Menjaga Ekonomi Kreatif Tetap Tumbuh
Jalur digital, konten berkualitas, dan kolaborasi bisnis menjadi jurus sektor ekonomi kreatif bertahan menghadapi pandemi Covid-19.
Potret konser dalam jaringan yang dilakukan penyanyi Anica Nada, grup tarling (gitar-suling) dangdut, dari rumah di Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (26/4/2020). Pandemi Covid-19 berdampak pada resepsi pernikahan sehingga pentas tarling dangdut ditiadakan. Sejumlah artis pun menggagas konser daring untuk mendekatkan diri dengan fans sekaligus menyambung hidup.
Industri kreatif terus berselancar menghadirkan karya-karya kreatif selama pandemi Covid-19. Penggunaan teknologi digital dan kolaborasi dengan penyalur konten menjadi tumpuan kreativitas untuk mengembangkan potensi besar ekonomi kreatif.
Kebijakan pembatasan sosial di berbagai negara untuk mencegah penularan virus SARS-CoV-2 membuat penyelenggaraan konser musik, festival kesenian, peluncuran film, peragaan busana, produksi acara TV, hingga rilis album harus ditunda bahkan dibatalkan.


