logo Kompas.id
RisetKajian DataTrend Diet Bebas Gluten

Trend Diet Bebas Gluten

Diet bebas gluten akhir-akhir ini sering dianggap sebagai gaya hidup yang lebih sehat. Pasar roti di Indonesia kini makin ramai dengan hadirnya bahan dan pangan bebas gluten atau gluten free.

Oleh Krishna P Panolih
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/INDIRA PERMANASARI

Ragam produk ragam bahan pangan Kainara untuk memenuhi kebutuhan makanan tanpa kandungan gluten, kasein, margarin, gula pasir, bahan pengawet, dan kimia (22/03/2013). Ada pula bermacam kue kering yang terbuat dari bahan alami dan lokal. Makanan sehat itu biasanya dibutuhkan anak dengan autisme.

Laporan Bakery Ingredients (EIBN Reports, 2019) menyatakan, konsumen di Asia kini cenderung memilih makanan dan minuman bebas susu dan turunannya, rendah gula, dan bebas gluten atau gluten free.

Kalangan bisnis dan industri makanan pun merespon positif diet bebas gluten tersebut. Sejumlah laporan lembaga riset pasar memprediksi, pasar kalangan yang melakukan diet bebas gluten di belahan dunia akan terus berkembang. Sampai tahun 2019 saja konsumsi masyarakat terkait bebas gluten sekiar 4,3 miliar dollar AS dan diperkirakan akan naik hingga 7,5 miliar dollar AS di tahun 2027.

Editor: Topan Yuniarto
Bagikan
Memuat data..