Reportase langsungPresiden Jokowi Kemah di IKN

Presiden Jokowi Kemah di IKN

. Pos terakhir
Presiden Jokowi menggelar kemah bersama pemimpin daerah dan tokoh lainnya di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur. Acara ini diharapkan membantu kesuksesan IKN. Ikuti laporan langsungnya di Kompas.id.
Rangkuman
·
Pasca Presiden Pulang, Penjagaan di Sepaku Kembali Longgar
·
Presiden Bangun Subuh, Shalat, Sarapan bersama dan Langsung menuju Balikpapan dan Terbang ke Jakarta
·
Kolaborasi untuk Wujudkan IKN Nusantara
·
Perbincangan Ringan dan Candaan Presiden ke Menteri Basuki saat Bermalam di IKN
·
Gentong Berisikan Tanah dan Air dari 34 Provinsi Dikubur dalam Lubang di IKN Nusantara
·
Batang Pohon Dijadikan Penanda Titik Nol Sementara
·
Pengembangan SDM di Kalimantan Jadi Harapan Tokoh Adat
·
Bermalam di Tenda Dekat Tenda Presiden, Bambang Soesatyo Harapkan Cuaca Cerah
·
Ketua MPR: Pembangunan IKN Harus Terus Berlanjut
·
Gubernur Dominggus Mandacan: Kumpul Gubernur di titik nol IKN dan rasa persatuan
·
Rebutan Kaos Jokowi
·
Presiden Menuju Tempat Persemaian
·
Gubernur Ridwan Kamil: IKN dan keharusan mendapat restu lahir batin dari seluruh republik
·
Gubernur Isran Noor: IKN Nusantara Terobosan Cita-cita Pemimpin Bangsa
·
Gubernur Viktor Laiskodat: Mimpi Miliki Ibu Kota Baru untuk Pemerataan Terlaksana
·
Gubernur Anies soal pemindahan ibu kota dan kesempatan mempercepat Jakarta jadi kota global dunia
·
Gubernur Anies: Kota yang dibangun untuk IKN Diharapkan Mengedepankan Manfaat Bagi Rakyat Kebanyakan
·
Tiba di Lokasi Titik Nol, Presiden Bersama Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo Merasakan Suasana Tenda
·
KSP : Pengadaan Tanah untuk IKN Dilakukan Sistematis dan Sinergis
·
Minat Investor Tergantung Kepastian dan Kelayakan Proyek IKN
·
Presiden Jokowi: Penyatuan tanah air bentuk kebinekaan dan persatuan
·
Harapan Warga
·
Suara Warga Sekitar IKN Nusantara
·
Presiden Melambaikan Tangan Setibanya di Titik Nol IKN
·
Sambut Presiden di IKN
·
Keberagaman di Titik Nol IKN
·
Menyambut Presiden
·
Menunggu Presiden
·
Ganjar Pranowo bawa Tanah dan Air dari Jateng ke IKN
·
Mobil Presiden di Titik Nol IKN
·
Gubernur Jatim Datang di Titik Nol IKN
·
Presiden Datang di Titik Nol IKN
Pasca Presiden Pulang, Penjagaan di Sepaku Kembali Longgar

KOMPAS/SUCIPTO

Kegiatan di Pasar Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur kembali normal setelah Presiden Joko Widodo kembali ke Jakarta sekitar pukul 07.30 Wita, Selasa (15/3/2022). Sebelumnya, di setiap pusat keramaian terdapat polisi dan TNI yang berjaga saat kegiatan kemah Presiden di Titik Nol IKN.

Adapun kawasan Titik Nol IKN, tempat kemah Presiden, masih steril dan belum boleh dikunjungi publik.

Menurut rencana, sebelum Presiden bertolak ke Jakarta, orang berplat mobil RI  1 itu diagendakan meninjau vaksinasi di SDN 04 Sepaku. Namun, kegiatan itu urung dilaksanakan karena ada perubahan jadwal dari protokoler kepresidenan.

Presiden Bangun Subuh, Shalat, Sarapan bersama dan Langsung menuju Balikpapan dan Terbang ke Jakarta

Presiden Jokowi pada Selasa (15/3/2022) bangun jam 04,00 wib, shalat dan keluar tenda untuk menikmati udara pagi di bakal lokasi ibukota negara Nusantara Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang sejuk karena semalam tidak hujan sama sekali.

