logo Kompas.id
RisetMedia Arus Utama Jadi Acuan
Iklan

Media Arus Utama Jadi Acuan

Di tengah kesulitan masyarakat mengakses informasi resmi dari pemerintah, media arus utama masih menjadi acuan. Publik berharap, kerja sama antara lembaga pemerintah dan media massa terjalin dengan efektif.

Oleh
Dedy Afrianto/ Litbang Kompas
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/WZsf6sfY0sUDU9XUqtyy2IUJKzY=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F08%2F20190807_ENGLISH-TAJUK_A_web_1565191128.jpg
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Foto tumpukan sejumlah koran yang terbit di Jakarta, Rabu (22/5/2019). Di tengah gempuran media sosial, media arus utama saat ini masih menjadi acuan informasi bagi warga.

Harapan publik terkait kerja sama antara lembaga pemerintah dan pers terekam dalam jajak pendapat Litbang Kompas pada 2-4 Februari 2021. Hampir seluruh responden (96,9 persen) berharap kerja sama tersebut dapat terjalin agar informasi tersampaikan secara utuh ke seluruh lapisan masyarakat.

Munculnya harapan ini tidak terlepas dari dua faktor. Pertama, pilihan utama masyarakat dalam mengakses informasi yang masih tertuju pada media massa arus utama, yakni media cetak, daring, televisi, dan radio. Di tengah gencarnya arus informasi di media sosial, media massa konvensional masih menjadi pilihan utama bagi lebih dari dua pertiga responden (67,4 persen) untuk memperoleh informasi.

Editor:
susanarita
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000