logo Kompas.id
RisetTantangan Bisnis Ritel pada...
Iklan

Tantangan Bisnis Ritel pada Masa Transisi

Bisnis ritel berpotensi untuk bangkit kembali pada masa transisi menuju adaptasi kehidupan baru. Inovasi bisnis diperlukan untuk bisa kembali eksis, dan tentu saja tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan.

Oleh
ANTONIUS PURWANTO
· 7 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/sbGnEcTDrj3qfmDznIg-X1pdspc=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F03%2F655ff8c7-572d-4e27-9187-d8b94b03e5f9_jpg.jpg
KOMPAS/Lasti Kurnia

Petugas pintu masuk mengecek suhu pengunjung yang akan masuk ke mal di Lippomall Puri, Jakarta, Selasa (3/2/2020).

Tatanan hidup baru masa pandemi menumbuhkan harapan bagi pelaku bisnis ritel modern untuk memulihkan usaha secara bertahap. Namun, beragam tantangan perlu diantisipasi dengan strategi baru agar bisnisnya kembali eksis dan bertahan.

Sama seperti sektor industri lain, selama hampir tiga bulan terakhir bisnis ritel dan pusat perbelanjaan di Tanah Air terpukul akibat merebaknya penyakit  Covid-19. Tak hanya ritel besar yang menjadi korban, toko ritel kecil pun juga mengalami penurunan daya beli masyarakat.

Editor:
bimasakti
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000