Penampilan Prediden saat keluar sudah lengkap dengan baju putih lengan panjang, celana panjang hitam dan sepatu kets. Berikut, tak lupa dengan maskernya. Setelah Presiden Jokowi, bangun juga Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Seusai sarapan pagi bersama, Presiden Jokowi dan rombongan pada pukul 07.30 WITA meninggalkan IKN dan menuju bandara Balikpapan untuk terbang menuju Jakarta. Saat ini, Presiden Jokowi sudah take off. (HAR)      

Foto: Agus Suparto untuk harian Kompas

 

 

Kolaborasi untuk Wujudkan IKN Nusantara

Rangkaian kegiatan Presiden Joko Widodo di titik nol kilometer Ibu Kota Negara Nusantara tak hanya menyimbolkan keberagaman Indonesia, tetapi menyiratkan pula pentingnya kolaborasi untuk mencapai satu tujuan. Arti penting kolaborasi ditekankan Presiden Jokowi agar proyek pembangunan ibu kota negara itu sukses. Kolaborasi tidak sebatas di tataran elite, tetapi terutama menyerap suara publik.

Presiden Jokowi berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (Agus Suparto untuk Kompas)

Penyatuan tanah dan air dari semua provinsi mengawali kegiatan Presiden di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/3/2022). Tanah dan dan air yang diambil dari tempat bersejarah di setiap provinsi diserahkan oleh gubernur atau yang mewakilinya kepada Presiden, diawali Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diakhiri Gubernur Kaltim Isran Noor. Presiden lalu menuang tanah dan air itu ke dalam kendi tembaga yang disebut Kendi Nusantara.

Presiden Jokowi berada di sekitar lokasi kegiatan berkemah di titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/2022) pagi. (Agus Suparto untuk Kompas

Perbincangan Ringan dan Candaan Presiden ke Menteri Basuki saat Bermalam di IKN

(Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev) Presiden Jokowi bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo dan beberapa menteri saat bermalam di IKN.

Perbincangan ringan sempat mewarnai suasana bermalam Presiden Joko Widodo, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah menteri yang menginap di Ibu Kota Nusantara, Senin (14/3/2022). Lewat foto, rilis BPMI Sekretariat Presiden, dan tayangan akun Youtube Sekretariat Presiden, tampak Kepala Negara dengan jaket merah bermotif G-20 serta sarung warna dominan hijau putih berbincang di sekitar tenda.

Awalnya Presiden Jokowi menghampiri tenda Ketua MPR Bambang Soesatyo yang berada tak jauh dari tenda Kepala Negara untuk berbincang ringan. "Alhamdulillah udaranya sejuk kalau malam Bapak Presiden. Cuaca juga cerah jadi terlihat bulan purnama dan bintangnya," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Presiden Jokowi bersama Ketua MPR Bambang Soesatyo saat bermalam di IKN.

Perbincangan Presiden dengan Ketua MPR ini pun memantik perhatian para menteri yang ikut menginap di IKN. Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun kemudian turut bergabung.

Suasana cair tergambar ketika Presiden Jokowi mengomentari kekhasan Menteri PUPR Basuki yang malam ini masih mengenakan pakaian kerja. Tampilan khas Menteri Basuki ini membedakannya dengan para menteri lainnya yang terlihat mengenakan pakaian santai. “Pak Basuki malam-malam masih bekerja,” ujar Presiden Jokowi yang disambut tawa ringan.

(Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev) Presiden Jokowi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah menteri saat menginap di IKN.

Selepas berbincang selama sekitar satu jam, Presiden Jokowi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan para menteri pun kembali ke tenda masing-masing.(*/CAS)

(Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev) Presiden Jokowi di depan tendanya saat bermalam di IKN.

Gentong Berisikan Tanah dan Air dari 34 Provinsi Dikubur dalam Lubang di IKN Nusantara

Gentong perunggu yang sebelumnya pada Senin (14/3/2022) pagi siang, diisikan tanah dan air oleh Presiden Jokowi bersama para Gubernur/Kepala Daerah dari 34 Provinsi di Indonesia, pada Senin malam sekitar pukul 19.00 WITA, akhirnya dikubur oleh para petugas dalam sebuah lubang yang  tak jauh dari Titik Nol Ibukota Negara Nusantara di Penajam Paser Utama, Kalimantan Timur.

Tanah dan air tersebut sebelumnya dibawa oleh masing-masing gubernur dari daerahnya masing-masing dalam sebuah kendil. Penyatuan tanah dan air dari masing-masing provinsi tersebut dilakukan sebelumnya dan merupakan simbol dari dukungan dan penyatuan wilayah pulau dan perairan di Indonesia dalam ibukota negara yang baru, yaitu Nusantara. (HAR)  

 Foto: Agus Suparto untuk Harian Kompas

Batang Pohon Dijadikan Penanda Titik Nol Sementara

Setelah Presiden Jokowi menginstruksikan Tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menentukan Titik Nol di area bakal calon ibukota negara Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, maka pada tanggal 20 Februari 2020 berdirilah tegak batang pohon kayu sebagai penanda Titik Nol tersebut seperti ada dalam  foto. Tim penentu Titik Nol IKN Nusantara dipimpin oleh Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Ir Diana Kusumastuti.

