif para pemain di tim tersebut. Meski demikian, pencetak gol biasanya menjadi pemain bintang karena ia yang menentukan kemenangan tim. Alhasil, pencetak gol biasanya menjadi bintang lapangan dan idola bagi suporternya.

Hingga pekan ke-10 kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, lima besar pencetak gol terbanyak didominasi pemain asing atau naturalisasi. Striker naturalisasi asal Montenegro Ilija Spasojevic yang bermain di Bali United, striker Ezechiel Ndoussel dari negara Chad (Bhayangkara FC), dan Youssef Ezzejari dari Spanyol (Persik Kediri) masih memimpin daftar top skor sementara masing-masing dengan dengan tujuh gol. Dua striker asing lain yang menguntit di bawahnya yakni Paulo Henrique Santos dari Brasil (Persiraja Banda Aceh) dan Marco Simic dari Kroasia (Persija) dengan torehan enam gol.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan