logo Kompas.id
RisetCapaian Angka Indeks Membaik, ...
Iklan

Capaian Angka Indeks Membaik, namun …

Birokrasi sebagai “alat administrasi” negara bertugas menciptakan kesejahteraan rakyat dengan melayani warga negara. Peran birokrasi penting sebagai pamong yang melayani publik, bukan priayi yang minta dilayani.

Oleh
Toto Suryaningtyas
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Aohu2vbBWxIiozSko-dbEv12bOU=/1024x1536/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F08%2FCERMIN_-DR-VIRNA_IMAM-HUSEIN_1597539267.jpg
DOKUMENTASI PRIBADI

Kepala Divisi Glaukoma dan Koordinator Pendidikan Spesialis di Departemen Mata Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kirana, Virna Dwi Oktariana, meraih piala Adhigana kategori PNS Inspiratif dalam ajang Anugerah ASN Tahun 2019. Virna berhasil menciptakan inovasi implan glaukoma yang aman dan murah.

Grand Design Reformasi Birokrasi (GDRB) menginginkan pada 2019 birokrasi diharapkan sudah sampai pada tahap kualitas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, dan bebas korupsi, kolusi, serta nepotisme. Pelayanan publik juga diharapkan sudah memenuhi harapan masyarakat sehingga siap ”melejit” ke pemerintahan kelas dunia.

Namun, berbagai ukuran indikator menunjukkan harapan itu belum memuaskan. Tulisan ini mencoba melihat capaian itu secara kuantitatif berdasarkan tiga arahan dalam grand design, yaitu kemampuan bebas dari KKN, kualitas pelayanan publik dan kapasitas-akuntabilitas birokrasi.

Editor:
adiprinantyo
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000