"Tim kemudian mencari batang potong apa saja untuk penandanya, dan kemudian didirikan sementara di atas bekas tebangan pohon di tengah lahan. Yang penting ada penandanya dahulu," ungkap Agus Suparto, fotograper pribadi Jokowi, yang diikutsertakan dalam tim dan mengabadikan pendirian Titik Nol IKN Nusantara tersebut. 

Sementara menurut Diana, yang dimaksud Titik Nol IKN Nusantara sebenarnya bukan seperti Titik Nol di Sabang, Aceh, yang menunjukkan Titik Nol kilometer wilayah Indonesia di sebelah Barat. "Namun, acuan untuk rencana persiapan pembangunan gedung-gedung di IKN Nusantara. Jadi, titik nolnya di situ jika ingin dibangun gedung atau Istana Presiden, titik nolnya ya di situ. Karena kontur area IKN Nusantara ada yang tinggi dan yang rendah, maka acuan Titik Nol IKN harus mengacu ke sana," jelas Diana, yang penjelasannya didengar juga oleh Kompas, Senin malam ini.

Saat ini, Titik Nol IKN Nusantara yang sekarang berdiri tegak dan sudah permanen,  dan dibangun dengan bahan coran pasir, batu dan semen serta dicat  warna biru. "Bukan lagi dari kayu seperti waktu didirikan sementara," ujar sang fotograper itu lagi. (HAR)

 

Foto: Agus Suparto untuk Harian Kompas

Inilah foto saat Titik Nol sementara didirikan

 

Foto saat Titik Nol IKN Nusantara sudah dibangun secara permanen:

Pengembangan SDM di Kalimantan Jadi Harapan Tokoh Adat

(Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr) Presiden Joko Widodo bertemu para tokoh adat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Para tokoh adat mengharapkan pembangunan IKN Nusantara tidak sebatas mengenai infrastruktur melainkan juga pengembangan sumber daya manusia (SDM). "Dalam proses pemindahan IKN kami berharap tidak hanya pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang dilakukan, tapi kami berharap agar diutamakan terlebih dahulu yaitu pembangunan SDM," ujar Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Penajam Paser Utara Helena saat bertemu Presiden Joko Widodo di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin, (14/3/2022).

Dikutip dari rilis BPMI Sekretariat Presiden, Helena menuturkan bahwa pemindahan IKN menjadi momentum penting untuk membangun SDM di Kalimantan. Oleh karena itu, Helena berharap pemerintah dapat membangun baik institusi pendidikan maupun balai pelatihan di sana.

Salah satu tokoh adat Banjar, Ashari, menyampaikan harapan senada. Dia berharap pendidikan masyarakat lokal makin baik. Pembangunan institusi pendidikan diyakinina akan meningkatkan kemajuan pendidikan anak bangsa, terutama masyarakat lokal. "Jadi kami membayangkan ke depan nanti kami orang suku-suku lokal yang ada di sini, baik itu Banjar, Paser, Dayak akan menjadi sejajar dengan para generasi-generasi muda yang khususnya di Pulau Jawa," kata Ashari.(*/CAS)

Bermalam di Tenda Dekat Tenda Presiden, Bambang Soesatyo Harapkan Cuaca Cerah

Ketua MPR Bambang Soesatyo yang sejak Senin (14/3/2022) pagi hadir di lokasi bakal calon ibukota negara Nusantara di Titik Nol, Penajam Paser, Kalimantan Timur, bersama sejumlah menteri dan  Kepala Daerah se-34 Provinsi, hingga malam ini masih berada di areal perkemahan Presiden Joko Widodo. "Saya memang bermalam di sini bersama Presiden, sejumlah menteri dan Gubernur Kaltim dan Kepala IKN serta Wakil Kepala IKN Nusantara, dan ingin merasakan benar-benar suasana malam di tempat yang akan menjadi ibukota negara kita yang baru," ujarnya kepada Kompas, petang tadi.

