logo Kompas.id
RisetMenangkap Peluang Merger...
Iklan

Menangkap Peluang Merger Perusahaan Saat Pandemi

Dalam skala dunia, megamerger berulang kali terjadi.

Oleh
Agustina Purwanti
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Nwjy0SNrpMTuLKomSj1GKGgQB10=/1024x609/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F05%2F86eb4308-fc12-46de-acdf-75dc82479e76_jpg.jpg
KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan kesepakatan merger melalui pembentukan Grup GoTo pada Senin (17/5/2021). Gojek merupakan platform layanan on-demand dan finansial, sedangkan Tokopedia merupakan perusahaan teknologi lokapasar (marketplace) di Indonesia.

Merger dan akuisisi adalah hal yang biasa di dunia usaha. Dengan tujuan yang terukur dan komitmen bersama, kebijakan merger dapat dilakukan untuk memperkuat pangsa pasar. Di tengah situasi pandemi Covid-19, kerja sama penggabungan ini dapat menjadi pilihan perusahaan untuk mengantisipasi memburuknya krisis global.

Merunut sejarahnya, perusahaan-perusahaan dapat melakukan merger dan akuisisi saat berada dalam dua situasi berbeda. Pertama adalah saat situasi ekonomi sedang sangat sulit. Sementara penyebab lain adalah situasi yang berkebalikan, yaitu saat keuangan perusahaan justru sedang sangat baik.

Editor:
yogaprasetyo
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000