logo Kompas.id
RisetVisi Misi Paslon Belum...
Iklan

Visi Misi Paslon Belum Tersampaikan secara Optimal

Penentuan pilihan di pilkada cenderung hanya didasari oleh keyakinan bahwa pasangan calon yang dipilih akan mampu bekerja dengan baik. Kepercayaan ini ”mengalahkan” pentingnya visi-misi yang belum optimal tersampaikan.

Oleh
Rangga Eka Sakti/ Litbang Kompas
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/apj5XJjEdMLYx0EU8T9z2xFqXDY=/1024x768/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2F62a35d8e-4bf8-4fb6-9276-9f6ab9b5c242_jpg.jpg
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Suasana kampanye calon bupati Indramayu nomor urut 3, Daniel Mutaqien Syafiuddin, di Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020).

Belum optimalnya sosialisasi visi-misi pasangan calon ini tampak dari hasil jajak pendapat Kompas pekan lalu. Hampir separuh responden yang di daerahnya akan diselenggarakan pilkada menyatakan tidak mengetahui visi-misi yang diusung para paslon. Sementara dari seperempat responden yang mengaku telah terpapar visi-misi paslon hanya sebagian kecil yang memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait visi-misi tersebut.

Hal ini menjadi gambaran bahwa kampanye selama ini belum efektif digunakan paslon untuk mendiseminasikan visi-misi, termasuk program kerja jika nantinya terpilih. Padahal, ada banyak kanal yang sebenarnya memudahkan calon mendiseminasi gagasan yang mereka usung.

Editor:
susanarita
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000