Reportase langsungPSBB Transisi Jakarta

PSBB Transisi Jakarta

. Pos terakhir
Aktivitas warga di hari pertama pembukaan perkantoran dalam masa PSBB transisi Jakarta, Senin (8/6/2020).
Rangkuman
·
Kemenpan dan RB
·
IHSG Menguat
·
Kepadatan Lalu Lintas Kembali Terjadi
·
Ganjil-Genap Sepeda Motor Belum Berlaku
·
Kuningan Ramai Lancar
·
Macet Mengular di Jalan Dewi Sartika Cawang
·
Jaga Jarak di Stasiun Manggarai
·
Kios Makanan di Stasiun Sudirman
·
Halte Bus Transjakarta Harmoni Kembali Ramai
·
Suasana di Titik Integrasi Dukuh Atas
·
Kepadatan di Stasiun Bogor
·
Kerumunan Warga di Kantor Perbankan
·
Kalibata Ramai Lancar
·
Halte Transjakarta Tosari Relatif Lengang
·
Pengojek Daring Manggarai Sepi Orderan
·
Petugas Mengatur Jarak Pengguna KRL
·
Suasana Stasiun Tanah Abang
·
Aktivitas Perkantoran Sudirman-MH Thamrin
·
Jaga Jarak di KRL
·
Lalu Lintas di Jalan H Rasuna Said Ramai Lancar
·
Pembayaran Kartu Elektronik
·
Membawa helm sendiri
·
Stasiun Sepi, Kios Makanan Tutup
·
Lalu Lintas Tangerang - Jakarta
·
Penambahan petugas
·
Suasana di Jalan Sudirman-MH Thamrin

Kompas / Aguido Adri.

Laporan dari Dukuh Atas, Jakarta tadi menutup reportase langsung Senin (8/6/2020) ini. Ulasan selengkapnya mengenai transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bisa disimak di Harian Kompas dan kompas.id. Selamat beraktivitas di mana pun Anda berada, tetaplah menjalankan protokol kesehatan. Sekian, terimakasih.(NDY)

KOMPAS / AGUIDO ADRI

Pengendara ojek daring di shelter khusus ojek daring di Dukuh Atas, Jakarta, Senin (8/6/2020), menjalankan protokol kesehatan dengan menyemprotkan disinfektan ke badan, motor, dan helm. Selain itu mereka juga mendapat masker dan obat gratis agar tetap fit mencari rezeki di tengah pandemi. Tak hanya itu saja sejumlah pengendara pun meluangkan waktu untuk ikut test cepat Covid-19. Mereka sangat berharap di masa PSBB transisi penghasilan bisa meningkat seperti sediakala. (GIO)

KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengecek kesiapan pos pantau di Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Banten, Senin (8/6/2020). Selama masa perpanjangan PSBB tahap ke-4, pos pemeriksaan di Tangsel ditiadakan dan diganti pos pantau yang disebar di titik-titik keramaian.(IGA)

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Sebanyak 50 persen pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi bekerja di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (8/6/2020). Pegawai yang mendapatkan jadwal untuk bekerja di kantor wajib mematuhi protokol kesehatan seperti wajib memakai masker dan menjaga jarak fisik di ruang kerja, ruang rapat, maupun di dalam lift. Pegawai KPK juga harus rutin mencuci tangan serta tindakan protokol kesehatan lainnya untuk mencegah perluasan Covid-19.(PDS)

Kemenpan dan RB

Kepala Biro Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Andi Rahadian, Senin (8/6/2020) mengatakan, sejak Jumat, (5/6/2020), aparatur sipil negara (ASN) telah masuk kerja. Namun, ASN yang masuk kerja tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 58/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai ASN Dalam Tatanan Normal Baru.

Sejak 5 Juni 2020 jumlah kehadiran pegawai Kemenpan dan RB yang masuk kantor adalah 50 persen dengan jam kerja normal. Sebagaimana ketentuan SE MenPAN 58/2020 dan kebijakan Perpanjangan PSBB DKI Jakarta dengan masa transisi, kehadirann pegawai dilakukan dengan kombinasi 50 persen bekerja di kantor (WFO) dan 50 persen bekerja dari rumah (WFH).

