logo Kompas.id
RisetLinimasaMemastikan Penyaluran dan Pemerataan Bantuan Sosial Saat PPKM Level 4

Memastikan Penyaluran dan Pemerataan Bantuan Sosial Saat PPKM Level 4

Bantuan sosial menjadi harapan masyarakat yang berkekurangan di tengah krisis pandemi dan pemberlakuan PPKM darurat atau PPKM level 4.

Oleh Debora Laksmi Indraswari
· 1 menit baca
Memuat data...
DOKUMENTASI DINAS SOSIAL DIY

Petugas menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada warga yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan, Jumat (23/7/2021), di Kantor Kelurahan Panembahan, Kota Yogyakarta. Sejak 18 Juli 2021 lalu, penyaluran BST sudah mulai dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam penanganan Covid-19, sektor kesehatan dan ekonomi harus sama-sama diutamakan. Upaya menurunkan laju penularan Covid-19 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat dan PPKM level 4 perlu diimbangi dengan percepatan dan pemerataan penyaluran bantuan sosial.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan perpanjangan PPKM darurat Jawa-Bali hingga 25 Juli 2021. Jika laju penularan tidak menurun, ada kemungkinan pembatasan terus dilakukan. Namun, Presiden Jokowi membuka opsi pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat, seperti di pasar tradisional, warung-warung, dan usaha kecil lainnya.

Editor: Yoga Prasetyo
Bagikan
Memuat data..