Harapannya. selain tidak hujan, juga tidak dingin, serta cuaca cerah. Bambang juga  benar-benar ingin dapat merasakan seperti waktu zaman muda dahulu saat sulit dahulu. "Apapan, namanya tidur di tenda, pasti susah ya," ujar terkekeh. "Salah satu acara yang rencananya, disiapkan Sekretariat Presiden di antaranya akan ada bakar kambing guling," tambah Bambang, yang tendanya berada dekat dengan tenda Presiden dan Ibu negara Ny iriana Joko Widodo, selain sedert dengan tenda Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan pejabat lainnya.  (HAR)   

Foto: Dokumentasi Pribadi Bambang Soesatyo untuk Kompas

Ketua MPR: Pembangunan IKN Harus Terus Berlanjut

Ketua Majelis Permusyawaratan RI Bambang Soesatyo menegaskan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur harus terus berlanjut siapapun pemimpin negara yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo. Hal ini karena pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara telah diatur dalam Undang-Undang No 3/2022 tentang Ibu Kota Negara.

"Siapapun presiden pengganti Presiden Joko Widodo nanti, harus terus melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. Pembangunan IKN tidak boleh mangkrak di tengah jalan, karena perubahan kebijakan pemimpin negara yang baru. Terlebih, dasar hukum pembangunan IKN Nusantara telah diatur dalam Undang-Undang No 3/2022 tentang Ibu Kota Negara," ujar Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis seusai menghadiri acara penyatuan tanah dan air di IKN oleh Presiden Joko Widodo, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Bambang menuturkan, Undang-Undang No 3/2022 tentang Ibu Kota Negara telah mengatur semua tahapan proses pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Nusantara. Mulai dari pengalihan hak atas tanah, penataan tata ruang, penanggulangan bencana, pertahanan dan keamanan, otorita IKN, hingga pengelolaan anggaran.(*/CAS)

Tangkapan layar dari kanal Youtube Sekretariat Presiden suasana prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara di IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Gubernur Dominggus Mandacan: Kumpul Gubernur di titik nol IKN dan rasa persatuan

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menuturkan bahwa kehadiran 34 gubernur yang membawa tanah dan air dari seluruh Indonesia untuk disatukan ke titik nol IKN Nusantara memberi kesan tersendiri. “Berarti kita menunjukkan bahwa kita tanah air satu, yaitu Tanah Air Indonesia. Satu bangsa, yaitu Bangsa Indonesia. Dan, satu bahasa, yaitu Bahasa Indonesia,” kata Mandacan di titik nol IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Menurut Mandacan, sebagai gubernur yang sekaligus mewakili pemerintah dan masyarakat Papua Barat, pihaknya mendukung pembangunan IKN di Kaltim. “Terutama kami mendukung dengan doa sehingga semua (urusan), pihak, yang terlibat dalam proses pembangunan ini bisa selesai, bisa tepat, dan bisa diresmikan dan bisa digunakan sehingga itu juga mempermudah kami dari timur, gitu. Tidak harus terbang 5 jam atau 4 jam ke Jakarta, tapi kita bisa terbang 2 jam atau 2,5 jam sudah bisa ke IKN ini,” katanya.

Ke depan, begitu IKN cepat selesai, Mandacan berharap seluruh urusan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kepada masyarakat, hubungan dengan kepala negara, kepala pemerintahan, atau menteri terkait tidak terlalu jauh. Dengan demikian, dari sisi biaya perjalanan pun akan lebih murah.(CAS)

Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden. Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan saat di titik nol IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Rebutan Kaos Jokowi

Warga Desa Bukit Raya, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, mendapatkan kaos dari Presiden Jokowi di sela-sela kegiatan berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara, Senin (14/03/2022). Jokowi rencananya berkemah di lokasi IKN Nusantara bersama sejumlah pejabat daerah dan menteri. (KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO).

Presiden Menuju Tempat Persemaian

Presiden Joko Widodo menuju tempat persemaian beragam benih di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin (14/3/2022). Di tempat persemaian itu, Jokowi ditemani sejumlah menteri termasuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Terlihat beberapa warga berebut kaos yang dilemparkan Pak Jokowi dari dalam mobil dinasnya. (KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO).

Gubernur Ridwan Kamil: IKN dan keharusan mendapat restu lahir batin dari seluruh republik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa pemindahan ibu kota negara ke Nusantara merupakan peristiwa bersejarah, yakni ketika dalam sejarah Republik Indonesia ada pemindahan ibu kota negara dari nol atau bukan dari kota yang sudah ada sebelumnya. “Ini dari nol hasil kajiannya, tentulah harus mendapatkan blessing atau restu lahir batin dari seluruh republik, NKRI. Makanya kan diwakili oleh 34 gubernur membawa air dan tanah ke titik nol ini,” katanya di titik nol kilometer IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Ridwan menuturkan air suci dan tanah istimewa yang dibawanya datang dari 27 daerah, yakni 27 kota dan kabupaten, yang ada di Provinsi Jawa Barat. Air tersebut disatukan terlebih dahulu di Gedung Sate sebelum kemudian dibawa ke titik nol IKN Nusantara untuk disatukan dengan air dan tanah dari seluruh provinsi di Indonesia. “Jadi, saya kira, simbolis ini penting, bahwa semua mendukung,” katanya.