"Jadi kami tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pegawai yang WFO antara lain wajib mengenakan masker, menjaga jarak meja kerja dan pegawai di kantor, tidak berjabat tangan, rutin mencuci tangan, cek suhu badan, dan tidak masuk bagi para pegawai yang sedang tidak sehat," kata Andi. (NAD)

. KOMPAS/AGUS SUSANTO

Lalu lintas kendaraan di Tol Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, terlihat ramai lancar, hari ini Senin (8/6/2020) seperti pantauan pada pukul 08.30.(AGS)

Kompas/Heru Sri Kumoro

Kepadatan arus lalu lintas terlihat di Jalan Tahi Bonar Simatupang Raya, Jakarta, Senin (8/6/2020), sekitar pukul 08.36 WIB.(KUM)

IHSG Menguat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 52,57 poin atau 1,06 persen ke level 5.000,36, pada pembukaan perdagangan di hari pertama penerapan normal baru, Senin (6/8/2020). IHSG terus tancap gas pada satu jam perdagangan di sesi pertama hingga berada di level 5.072,52 pada pukul 09.50 (DIM)

KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Di gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan, penerapan New Normal KPK sudah diberlakukan sejak Jumat, 5 Juni 2020 lalu. Pada Senin (8/6/2020) sekitar pukul 09.30 WIB, terlihat pegawai KPK kembali bekerja seperti biasa di gedung KPK. KPK menerapkan sistem kehadiran fisik menggunakan proporsi 50-50, yaitu 50 persen bekerja di kantor dan 50 persen bekerja di rumah. (PDS)

KOMPAS/AGUIDO ADRI

Sejumlah petugas Stasiun MRT dibantu aparat Kepolisian RI dan Tentara Nasional Indonesia mengawasai penumpang yang masuk ke stasiun MRT agar mematuhi jaga jarak. Tidak hanya itu saja, setiap penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas.(GIO)

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pasar Tasik di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat mulai buka kembali, seperti pantuan pada pukul 09.12, Senin (8/5/2020).(TOK)

KOMPAS/Raditya Helabumi Jayakarna.

Kepadatan tol Tangerang-Jakarta, Senin (8/6/2020).(RAD)

Kepadatan Lalu Lintas Kembali Terjadi

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Kepadatan lalu lintas kembali terjadi di sejumlah titik di Jakarta pada hari kerja pertama PSBB Transisi l pada Senin (8/6/2020) pagi. Salah satunya adalah di simpang Jalan Gatot Subroto-Tendean, Jakarta.(SPW)

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris AM Indra Waspada, saat dihubungi pada Senin (8/6/2020) mengatakan, pihaknya memberlakukan contra flow Senin pagi ini di ruas Tol Dalam Kota dari KM 0+200 hingga 1+700, dari Cawang ke arah Semanggi. Contra flow berjalan sejak pukul 06.30 dan rencananya berakhir pukul 10.00

"Dengan kegiatan penyekatan di KM 47 (Jalan Tol Cikampek arah Jakarta) ditiadakan, serta dibukanya jalur elevated di KM 48 menuju Jakarta, Satuan PJR mengatisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas pagi hari," ucap Indra. Selain itu, contra flow diberlakukan juga dengan pertimbangan adanya peningkatan volume lalu lintas di pagi hari sejak pekan lalu, baik dari arah Cikampek/Bekasi maupun dari arah tol Jagorawi menuju Jakarta.(JOG)

Ganjil-Genap Sepeda Motor Belum Berlaku

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Sepeda motor melintas di Jalan Gatot Subroto menuju arah Pancoran, Jakarta pada hari kerja pertama PSBB Transisi, Senin (8/8/2020) pagi. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro belum memberlakukan sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap selama sepekan hingga Jumat (12/6/2020). Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menginformasi hal tersebut pada akhir pekan lalu.(SPW)

Kompas/Totok Wijayanto.

