logo Kompas.id
RisetKajian DataAntisipasi Episentrum Penularan Covid-19 di Pusat Perbelanjaan

Antisipasi Episentrum Penularan Covid-19 di Pusat Perbelanjaan

Menjelang Lebaran, mobilitas masyarakat ke area permukiman dan tempat publik, seperti pertokoan, ritel, taman, dan tempat rekreasi terus meningkat.

Oleh Debora Laksmi Indraswari
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/YOLA SASTRA

Ratusan orang memadati Jalan Pasar Raya di Pasar Raya Padang, Padang, Sumatera Barat, Kamis (6/5/2021) siang. Sejak akhir April hingga sepekan menjelang Lebaran, para pengunjung mulai meramaikan Pasar Raya Padang untuk berbelanja kebutuhan hari raya.

Meningkatnya pengunjung pusat perbelanjaan dan pasar tradisional hingga menimbulkan kerumunan besar saat musim libur Lebaran hendaknya menjadi evaluasi bagi penanganan Covid-19. Kerumunan ini berpotensi menambah kasus Covid-19 selain dari kegiatan mudik. Karena itu, pemantauan dan tes acak perlu difokuskan juga pada pusat perbelanjaan mengingat tren kunjungan meningkat setiap menjelang libur panjang dan hari raya.

Hari Raya Idul Fitri tahun ini masih dirayakan dengan penuh keprihatinan karena situasi pandemi belum mereda. Walakin, masyarakat masih semarak menyambut Lebaran. Ada yang merayakan hanya bersama dengan keluarga inti tanpa bepergian, ada pula yang rela mudik demi bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halamannya.

Editor: Yoga Prasetyo
Bagikan
Memuat data..