Pembangunan sebuah kota diawali sebuah visi yang untuk membereskannya membutuhkan waktu. “Visi itu ada yang beres dalam 10 tahun. Kalau di bawah 10 tahun memang rada tidak realistis ya. Ada yang 100 tahun. Jadi, butuh waktu. Jadi, masyarakat jangan terlalu expect (berharap) gitu ya, dalam hitungan 3-5 tahun tiba-tiba sudah beres. Saya kira sejarah kota-kota dunia juga tidak begitu,” katanya.

Menurut Ridwan Kamil hal ini merupakan kesempatan. Untuk jadi kota terbaik dunia harus memiliki sistem yang, antara lain, cerdas, hijau, zero carbon. Selain itu juga dari sisi desain. “Biasanya yang terdesain itu kota-kota bikinan swasta, kalau kota bikinan negara belum pernah ada. Jadi, ini kesempatan,” katanya.

Tantangan terbesar membangun kota adalah menyangkut orang yang tinggal. Hal ini mesti dipikirkan karena kota akan sepi kalau hanya mengandalkan populasi pegawai negeri sipil (PNS). “Tapi kalau berhasil menjadi kota, ada fasilitas yang non-PNS juga mau tinggal di sini, Insya Allah, itu akan berhasil,” ujar Ridwan Kamil.(CAS)

Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat di titik nol kilometer IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Gubernur Isran Noor: IKN Nusantara Terobosan Cita-cita Pemimpin Bangsa

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menuturkan pihaknya sangat terharu, bangga, dan selanjutnya berterima kasih karena sebuah acara kenegaraan, di mana seluruh gubernur di Indonesia berkumpul dan menyatukan tanah dari seluruh wilayah Indonesia, digelar di titik nol IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Sebuah acara yang dinilainya bersejarah, tidak ada duanya di dunia, dan baru kali ini terjadi di Indonesia.

“Presiden Jokowi sangat memiliki sebuah terobosan yang luar biasa, di mana beliau mewujudkan cita-cita tiga pemimpin bangsa ini,” kata Isran Noor di titik nol kilometer IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Bagi masyarakat Kaltim, Isran menuturkan, merupakan kebanggaan ketika IKN Nusantara berada di Kaltim. Hal ini pun dinilai akan berdampak luas dari sisi pemerataan dan keadilan pembangunan di seluruh Nusantara. “Karena kalau kita tarik garis silang begini (memeragakan bentang diagonal wilayah NKRI) maka ibu kota ini berada di titik silang. Jadi, dampak semuanya apakah itu ekonomi, pembangunan, dan segala kesejahteraan masyarakat akan mengikutinya secara otomatis,” kata Isran Noor.(CAS)

Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden. Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor di titik nol kilometer IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Gubernur Viktor Laiskodat: Mimpi Miliki Ibu Kota Baru untuk Pemerataan Terlaksana

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan bahwa mimpi besar bangsa dan negara Indonesia untuk mempunyai ibu kota baru di luar Jakarta bukan dimulai hari ini. Mimpi besar tersebut sudah dimulai pendiri bangsa, Presiden pertama RI Ir Soekarno, yang dari awal ingin memindahkan ibu kota negara ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, namun hal itu tidak terlaksana.

“Dan hari ini kita bersyukur, di bawah pemerintahan Bapak Presiden Joko Widodo, (pemindahan ibu kota) ini dapat terlaksana. Dan kita lihat bahwa hadirnya seluruh gubernur yang membawa tanah dan air sebagai wujud persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia untuk mempunyai semangat berpindahnya ibu kota negara menuju Kalimantan dapat dilaksanakan dengan baik karena berbagai dukungan. Baik dukungan politik, sosial, budaya, semua terdukung dengan baik,” kata Viktor di titik nol IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Oleh karena itu, menurut Viktor, penyatuan tanah dan air Nusantara di IKN Nusantara hari ini menjadi sejarah baru bagi bangsa Indonesia untuk mampu mempunyai keberanian dalam melangkah tanpa ragu memiliki ibu kota negara yang baru. “Bagi Nusa Tenggara Timur ini sesuatu yang sangat baik karena kami lihat pemerataan ekonomi itu dapat dilakukan. Sehingga, ibu kota baru yang akan ada ini memberikan pertumbuhan baru bagi kawasan, baik Kalimantan, Sulawasi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, bahkan Papua,” katanya.