Pengemudi ojek daring menunggu penumpang di pintu keluar Stasiun Palmerah Jakarta, pada pukul 08.38, Senin (8/6/2020). Ojek daring diijinkan kembali mengangkut penumpang mulai hari ini.(TOK)

Kompas/Heru Sri Kumoro

Kepadatan arus lalu lintas menuju Jakarta di Jalan Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (8/6/2020) sekitar pukul 08.00 WIB.(KUM)

Kompas/Heru Sri Kumoro

Kepadatan arus lalu lintas menuju Jakarta di Jalan Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (8/6/2020) sekitar pukul 08.00 WIB.(NUT)

Kuningan Ramai Lancar

(KOMPAS/FAJAR RAMADHAN)

Lalu lintas di Jalan Prof Dr Satrio Kuningan, Jakarta Selatan terpantau ramai lancar pada Senin (8/6/2020) pukul 09.10. Sepeda motor nampak mendominasi jalan tersebut.(FAJ)

Macet Mengular di Jalan Dewi Sartika Cawang

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Arus kendaraan dari Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020), tampak mengular sekitar 30 meter saat berlakunya masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Seluruh kendaraan ini menuju ke arah Jalan MT Haryono, Jakarta Pusat.

Kepadatan ini tampak lebih ekstrem dibandingkan pada jam-jam sebelumnya. Adapun per 8 Juni, aktivitas perkantoran mulai kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.(DIV)

Jaga Jarak di Stasiun Manggarai

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Para pengguna kereta commuter line (KRL) berdiri di belakang garis merah saat mengantri pindah peron di Stasiun Manggarai pada Senin (8/6/2020) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Posisi ini diatur untuk menjaga jarak dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19.(SHR)

KOMPAS/INSAN ALFAJRI


Pelaju yang turun di Stasiun Manggarai, Jakarta, Siti Ulfa Nazya (25) lebih memilih taksi daring ketimbang ojek daring. Meski harus membayar lebih mahal, dia merasa lebih aman naik taksi daring karena jarak fisik lebih terjaga.(FAI)

Kios Makanan di Stasiun Sudirman

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Kios makanan di Stasiun Sudirman pada Senin (8/6/2020) pagi sekitar pukul 09.00 masih tutup. Ada pun salah satu kios yang menjual roti, meski buka tapi pembeli hanya dapat membeli untuk dibawa, tidak makan di tempat. (SHR)

Halte Bus Transjakarta Harmoni Kembali Ramai

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Halte Harmoni Central Busway, Jakarta Pusat, masih diramaikan penumpang pada pukul 09.00 WIB. Senin (8/6/2020), halte tersebut dilalui bus dengan beberapa rute yang kembali dioperasionalkan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Ini menyusul awal pekan kedua pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.(ERK)

Suasana di Titik Integrasi Dukuh Atas

KOMPAS / AGUIDO ADRI

Suasana di sekitar titik integrasi Stasiun MRT Dukuh Atas, Stasiun Surdirman,  Halte Transjakarta Dukuh Atas, terpantau cukup ramai oleh  penumpang, Senin (8/6/2020). Tidak terjadi kepadatan atau desakan antarpenumpang saat keluar Stasiun Sudirman menuju Stasiun MRT Dukuh Atas dan Halte Transjakarta Dukuh Atas.(GIO)

Kepadatan di Stasiun Bogor

KOMPAS/PRADIPTA PANDU

Hingga pukul 09.00, kepadatan masih terjadi di Stasiun Bogor. Butuh waktu sekitar 15 hingga 20 menit bagi pengguna KRL hingga menuju peron. Petugas keamanan di Stasiun Bogor juga kerap memberikan imbauan kepada para pengguna KRL untuk menjaga jarak aman.(MTK)

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Tol Tangerang -Jakarta tampak padat

Kerumunan Warga di Kantor Perbankan

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Kerumunan warga tak terelakkan saat mengantre di kantor perbankan kawasan Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur, Senin (8/6/2020). Sebagian warga di sana antre untuk mencetak daftar transaksi kartu jakarta pintar (KJP) di Bank DKI. Kerumunan semacam ini tampak luput dari pengawasan petugas.

Di satu sisi, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) per 8 Juni mulai mengalami fase transisi. Sejumlah aktivitas perkantoran diizinkan kembali beroperasi, menyusul sejumlah sektor lain pada pekan mendatang. (DIV)

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Pengemudi ojek daring menunggu penumpang di pintu keluar Stasiun Palmerah Jakarta, pada pukul 08.38, Senin (8/6/2020). Ojek daring diijinkan kembali mengangkut penumpang mulai hari ini.

