logo Kompas.id
RisetPandemi Memasung Survei Opini
Iklan

Pandemi Memasung Survei Opini

Jurang perbedaan yang sangat dalam dengan realitas menunjukkan kekurangandalan menjadikan survei ”online” sebagai rujukan suara publik.

Oleh
Bestian Nainggolan
· 6 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/FonXzmafr6plpSv4sksctTRspzI=/1024x1422/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F04%2F77287032_1554304520.jpg

Pandemi Covid-19 tidak hanya berputar pada persoalan ancaman kesehatan masyarakat. Saat ini, penyelenggaraan survei opini publik pun terimbas. Dampaknya, esensi survei opini mulai terdekonstruksi, beralih menjadi instrumen mobilisasi pendapat publik.

Jika kondisi idealnya, suatu ”tujuan” (objective) yang disasar dengan sendirinya menentukan ”cara” atau konstruksi alat (means) yang akan digunakan, kali ini terbalik. Berbagai keterbatasan yang dialami, seperti akibat pandemi Covid 19, justru telah memaksa ”cara” menjadi entitas yang menentukan ”tujuan”.

Editor:
totosuryaningtyas
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000