logo Kompas.id
RisetMembaca Peluang pada Era...
Iklan

Membaca Peluang pada Era Kecerdasan Buatan

Munculnya kecerdasan buatan dan otomatisasi mendorong dinamika pasar tenaga kerja di masa depan. Adaptasi merupakan cara membaca peluang untuk dapat bertahan dengan meningkatkan keterampilan.

Oleh
Andreas Yoga Prasetyo
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/4iTyFPRn0z4lTN6fYrylI7Xmo1Y=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F05%2F65162453.jpg
KOMPAS/YUNIADHI AGUNG

Pengguna gawai memakai chatbot Veronika, asisten virtual Telkomsel, Senin (7/5/2018). Pemanfaatan asisten virtual oleh sejumlah perusahaan mampu meningkatkan layanan konsumen, menunjang produktivitas, dan membangun kedekatan dengan pelanggan.

Kecerdasan buatan banyak digunakan perusahaan-perusahaan di dunia. Peningkatan pendapatan menjadi daya tarik bagi perusahaan menggunakan artificial intelligence. Perkembangannya juga menawarkan jenis-jenis pekerjaan baru yang menuntut adaptasi pasar tenaga kerja.

Penerapan kecerdasan buatan di perusahaan global terlihat dari survei yang dilakukan McKinsey terhadap 2.395 pelaku bisnis di dunia pada Juni 2020. Sebanyak 1.151 responden (48 persen) mengungkapkan bahwa perusahaannya telah menggunakan setidaknya satu fungsi kecerdasan buatan (AI) dalam menunjang kegiatan bisnis.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000