Kalibata Ramai Lancar

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Lalu lintas di simpang Kalibata-Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Senin (8/6/2020) pagi tampak ramai lancar. Meski terjadi antrean namun masih cenderung lebih ringan dibandingkan kepadatan yang terjadi di hari biasa sebelum pandemi.

Kondisi serupa pun terlihat di Jalan Raya Kalibata. Antrean kendaraan di pertigaan tersebut hanya terjadi sekitar 50 meter. Lalu lintas di depan kompleks apartemen Kalibata dan Taman Makam Pahlawan pun lancar. (SPW)

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Meski harus mengantri, para pengguna kereta commuter line (KRL) di Stasiun Bogor pada Senin (8/6/2020) sekitar pukul 06.00 WIB memaklumi keadaan ini. Menurut mereka, antrian jauh lebih tertib dan kereta datang lebih cepat dibandingkan dengan membludaknya antrian pada masa awal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Keadaan ini tak lepas dari upaya PT Kereta Commuter Indonesia yang kembali menambah jam operasional di masa PSBB transisi dari pukul 04.00 hingga 21.00 WIB. Jumlah kereta pun ditambah dari sebelumnya 784 perjalanan menjadi 935 perjalanan setiap harinya. (SHR)

Halte Transjakarta Tosari Relatif Lengang

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020), nampak cukup lengang di hari pertama pembukaan kegiatan perkantoran di pekan kedua masa pembatasan sosial berskala berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

Beberapa penumpang Bus Transjakarta sekaligus pekerja di kawasan Tosari dan Jalan Jenderal Sudirman mengatakan, hal ini terjadi karena beberapa perkantoran memberlakukan sistem sif, untuk mengikuti aturan keterisian kantor 50 persen. (ERK)

Pengojek Daring Manggarai Sepi Orderan

KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Di hari pertama relaksasi ojek daring, Senin (8/6/2020), pengojek daring di depan Stasiun Manggarai, Jakarta, masih sepi orderan. Heri (23), misalnya, sudah keluar dari rumah pukul 05.30. Hingga pukul 08.00, dia masih belum dapat order.

Hal senada juga disampaikan oleh Joko (28). Biasanya, dia sudah mendapat lima orderan hingga pukul 08.00. Namun sekarang, ia baru mendapat satu orderan. Kendati demikian, mereka tetap bertahan di jalanan.

"Dibolehin narik penumpang saja kami sudah bersyukur," lanjutnya. (FAI)

Petugas Mengatur Jarak Pengguna KRL

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Petugas Kereta Commuter Line (KRL) dibantu petugas dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengatur jarak aman para pengguna kereta di Stasiun Tanah Abang, Senin (8/6/2020) sekitar pukul 08.30. Para petugas mengatur agar pengguna yang menaiki tangga tetap menjaga jarak. (SHR)

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHAN DANY

Petugas melancarkan arus lalu lintas di Kawasan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Kepadatan lalu lintas terjadi pada hari pertama dibukanya aktivitas perkantoran setelah sekitar dua bulan bekerja dari rumah akibat pandemi Covid-19. (DAN)

Suasana Stasiun Tanah Abang

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Antrian pengguna kereta commuter line yang hendak keluar atau berganti peron di Stasiun Tanah Abang pada Senin (8/6/2020) sekitar pukul 08.30 WIB. Kerumunan sempat terjadi saat pengguna menaiki eskalator, namun tidak dalam waktu lama. (SHR)

Aktivitas Perkantoran Sudirman-MH Thamrin

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Perugas keamanan gedung memeriksa pekerja sebelum masuk ke area kantor di Kawasan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Protokol kesehatan berlangsung secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19. (DAN)

Jaga Jarak di KRL

KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA

Penumpang menjaga jarak di dalam kereta rel listrik dari Stasiun Parung Panjang menuju Tanah Abang, Senin (8/6/2020). Sejak masa PSBB transisi yang dimulai hari ini, kapasitas kereta dibatasi maksimal 35 persen. Adapun jam operasional kereta ditambah menjadi pukul 04.00-21.00. (IGA)

