logo Kompas.id
RisetPengalaman Indonesia Hadapi SARS dan MERS

Pengalaman Indonesia Hadapi SARS dan MERS

Beberapa kondisi yang kini dihadapi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 juga pernah dialami saat menanggulangi wabah SARS dan MERS beberapa tahun silam.

Oleh
Dedy Afrianto
· 1 menit baca
Memuat data...
ARSIP PT TWC

Petugas menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (18/3/2020). Penyemprotan disinfektan itu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit Covid-19 akibat virus korona baru.

Beberapa kondisi yang kini dihadapi oleh Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 juga pernah dialami saat menanggulangi wabah SARS dan MERS beberapa tahun silam. Saat itu, pemerintah mengambil sejumlah kebijakan yang menitikberatkan pada upaya preventif penularan penyakit. Pengalaman itu dapat menjadi cermin bagi Indonesia untuk menghambat penularan Covid-19 saat ini.

Pada 15 Maret 2003, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan darurat global terhadap penyebaran penyakit misterius yang kemudian dikenal dengan sindrom pernapasan akut parah (SARS). Kala itu, para ilmuwan dunia tengah mencari penyebab utama dari penyakit ini.

Editor:
yohanwahyu
Bagikan