Untuk datang ke IKN Nusantara, Viktor menuturkan, pihaknya hanya butuh waktu 1 jam 45 menit. Kondisi seperti ini dinilai berdampak baik. “Dan, pesan yang paling sungguh adalah bahwa Bapak Presiden Joko Widodo melaksanakan amanat yang telah disampaikan oleh leluhur sebelumnya, yang dapat dilakukan untuk kepentingan kesejahteraan bangsa Indonesia dalam pemerataan ekonomi,” ujarnya.(CAS)

Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden. Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat di titik nol kilometer IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan TImur, Senin (14/3/2022).

Gubernur Anies soal pemindahan ibu kota dan kesempatan mempercepat Jakarta jadi kota global dunia

Saat ditanya terkait rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan bahwa hal ini harus dipandang sebagai peluang untuk makin mempercepat pembangunan di Jakarta sebagai salah satu kota global dunia yang setara dengan kota-kota global lainnya. Jakarta adalah megapolitan terbesar di belahan selatan bumi.

Hal ini harus dijadikan sebagai kesempatan mempercepat unsur-unsur utama kota global. Unsur utama kota global adalah mobilitas penduduk berbasiskan kendaraan umum dan ramah lingkungan. Selanjutnya, fasilitas kesehatan dan pendidikan berstandar internasional. Berikutnya adalah memiliki daya tarik bagi talenta global sehingga produktivitas yang terjadi di kota ini bisa dirasakan manfaatnya baik Indonesia maupun di tataran global.

“Kami di Jakarta menyambut ini sebagai sebuah kesempatan untuk kita mempercepat Jakarta menjadi salah satu kota global dunia. Dan kota global itu bukan saja aspek ekonomi, tetapi juga aspek budaya, sosial, pendidikan yang itu semua harus dikembangkan,” kata Anies Baswedan di titik nol IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).(CAS)

Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di titik nol IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Gubernur Anies: Kota yang dibangun untuk IKN Diharapkan Mengedepankan Manfaat Bagi Rakyat Kebanyakan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan bahwa air dan tanah yang secara khusus diambil ibu-ibu dari Kampung Akuarium di Jakarta Utara dan kemudian disatukan di IKN Nusantara membawa harapan kota yang akan dibangun dan nantinya  akan menjadi ibu kota ini dapat mengedepankan dan memprioritaskan manfaat bagi rakyat kebanyakan. Hal ini sebagaimana masyarakat di Kampung Akuarium yang dahulunya tersingkirkan dan termarjinalkan, kemudian sekarang mereka digarisdepankan dan mendapatkan fasilitas.

Hal ini memberi pesan bahwa Republik Indonesia dihadirkan untuk melindungi setiap tumpah darah dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Harapan itulah yang dititipkan oleh tanah ini semoga di kota yang dibangun ini, yang kemudian menjadi ibu kota, akan bisa menghadirkan pesan utama dan pertama atas pendirian republik ini, yaitu menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Anies Baswedan, di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).(CAS)

Tangkapan layar dari akun Youtube Sekretariat Presiden saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di titik nol kilometer IKN Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Tiba di Lokasi Titik Nol, Presiden Bersama Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo Merasakan Suasana Tenda

Presiden Joko Widodo yang tiba Senin (14/3/20220) pada pukul 10.22 waktu Indonesia Bagian tengah di lokasi Titik Nol Ibukota Negara Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser, Kalimatantan Timur, langsung menuju lokasi tendanya yang berjarak sekitar 2 kilometer dari titik penyatuan Tanah dan Air di Titik Nol bakal calon lokasi IKN. Ditemani Ibu Negara Ny Iriana Joko Widodo, Presiden melepas sepatunya sebelum masuk ke dalam tenda. (HAR)

Foto; Agus Suparto untuk Kompas 

 

KSP : Pengadaan Tanah untuk IKN Dilakukan Sistematis dan Sinergis

Kantor Staf Presiden mendorong Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) segera mengidentifikasi dan memverifikasi status tanah di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini penting dilakukan agar proses pembangunan IKN tidak menyisakan masalah pertanahan yang belum terselesaikan, baik dengan instansi pemerintah, swasta, atau perorangan.

Secara paralel, Kantor Staf Presiden juga mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan segera menginventarisasi dan memverifikasi tanah-tanah yang berada di dalam kawasan hutan di wilayah IKN. Sehingga, tanah tersebut bisa dilepaskan untuk mendukung pengadaan tanah bagi keperluan pembangunan IKN.

