Reportase langsungPenutupan Jabodetabek

Penutupan Jabodetabek

. Pos terakhir
Pemerintah mulai hari ini, Jumat (24/04/2020) melarang penggunaan transportasi umum untuk keluar dan/atau masuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jabodetabek ditutup.
Rangkuman
·
Akhir Reportasi Langsung
·
Bandara Soekarno-Hatta masih Layani Penerbangan
·
Bandara Soekarno-Hatta Masih Angkut Penumpang
·
Jalan Penghubung Bekasi Jakarta Tanpa Pengawasan
·
Jalan Asia Afrika Lengang
·
Laporan Situasi di Terminal Kalideres
·
Pantauan di Terminal Pulo Gebang
·
Kedatangan Penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma
·
Suasana di Stasiun Senen
·
Terminal Dalam Kota Tanjung Priok
·
Bandara Halim Perdanakusuma Layani Penumpang Khusus
·
Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta
·
Bus Mogok di Exit Tol JORR Selatan
·
Pelabuhan Tanjung Priok
·
Pantauan di Terminal Pulo Gebang
·
Terminal Dalam Kota Tanjung Priok
·
Suasana Penyekatan Tol Cikarang Barat
·
Jalan Tol Lingkar Luar Selatan dan TB Simatupang
·
Suasana di Stasiun Senen
·
Sebagian Calon Penumpang Terminal Kalideres Menunggu Tanpa Kepastian
·
Kawasan Pasar Baru Ditutup
·
Suasana di Stasiun Senen
·
Suasana di Stasiun Senen
·
Pantauan di Terminal Pulo Gebang
·
Suasana di Stasiun Senen
·
Jalan Penghubung Bekasi-Bogor Lenggang
·
Bandara Halim Perdanakusuma Masih Diramaikan Calon Penumpang
·
MRT Beroperasi Terbatas
·
Transjakarta Masih Beroperasi
·
Agen Tiket di Terminal Pulo Gebang Keluhkan Larangan Mudik
·
Suasana di Pelabuhan Tanjung Priok
·
Keberangkatan Bus Menuju Palembang dari Terminal Kalideres
·
Calon Penumpang Citilink Diminta "Refund" Tiket atau Menjadwal Ulang Keberangkatan
·
Terminal Bus Pulo Gebang Lengang
·
Suasana di Pelabuhan Tanjung Priok
·
Bus di Terminal Bekasi Kembali ke Pool
·
Penumpang Tak Terima dengan Pembatalan Penerbangan
·
Sebagian Rute Bus Antarpulau di Terminal Kalideres Masih Beroperasi
·
Pelni Tak Layani Penumpang HIngga 8 Juni
·
Suasana di Masjid Istiqlal pada Hari Pertama Puasa
·
Arus Lalu Lintas Masih Ramai di Kawasan Pondok Indah
·
Akses Masuk Pelabuhan Tanjung Priok Lengang
·
Terminal Bekasi Kota Sepi
·
Keberangkatan Kereta Api di Stasiun Gambir Dihentikan hingga 31 Mei
·
Pelni Tak Layani Penumpang
·
Layanan Pembatalan Tiket di Stasiun Gambir
·
Penumpang Kereta Api Membatalkan Tiket
·
Pembatalan Tiket di Stasiun Gambir
·
Suasana Stasiun Gambir
·
KRL Beroperasi dengan Layanan Terbatas
Akhir Reportasi Langsung

KOMPAS/RADITYA HELABUMI

Demikian reportase langsung kompas.id hari ini tentang penutupan akses Jabodetabek. Untuk mendapatkan laporan selengkapnya, silakan ikuti berita kami di kompas.id dan harian Kompas besok. Nantikan reportase langsung kami berikutnya. (ART)

Bandara Soekarno-Hatta masih Layani Penerbangan

Bandara Soekarno-Hatta masih melayani penerbangan ke berbagai wilayah Indonesia, Jumat (24/4/2020) siang. Tampak sejumlah penumpang masuk ke pintu keberangkatan dan diperiksa oleh petugas bandara. (GIO)

Bandara Soekarno-Hatta Masih Angkut Penumpang

(KOMPAS/AGUIDO ADRI)

Masih terlihat sejumlah calon penumpang di ruang tunggu terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (24/4/2020). Mereka memilih berangkat ke daerah masing-masing sebelum pukul 18.00. Setelah jam itu, penumpang diminta untuk merefund tiket. (GIO)

Jalan Penghubung Bekasi Jakarta Tanpa Pengawasan

(KOMPAS/STEFANUS ATO)

Suasana di Jalan Raya Bekasi atau jalan penghubung antara Kota Bekasi dan DKI Jakarta ramai lancar, Jumat (24/4/2020) siang. Masih ada sejumlah bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang melintas.

Di salah satu titik penyekatan tepatnya, di Gerbang Harapan Indah, tidak tampak ada petugas yang berjaga-jaga. Akibatnya, kendaraan bebas melintas tanpa pengawasan. Salah satu tukang parkir yang ditemui di lokasi, mengatakan, polisi hanya berjaga di jam sibuk, pukul 08.00 sampai pukul 10.00.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota Ajun Komisaris Besar Ojo Ruslani mengatakan, ada empat titik penyekatan yang disiapkan Polres Metro Bekasi Kota, salah satunya di Gerbang Harapan Indah.

