logo Kompas.id
RisetLinimasaMenyoal Konsistensi dan Kelanjutan PPKM Darurat

Menyoal Konsistensi dan Kelanjutan PPKM Darurat

Peraturan pembatasan kegiatan masyarakat harus dilakukan dengan konsisten. Perubahan beberapa kali aturan terkait pembatasan berpeluang membingungkan masyarakat dan berpengaruh pada efektifitas di lapangan.

Oleh Eren Marsyukrilla
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ERIKA KURNIA

Titik penyekatan di sebagian ruas Jalan Kramat Sentiong, Senen, Jakarta Pusat, dilalui kendaraan bermotor ketika tidak ada penjagaan, pada Minggu (4/7/2021) sore. Penyekatan jalan di dalam kota diadakan untuk membatasi mobilitas masyarakat selama masa PPKM darurat mulai 3 Juli.

Upaya penanggulangan pandemi Covid-19 dengan pembatasan kegiatan masyarakat harus dilakukan dengan konsisten. Pengalaman penerapan pembatasan kegiatan sebelumnya perlu dijadikan acuan untuk memperkuat penegakannya agar kebijakan ini berjalan sesuai harapan.

Setelah lebih dari satu pekan penerapan, muncul wacana untuk memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Jika melihat tren penambahan kasus harian Covid-19 yang tak kunjung melandai, perpanjangan pembatasan dalam situasi darurat sepertinya akan menjadi pilihan yang tak terelakkan.

Editor: Yohan Wahyu
Bagikan
Memuat data..