logo Kompas.id
RisetKajian DataMungkinkah Papua Barat Mengejar DKI Jakarta?

Mungkinkah Papua Barat Mengejar DKI Jakarta?

Papua Barat menjadi provinsi dengan skor indeks demokrasi terendah. Selisih skornya terpaut jauh dengan DKI Jakarta. Apakah Papua Barat dapat mengatasi ketertinggalannya membangun kualitas demokrasi?

Oleh Bestian Nainggolan
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RIZA FATHONI

Aksi massa yang tergabung dalam Aliansi Karyawan Hiburan dan Pengusaha Hiburan menggelar aksi damai di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat (21/7/2020). Mereka menuntut Pemprov DKI Jakarta membuka tempat hiburan malam dalam masa pembatasan sosial berskala besar transisi.

Kehidupan berdemokrasi yang terbangun di negeri ini tampaknya sudah sedemikian senjang. Lima tahun terakhir, selisih skor demokrasi tertinggi yang dicapai DKI Jakarta dengan terendah di Papua Barat semakin berjarak.

Dengan mengacu pada hasil Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS), kondisi demokrasi di negeri ini tergolong ”sedang”. Skor indeks nasional tahun 2020 sebesar 73,66. Sebenarnya, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, telah terjadi penurunan skor capaian, kendati dalam kategori kualitas demokrasi masih dalam kategori yang tetap sedang.

Editor: totosuryaningtyas
Bagikan
Memuat data..