logo Kompas.id
RisetSurveiMenanti Hadirnya Negara Atasi Kesejahteraan Pejuang Olahraga

Menanti Hadirnya Negara Atasi Kesejahteraan Pejuang Olahraga

Tak hanya atlet, publik pun turut menanti hadirnya negara dalam menjamin kesejahteraan insan olahraga. Publik menilai, akses pekerjaan dan jaminan hari tua menjadi kunci untuk meningkatkan kesejahteraan.

Oleh Agustina Purwanti
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Karni (53), mantan atlet dayung nasional, menunjukkan medali-medali di rumahnya di Desa Purwosari, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (10/9/2021). Karni, yang pernah menyumbang emas bersama tim dayung perahu naga Indonesia, bekerja sebagai tenaga honorer Pemerintah Kabupaten Blora. Sehari-hari ia menjaga kolam renang.

Tak hanya para atlet, publik pun turut menantikan hadirnya negara dalam menjamin kesejahteraan insan olahraga. Publik menilai, akses pekerjaan, jaminan hari tua, dan kepastian hukum menjadi kunci untuk meningkatkan kesejahteraan atlet di Tanah Air.

Harapan tersebut tecermin dari hasil jajak pendapat Kompas pada 7-10 September 2021. Tiga dari 10 responden mengatakan, memberikan pekerjaan menjadi hal yang harus diprioritaskan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan atlet. Hal ini tak lepas dari masih minimnya pendapatan seorang atlet, apalagi sifatnya cenderung musiman.

Editor: Yoga Prasetyo
Bagikan
Memuat data..