"Pemerintah pastikan proses pengadaan tanah untuk IKN benar-benar dilakukan secara sistematis dan sinergis antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten. Termasuk hak-hak masyarakat adat yang tanahnya terkena dampak pembangunan IKN juga harus dilindungi dan diakomodasi," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Usep Setiawan melalui siaran pers, Senin (14/3/2022).

Menurut Usep pengadaan tanah yang berlangsung tertib dan adil akan mendorong pembangungan IKN berjalan lancar. Selain itu, pengadaan tanah yang baik dalam pembangunan IKN juga akan menghasilkan kehormatan dan kewibawaan bagi ibu kota baru.(*/CAS)

Tangkapan layar dari akun Youtube Sekretariat Presiden suasana sekitar lokasi penyatuan tanah dan air Nusantara di titik nol kilometer Ibu Kota Negara Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Minat Investor Tergantung Kepastian dan Kelayakan Proyek IKN

Wakil Ketua Umum Bidang Agraria, Tata Ruang, dan Kawasan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Sanny Iskandar, Senin (14/3/2022) berpendapat bahwa kolaborasi, termasuk dengan pihak swasta memang diharapkan pemerintah dalam pembangunan IKN Nusantara. Hal ini karena pembangunan IKN menyangkut banyak aspek, termasuk masalah pendanaan dan lain-lain. “Susah atau mudahnya menarik investor tergantung dari kejelasan dari proyek ini semua,” katanya.

Sanny menuturkan, pihak swasta selalu dihadapkan pada tingkat kelayakan suatu proyek. “Antara feasible atau tidak ini kan menyangkut kepastian hukum, kepastian dari pelaksanaan pekerjaan ini sendiri. Memang undang-undangnya sudah ada. Timnya juga sudah dibentuk. Tapi (perlu) untuk mengawal ini semua, termasuk nanti setelah pilpres dengan presiden yang baru, segala macam. Jadi memang perangkat-perangkat hukum dan segala macam yang memberikan suatu kepastian hukum bahwa proyek ini akan berjalan itu yang sangat dibutuhkan oleh pihak swasta yang mau ikut dalam pembiayaan IKN,” ujar Sanny.(CAS)

Presiden Jokowi: Penyatuan tanah air bentuk kebinekaan dan persatuan

Tangkapan layar dari kanal Youtube Sekretariat Presiden saat Presiden Jokowi memberikan sambutan pada prosesi penyatuan tanah air Nusantara di titik nol kilometer IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Presiden Joko Widodo saat memberi sambutan pada prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara di kawasan titik nol kilometer Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/3/2022) menuturkan bahwa tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubenur telah disatukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Dan saya ingin mengucapkan terima kasih sebesarnya-besarnya kepada para gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi memberi penekanan arti penting kolaborasi dalam pembangunan IKN Nusantara. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu dalam mewujudkan cita-cita membangun IKN tersebut.(CAS)

Harapan Warga

KOMPAS/SUCIPTO

Radimin (63), rela menumpangi motor bersama para tetangga dan keluarganya ke pintu gerbang Titik Nol IKN. Jarak rumah mereka ke titik nol sekitar 2 kilometer.

Meski tak bisa masuk ke lokasi prosesi, mereka tetap menunggu dan menonton siaran live youtube di depan pintu masuk.

Radimin (63), rela menumpangi motor bersama para tetangga dan keluarganya ke pintu gerbang Titik Nol IKN untuk menyapa Presiden Joko Widodo. Jarak rumah mereka ke titik nol sekitar 2 kilometer.

Warga Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku itu berharap, pembangunan IKN kelak bisa memberi dampak positif bagi kehidupan warga sekitar. Sejak menjadi warga transmigran sejak 1970-an, mereka hanya mengandalkan air hujan untuk mandi, cuci, kakus. Sebab, air tanah sulit didapatkan di sekitar lokasi IKN.

Radimin berharap persoalan air itu bisa selesai dengan adanya IKN. Sebab, saat tak ada hujan, mereka harus membeli air Rp 60.000 per tandon. Dalam sebulan, mereka bisa merogoh kocek Rp 240.000 untuk membeli air.

Suara Warga Sekitar IKN Nusantara

Saryadi (71) warga Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, mengungkapkan harapannya terhadap perpindahan ibu kota negara, pada Senin (14/03/2022). Saryadi menonton kedatangan Jokowi dan rombongan ke lokasi IKN Nusantara yang lebih kurang tiga kilometer dari gerbang titik nol IKN. (KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO). 

