logo Kompas.id
RisetMasyarakat Indonesia Masih...
Iklan

Masyarakat Indonesia Masih Jadi Sekadar Penikmat Konten Digital

Jumlah pendapatan menggiurkan dari hasil konten kreatif tidak serta merta diimbangi dengan jumlah pengguna di Indonesia yang dengan serius membuatnya.

Oleh
Yohanes Mega Hendarto
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/zyJRzSQ-vk0A1z2QLmtmtBPES7Y=/1024x652/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F02%2Fkompas_tark_19197611_97_1.jpeg
KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO

Setidaknya 1.000 remaja memadati auditorium di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta untuk menunggu giliran temu sapa dengan youtuber atau istilah dari pembuat konten di layanan video Youtube di sela Youtube Fan Festival, Jumat (23/10/2015). Acara ini dihadiri youtuber dengan kanal yang diikuti banyak orang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih sebatas menjadi konsumen di dunia digital. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana yang produktif belum dioptimalkan.

Media internet dan media sosial awalnya hadir sebagai sarana jejaring komunikasi sesama pengguna dan hiburan. Namun, kini kehadirannya juga mampu menjadi sarana bisnis atau usaha yang memberikan keuntungan bagi pengguna. Misalnya, pengguna dapat memasarkan produk usaha mereka atau membentuk citra diri (branding image) dari konten kreatif yang dibuatnya.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000