logo Kompas.id
RisetPeluang Pemulihan Ekonomi Wisata Bali dan Yogyakarta

Peluang Pemulihan Ekonomi Wisata Bali dan Yogyakarta

Aktivitas wisata yang taat protokol kesehatan menghadirkan harapan bagi tumbuhnya kembali ekonomi pariwisata di DIY dan Bali.

Oleh
Agustina Purwanti
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/COKORDA YUDISTIRA

Suasana di Pantai Kuta, Badung, Bali (23/9/2021), masih terlihat sepi. Langkah pemerintah menerapkan uji coba pembukaan wisata secara terbatas diharapkan akan memulihkan sektor wisata di Bali.

Melandainya laju penularan Covid-19 yang diikuti turunnya level PPKM membawa angin segar bagi dunia pariwisata. Uji coba pembukaan wisata berpotensi meningkatkan kembali ekonomi wilayah yang bergantung pada sektor tersebut seperti Bali dan Yogyakarta. Meski demikian, pengawasan harus diperketat untuk mengantisipasi fenomena wisata “balas dendam”.

Laju penularan Covid-19 mulai melandai setelah satu setengah tahun melanda Indonesia. Memasuki bulan September 2021, jumlah terkonfirmasi positif mulai kurang dari 10.000 kasus per hari setelah mencapai titik puncak pada 15 Juli 2021 dengan 56.757 kasus harian. Bahkan, data termutakhir yang disajikan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan, jumlah terkonfirmasi positif harian pada 27 September 2021 sudah turun ke angka 1.390 kasus.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan