logo Kompas.id
EkonomiBank Dunia: Indonesia Bangkit dari Resesi

Bank Dunia: Indonesia Bangkit dari Resesi

Meski masih dibayangi ketidakpastian global, ekonomi Indonesia berpotensi segera pulih dari resesi. Salah satu syaratnya adalah pengendalian pandemi Covid-19 dan vaksinasi.

Oleh hendriyo widi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HENDRIYO WIDI

Tangkapan layar Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu Kahkonen yang menjadi pembicara kunci dalam peluncuran laporan Bank Dunia tentang ”Prospek Ekonomi Indonesia: Mempercepat Pemulihan” edisi Juni 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (17/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Bank Dunia menyebutkan Indonesia bisa bangkit dari resesi pada tahun ini di tengah masih berlanjutnya krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Percepatan vaksinasi dan penanganan Covid-19, dukungan moneter dan fiskal yang kuat dan terukur, serta penciptaan lapangan kerja menjadi kunci pemulihan ekonomi Indonesia.

Dalam laporan Prospek Ekonomi Indonesia bertajuk ”Mempercepat Pemulihan” edisi Juni 2021 yang diluncurkan pada Rabu (17/6/2021), Bank Dunia memperkirakan ekonomi Indonesia pada 2021 tumbuh 4,4 persen. Pada 2022, pertumbuhan tersebut dapat menguat menjadi 5 persen dengan asumsi ketidakpastian ekonomi global mulai berkurang dan vaksinasi telah mencakup jumlah penduduk yang cukup besar pada triwulan IV-2021.

Editor: Aris Prasetyo
Bagikan
Memuat data..