logo Kompas.id
Riset”The Age of Surveillance...
Iklan

”The Age of Surveillance Capitalism” dan Belenggu Manusia dalam Pengawasan Digital

Shoshana Zuboff mengungkapkan kegelisahannya mengenai masa depan manusia di era digital yang membawa gejala kapitalisme pengawasan atau ”surveillance capitalism”.

Oleh
Yohanes Mega Hendarto
· 8 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/oT_sDXLeFLA39_ZF8iuZTh8BfjE=/1024x1088/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F11%2F20191111_ENGLISH-TEMATIK-PAHLAWAN_B_1573483035.jpg
AFP/LIONEL BONAVENTURE AND NICOLAS ASFOURI

Logo Google, Twitter, dan Facebook dalam tangkapan layar tablet, 29 April 2018. Ketiganya merupakan media sosial yang banyak digunakan warga dunia, termasuk Indonesia.

Perkembangan teknologi dengan prinsip internet of things telah memudahkan hidup manusia. Tanpa disadari, kebiasaan menggunakan teknologi ini dikonversi menjadi data yang penting bagi perusahaan digital. Berhadapan dengan ini, kapitalisme model baru menunjukkan tajinya.

Di era digital saat ini, dengan mudah manusia bisa memanfaatkan beragam aplikasi untuk membantu beraktivitas. Mulai dari menunjukan rute perjalanan ke lokasi yang belum pernah dikunjungi, memesan barang atau jasa melalui aplikasi digital, agenda pertemuan yang dipasang di kalender gawai, dan masih banyak aktivitas lainnya yang dimudahkan berkat internet. Sering kali, gawai dan internet dirasakan sebagai instrumen yang membantu dan berada dalam kuasa penuh si pengguna.

Editor:
yogaprasetyo
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000