logo Kompas.id
RisetKajian DataPotret Pemimpin Muda Pemenang Pilkada

Potret Pemimpin Muda Pemenang Pilkada

Terpilihnya Adriatma Dwi Putra 27 dan pasangannya Zulkarnain Kadir 38 sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Sulawesi Tenggara menandai era pemimpin muda di ibu kota provinsi di Indonesia Sebelumnya fenomena serupa terjadi pada Emil Elestianto Dardak 32 dan Muhammad Nur Arifin 26

Oleh Dwi Erianto/Litbang Kompas
· 1 menit baca

Terpilihnya Adriatma Dwi Putra (27) dan pasangannya, Zulkarnain Kadir (38), sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, menandai era pemimpin muda di ibu kota provinsi di Indonesia. Sebelumnya, fenomena serupa terjadi pada Emil Elestianto Dardak (32) dan Muhammad Nur Arifin (26) yang memenangi pemilihan kepala daerah 2015 Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Bagaimana kiprah pemimpin muda yang memenangi pilkada?

Pada pilkada serentak 15 Februari 2017 terdata 112 orang dari kalangan muda di bawah 40 tahun menjadi kandidat kepala daerah atau wakil kepala daerah. Sebanyak sembilan persen (10 orang) dari kalangan muda itu berusia di bawah 30 tahun, sementara mayoritas (102 orang) berusia dari 31 tahun hingga 40 tahun.

Mereka yang bertarung memperebutkan posisi kepala daerah atau wakil kepala daerah sebagian besar berpendidikan sarjana atau S-1. Bahkan, sepertiga di antaranya berpendidikan pascasarjana. Sebagian besar kaum muda itu mencalonkan diri sebagai wakil kepala daerah. Hanya sekitar 25 persen yang mencalonkan diri sebagai wakil kepala daerah.

Editor:
Bagikan
Memuat data..