 

Presiden Melambaikan Tangan Setibanya di Titik Nol IKN

KOMPAS/SUCIPTO

Presiden Joko Widodo sampai di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Menumpangi mobil plat merah bertuliskan "INDONESIA", Presiden melambaikan tangan kepada warga sebelum melakukan prosesi pengumpulan seluruh tanah dan air dari 34 provinsi se-Indonesia yang dibawa gubernur.

Sambut Presiden di IKN

Puluhan peserta peserta didik dari SD Negeri 020 Sepaku dan SMP Muhammadiyah I PPU sambut kedatangan rombongan Presiden RI Joko Widodo beserta 34 gubernur dan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia, pada Senin (14/3/2022). Mereka memegang bendera dan atribut lain untuk penyambutan. (KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO).

Keberagaman di Titik Nol IKN

Doa bersama dan prosesi adat untuk menghormati kearifan lokal menjadi bagian dari fase awal proses pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Prosesi adat meliputi memasukkan tanah dan air dari semua provinsi ke dalam kendi tembaga yang disebut Kendi Nusantara. Prosesi yang dihadiri Presiden Joko Widodo ini juga bertujuan mencerminkan keberagaman Indonesia.


Doa bersama dan prosesi adat tersebut digelar di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Senin (14/3/2022). Gubernur dari 34 provinsi telah diminta untuk membawa tanah dan air dari lokasi yang memiliki sejarah di wilayah masing-masing. Tanah dan air lalu dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara.
Presiden tiba di Balikpapan, Kaltim, Minggu (13/3). Pada Senin pagi ia datang ke titik nol IKN. dan menginap di kemah, bersama lima gubernur dari Pulau Kalimantan. (IDO/CIP/CAS/LKT/BOW)

 

Menyambut Presiden

Warga Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, bersiap menyambut kedatangan rombongan Presiden RI Joko Widodo bersama 34 gubernur atau perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia, pada Senin (14/3/2022). Mereka mengenakan kaos bertuliskan "I Love IKN" hingga membawa atribut lainnya. (KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO).

Menunggu Presiden

Puluhan peserta didik dari SDN 020 Sepaku dan SMP Muhammadiyah I PPU, di Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim menunggu kedatangan Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan pada, Senin (14/3/2022). Mereka ingin menyambut kedatang Presiden RI ke lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO).

Ganjar Pranowo bawa Tanah dan Air dari Jateng ke IKN

(DOK HUMAS PEMPROV JATENG)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disambut oleh sejumlah pihak saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). Dalam kesempatan itu, Ganjar membawa tanah dan air dari Jateng untuk disatukan di Ibu Kota Negara. Tanah yang dibawa Ganjar diambil dari puncak Gunung Tidar, Magelang. Di Gunung Tidar inilah dipercaya bahwa sebuah “paku” yang berisi Rajah Kalacakra ditancapkan untuk menjaga keseimbangan. Sementara itu, air yang dibawa Ganjar diambil dari sebuah sendang di Pertapaan Bancolono, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Bancolono merupakan tempat keramat yang diyakini sudah ada sejak abad 11 masehi. Sebagian besar raja-raja di Tanah Jawa diyakini memanfaatkan air di sendang itu sebagai alat sesuci sebelum melakukan ritual atau kegiatan-kegiatan sakral kerajaan. Keberadaannya sampai sekarang masih sangat terjaga. Karena juga jadi salah satu sumber mata air inti di Gunung Lawu. (XTI)

Mobil Presiden di Titik Nol IKN

KOMPAS/SUCIPTO

Presiden Joko Widodo sampai di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Menumpangi mobil plat merah bertuliskan "INDONESIA", Presiden bakal melakukan prosesi mengumpulkan seluruh tanah dan air dari 34 provinsi se-Indonesia yang dibawa gubernur.

Gubernur Jatim Datang di Titik Nol IKN

KOMPAS/SUCIPTO

Mobil berplat L 1 yang membawa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memasuki kawasan Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sekitar pukul 08.30 Wita Senin (14/3/2022). Gubernur dari seluruh provinsi diundang Presiden Joko Widodo dalam prosesi penyatuan tanah dan air dari semua provinsi. Para gubernur membawa tanah dan air yang bernilai sejarah dari daerah masing-masing.

Presiden Datang di Titik Nol IKN

KOMPAS/SUCIPTO

Sejumlah mobil yang mengantar gubernur dari berbagai provinsi sudah datang di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mulai pukul 08.00 Wita, Senin (14/3/2022). Para gubernur dari seluruh Indonesia akan melakukan prosesi dengan Presiden Joko Widodo di lokasi tersebut. Seluruh tanah dan air yang dibawa gubernur akan disatukan dalam sebuah penampung tembaga yang disebut Kendi Nusantara sebagai simbol persatuan Indonesia.