logo Kompas.id
RisetRoh Berita adalah Akurasi
Iklan

Roh Berita adalah Akurasi

Dalam era digital yang serba cepat, di mata wartawan, akurasi tetap merupakan unsur utama dalam berita. Nilai dasar jurnalistik yang mengakar kuat, menyemai produk berita yang berkualitas bagi masyarakat.

Oleh
YOHANES ADVENT KRISDAMARJATI
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/pHZMeEVABfEIrS6hcG8yRz3bREw=/1024x576/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F05%2F20190526_ENGLISH-TAJUK_C_web_1558875662.jpg
KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Mural kampanye antihoaks di bawah jembatan layang Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (11/3/2019).

Apa jadinya berita tanpa akurasi? Dari aspek hukum, berita yang tidak akurat dapat menimbulkan tuntutan hukum. Dari sisi kepercayaan publik, media yang tidak akurat akan kehilangan kredibilitas.

Kredibilitas merupakan unsur yang harus menjadi pegangan oleh wartawan. Karena itu, jurnalis dituntut untuk teliti atau accurate. Akurat berarti mendapatkan informasi yang pasti. Akurasi, ditegaskan Luwi Ishwara dalam uraiannya di buku Jurnalisme Dasar, merupakan suatu nilai yang harus selalu diterapkan tanpa syarat, baik oleh wartawan maupun editor.

Editor:
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000