logo Kompas.id
RisetProduk Pangan dalam Pusaran Pandemi Covid-19

Produk Pangan dalam Pusaran Pandemi Covid-19

Daya tahan ekonomi petani dan kemampuan rumah tangga mengakses bahan pangan dengan harga terjangkau menjadi dua persoalan krusial di tengah wabah Covid-19.

Oleh MB DEWI PANCAWATI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Antrean warga saat operasi pasar komoditas pangan yang digelar Perum Bulog di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Rabu (18/2/2020). Operasi pasar akan dilakukan Bulog di lima titik pasar di Jakarta selama seminggu ini. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya gejolak harga pangan di masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Saat pandemi Covid-19 terjadi, pemerintah dihadapkan pada dua tantangan besar di sektor pertanian. Tantangan itu adalah mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau pada satu sisi, tetapi tetap menjaga kesejahteraan petani di sisi lainnya.

Wabah virus korona, yang sudah memasuki bulan ketiga di Indonesia sejak ditemukan kasus awal Maret, berdampak luas bagi berbagai sektor di Tanah Air. Sektor perdagangan, transportasi, pariwisata, tak terkecuali sektor pertanian ikut terdampak penyebaran penyakit yang berbahaya ini.

Editor: bimasakti
Bagikan