KOMPAS/HARYO DAMARDONO

Kepadatan lalu lintas di arteri Pondok Indah dari arah Lebak Bulus, Senin (8/6/2020). (RYO)

Lalu Lintas di Jalan H Rasuna Said Ramai Lancar

KOMPAS/FAJAR RAMADHAN

Arus lalu lintas di Jalan H Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan terpantau ramai lancar pada Senin (8/6/2020) pukul 08.20. Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang terlihat berboncengan. Selain itu, beberapa penumpang di dalam mobil juga duduk di kursi depan.

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Anjuran menjaga jarak fisik pada sebagian moda angkutan umum masih terabaikan di tengah masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jakarta, Senin (8/6/2020). Sebagian angkutan kota Kopamilet Jaya M16 trayek Pasar Minggu-Kampung Melayu, serta M06 trayek Gandaria-Kampung Melayu, tampak masih membawa penumpang dengan jarak kurang dari satu meter. (DIV)

Pembayaran Kartu Elektronik

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Sejumlah bus pengumpan Transjakarta dipasangi alat pembaca kartu uang elektronik untuk mengurangi kontak langsung antara penumpang dan petugas. Hal ini terlihat di bus rute Stasiun Palmerah - Tosari. Menurut salah seorang petugas, alat tersebut sudah terpasang selama sebulan, saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih diterapkan di Jakarta.

Membawa helm sendiri

KOMPAS/LARASWATI ARIADNE ANWAR

Seorang penumpang MRT membawa helm dilengkapi pelindung wajah pada hari Senin (8/6/2020). Ketentuan menaiki ojek daring sekarang ialah penumpang diwajibkan membawa sendiri alat pelindung pribadi seperti helm dan masker. (DNE)

KOMPAS/HARYO DAMARDONO

Meski tetap ramai lancar, volume kendaraan di tol Lingkar Luar Jakarta ruas Pasar Minggu- Pondok Indah, Senin (8/6/2020) terpantau meningkat. Minggu lalu, karena sepi, kecepatan kendaraan di ruas tol ini dapat dengan mudah mencapai kecepatan maksimum yang diperbolehkan. (RYO)

KOMPAS/AGUIDO ADRI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, dan Kepala Dinas Satpol PP Arifin memantau situasi di titik integrasi MRT-KRL-Transjakarta-Kereta Bandara di Terowongan Kendal, Dukuh Atas, Senin (8/6/2020).

Stasiun Sepi, Kios Makanan Tutup

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Kios makanan di Stasiun Pasar Minggu terlihat masih tutup di hari pertama PSBB Transisi di DKI Jakarta, Senin (8/6/2020). Jumlah penumpang yang turun di stasiun tersebut pun lebih sedikit dibandingkan biasanya, berdasarkan pengamatan pengojek setempat, Rahman (42).

"Selain banyak yang masih kerja dari rumah, mungkin juga karena banyak yang di-PHK," kata Rahman. (SPW)

Lalu Lintas Tangerang - Jakarta

KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI

Kondisi lalu lintas di Jalan Daan Mogot kilometer 21 yang mengarah ke Jakarta ramai pada Senin (8/6/2020) pukul 08.15. (SKA)

Penambahan petugas

KOMPAS/LARASWATI ARIADNE ANWAR

Jumlah petugas di Stasiun Lebak Bulus ditambah pada Senin (8/6/2020). Selain petugas keamanan dan staf stasIun, juga ada aparat kepolisian dan TNI. Mereka berjaga-jaga jika jumlah penumpang banyak dan memastikan agar jaga jarak fisik tetap sesuai standar keamanan. (DNE)

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Kepadatan arus lalu lintas menuju Jakarta di Jalan Juanda, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Senin (8/6/2020) sekitar pukul 08.00 WIB.

Suasana di Jalan Sudirman-MH Thamrin

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Pekerja menuju perkantoran di Kawasan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Hari ini aktivitas perkantoran kembali dibuka setelah bekerja dari rumah selama kurang lebih dua bulan akibat pandemi Covid-19. (DAN)

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000