logo Kompas.id
RisetLinimasaMahalnya Pengorbanan Tenaga Kesehatan Covid-19

Mahalnya Pengorbanan Tenaga Kesehatan Covid-19

Makin banyak tenaga medis yang gugur akibat Covid-19. Mengingat besarnya pengorbanan mereka, sudah semestinya setiap kebijakan strategis yang diambil perlu mendengarkan pendapat dari sisi keselamatan kesehatan.

Oleh Andreas Yoga Prasetyo
· 1 menit baca
Memuat data...
HUMAS PEMKOT SURABAYA

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin) Jawa Timur serta perwakilan dari Perhimpunan Dokter Intensive Care Indonesia (Perdici) di rumah dinas, Jalan Sedap Malam, Senin (23/3/2020), yang meminta bantuan Pemkot Surabaya mengatasi ketiadaan alat pelindung diri (APD).

Pandemi Covid-19 membuat makin banyak tenaga kesehatan gugur dan memberikan tekanan depresi serta stigma negatif. Solidaritas menerapkan protokol kesehatan dan mempertimbangkan kebijakan publik dari aspek kesehatan menjadi bentuk penghormatan atas pengorbanan besar tenaga kesehatan.

Infeksi virus korona tidak mengenal usia, jabatan, atau latar belakang profesi. Penyakit Covid-19 dapat memapar siapa saja, tidak terkecuali tenaga kesehatan. Berada di area yang bersentuhan dengan pasien Covid-19 membuat tenaga kesehatan menjadi salah satu pihak yang rentan terkena risiko penularan virus SARS-CoV-2.

Editor: totosuryaningtyas
Bagikan
Memuat data..