logo Kompas.id
RisetJalan Digital Inklusi Keuangan
Iklan

Jalan Digital Inklusi Keuangan

Kemudahan membuka rekening bank secara digital ini tentu saja akan meningkatkan inklusi keuangan sekaligus memperluas akses masyarakat ke layanan jasa keuangan.

Oleh
GIANIE
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/Scq5dMSBRbNsjzTFz2A3Tei6rxY=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F10%2Fbb84ee40-2504-4d88-825b-5290b10ba9c3_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Nasabah mengantre untuk mendapat pelayanan di Bank Mandiri Cabang Supomo, Tebet, Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Langkah paling sederhana untuk mewujudkan inklusi keuangan adalah memiliki rekening tabungan. Rekening tabungan tidak saja bermanfaat untuk keperluan bertransaksi sehari-hari, tetapi juga untuk kebutuhan kegiatan usaha. Di masa pandemi ini, manfaatnya bertambah sebagai media penyaluran bantuan pemerintah. Kini, kemudahan teknologi membuat rekening tabungan bisa dibuka secara daring.

Definisi inklusi keuangan, menurut Bank Dunia, adalah akses seseorang atau lembaga bisnis terhadap produk dan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhannya—bertransaksi, pembayaran, tabungan, kredit, asuransi—yang dilakukan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Editor:
haryodamardono
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000