logo Kompas.id
RisetKajian DataTantangan Bekerja dari Rumah

Tantangan Bekerja dari Rumah

Sistem bekerja dari rumah menjadi salah satu langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Namun, jenis-jenis pekerjaan yang memungkinkan dilakukan di rumah juga membawa tantangan tersendiri bagi para pekerja.

Oleh M PUTERI ROSALINA
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Yuniadhi Agung

Seorang pegawai Bank BNI bekerja di rumahnya di Tangerang Selatan, Banten, Selasa (17/3/2020). Sejumlah kantor dan perusahaan menerapkan sistem bekerja dari rumah untuk meminimalisasi penularan virus korona tipe baru (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19.

Sistem bekerja dari rumah menjadi salah satu solusi untuk meminimalisasi penyebaran penyakit Covid-19. Namun, dalam pelaksanaannya tidak semua sektor pekerjaan bisa dikerjakan di rumah. Faktor lain, seperti ukuran rumah, ketiadaan alat kerja dan komunikasi, serta kurangnya komunikasi dan koordinasi, juga bisa menghambat produktivitas bekerja dari rumah. Menjadi tantangan bagi kita semua yang bekerja di rumah pada masa pandemi Covid-19 ini.

Imbauan Presiden Joko Widodo pada konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat, pada 15 Maret lalu untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, salah satunya menciptakan sistem bekerja dari rumah. Setelah itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah.

Editor:
Bagikan
Memuat data..