logo Kompas.id
RisetKajian DataTantangan Pelestarian Cagar Budaya di Tengah Pandemi

Tantangan Pelestarian Cagar Budaya di Tengah Pandemi

Cagar budaya adalah warisan yang perlu memperoleh perhatian dalam situasi apapun, termasuk di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sebagai investasi alam pikir dan alam rasa dari masa lampau yang perlu dikembangkan.

Oleh Dedy Afrianto
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Lorong pintu yang saling tersambung antarruangan sebagai salah satu ciri khas bangunan di Gedung Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/5/2021). Lawang Sewu merupakan bangunan milik PT Kereta Api Indonesia ini termasuk salah satu bangunan cagar budaya yang terawat dengan sangat baik.

Pandemi Covid-19 memberi tantangan tersendiri dalam upaya pelestarian cagar budaya di Indonesia. Sebagai investasi alam pikir dan alam rasa dari masa lampau, pelestarian cagar budaya menjadi pekerjaan rumah yang tak kalah penting untuk diperhatikan di tengah pandemi.

Isu tentang cagar budaya memang kalah populer dibandingkan sejumlah isu lainnya selama pandemi Covid-19. Terakhir, isu ini ramai diperbincangkan di Indonesia pada pertengahan 2019, atau enam bulan sebelum ditemukannya kasus positif Covid-19 di China.

Editor: Yohan Wahyu
Bagikan
Memuat data..