logo Kompas.id
RisetSurveiInformasi yang Terintegrasi soal Vaksinasi Menjadi Kunci

Informasi yang Terintegrasi soal Vaksinasi Menjadi Kunci

Program vaksinasi Covid-19 belum merata. Keengganan menerima vaksin masih terpotret di tengah tingginya angka penularan saat ini. Informasi yang belum jelas dan terintegrasi menjadi salah satu faktor yang memengaruhi.

Oleh Arita Nugraheni/Litbang Kompas
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Petugas mendata warga yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19 dalam kegiatan vaksinasi keliling  di Carrefour Express Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (1/8/2021).

Jajak pendapat Kompas yang dilaksanakan pada akhir Juli lalu merekam bagaimana tingkat partisipasi responden terhadap program vaksinasi. Hasilnya memang belum menunjukkan angka optimal. Tercatat hanya 45,5 persen responden yang mengaku sudah divaksin. Sisanya, sebagian besar menyatakan belum mengikuti vaksinasi dan sebagian kecil lainnya menyatakan menolak untuk divaksin.

Tingkat partisipasi responden ini bisa dibandingkan dengan data riil nasional jumlah penduduk yang sudah divaksin. Dalam data Kementerian Kesehatan per 30 Juli 2021 tercatat ada 46,8 juta warga yang sudah mengikuti program vaksinasi atau sekitar 22,47 persen dari target 208 juta warga yang harus divaksin. Jika mengacu target tersebut, memang angka ini masih jauh tertinggal, apalagi jika melihat warga yang sudah mengikuti vaksin dosis kedua baru 9,67 persen.

Editor: Antonius Ponco Anggoro
Bagikan
Memuat data..