Penyekatan di Jalan Raya Bekasi termasuk krusial karena jalan itu tak hanya menghubungkan Kota Bekasi dan Jakarta, tetapi juga salah satu akses utama menuju Kabupaten Bekasi. (VAN)

Jalan Asia Afrika Lengang

(KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI)

Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, terpantau lengang pada Jumat (24/4/2020) siang. Sebanyak dua pusat perbelanjaan di jalan tersebut tutup. Akan tetapi, sejumlah gerai masih melayani penjualan melalui layanan pesan antar. (SKA)

Laporan Situasi di Terminal Kalideres

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, masih memberangkatkan penumpang per hari ini, Jumat (24/4/2020). Rute yang baru berangkat dua jam terakhir adalah tujuan Lampung, Palembang, dan Bengkulu. (DIV)

Pantauan di Terminal Pulo Gebang

KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Petugas keamanan berjaga di depan Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (24/4/2020). Kepada setiap kendaraan yang masuk, mereka mengabarkan bahwa Terminal Pulo Gebang tidak lagi melayani penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP). Pemerintah mulai hari ini melarang penggunaan transportasi umum untuk keluar-masuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. (FAI)

Kedatangan Penumpang di Bandara Halim Perdanakusuma

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Sejumlah maskapai penerbangan masih membawa penumpang ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (24/4/2020). Penerbangan yang tiba siang ini antara lain penerbangan Batik Air dari Kota Surabaya dan Malang. Beberapa penumpang mengaku beruntung karena masih bisa ke Jakarta sesuai jadwal tiket mereka. Sementara, beberapa penerbangan ke Jakarta sudah dibatalkan pihak maskapai seiring kebijakan pemerintah membatasi akses keluar-masuk Jabodetabek. (ERK)

Suasana di Stasiun Senen

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Para penumpang yang membatalkan tiket di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 13.30, kecewa namun mendukung upaya pemerintah membatalkan perjalanan kereta api guna menekan penyebaran Covid-19. Meski batal mudik, mereka tetap menjalin silaturahmi dengan keluarga melalui video call. (SHR)

Terminal Dalam Kota Tanjung Priok

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Bus penumpang tujuan sejumlah wilayah di Jawa Tengah dicegat petugas di Cikarang Barat, Bekasi, Jumat (24/4/2020). Agus, sopir bus, menuturkan bahwa perusahaan otobus (PO) bus menginstruksikan untuk mengantar penumpang. Sebaliknya, petugas yang berjaga meminta bus putar balik ke Jakarta karena berlaku larangan mudik.

"Dicegat, suruh balik. Nanti PO kembalikan uang penumpang," ujar Agus. (DAN)

Bandara Halim Perdanakusuma Layani Penumpang Khusus

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Bandara Halim Perdanakusuma yang dikelola PT Angkasa Pura II tidak akan melayani penumpang untuk penerbangan komersial mulai Sabtu (25/4/2020). Hal ini sesuai arahan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto, mengatakan, ada larangan perjalanan di dalam negeri ataupun ke luar negeri dengan menggunakan transportasi udara berjadwal ataupun carter, mulai 24 April hingga 1 Juni.

Pengecualian diberikan antara lain terhadap penggunaan transportasi udara untuk pimpinan lembaga tinggi negara RI, tamu atau wakil kenegaraan, dan perwakilan organisasi internasional.

Pengecualian juga diberikan pada penggunaan transportasi udara untuk operasional penerbangan khusus, misalnya untuk pemulangan warga negara Indonesia dan warga negara asing, serta operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Nandang Sukarna mengatakan, bandara itu akan berstatus minimum operasi mulai besok. Layanan hanya diperuntukkan penerbangan charter, penerbangan penumpang khusus polisi dan militer, serta penerbangan untuk kargo atau angkutan barang.

Penumpang VIP, seperti Presiden, kementerian, dan kedinasan yang menjalankan fungsi kenegaraan, termasuk penumpang asing yang memakai paspor diplomatik, juga masih dilayani di bandara tersebut. (ERK)

Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta

(KOMPAS/AGUIDO ADRI)

Rosid (41) (kiri depan), Darno (49), dan delapan teman lain, baru tiba di Bandara Soekarno-Hatta dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makasar. Mereka adalah para pekerja sipil yang dipulangkan oleh perusahaan kelapa sawit di Kendari.

"Dari Hasanuddin masih ada penerbangan. Katanya, setelah hari ini tak ada lagi penerbangan. Kami bersyukur masih bisa pulang ke Brebes, Jawa Tengah. Ini lagi tunggu bus travel datang. Semoga kami tiba selamat dan bisa rayain puasa dan Lebaran bareng keluarga. Tak sabar tiba di kampung," kata Darno, Jumat, (24/4/2020). (GIO)

Bus Mogok di Exit Tol JORR Selatan

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Sebuah bus mogok di gerbang keluar tol JORR Selatan, dekat persimpangan menuju Pasar Minggu, Jakarta, Jumat (24/4/2020) siang.

Salah satu penumpang, Muhlis (41), mengatakan, bus dengan pelat nomor Semarang tersebut berangkat dari Palembang, Sumatra Selatan, Kamis sore dan seharusnya tiba di Jepara, Jawa Tengah pada Jumat malam nanti.

Hingga saat ini, Muhlis dan belasan penumpang lainnya masih menunggu kedatangan mekanik yang akan memperbaiki bus yang mogok tersebut. Ia belum tahu apakah mereka bisa keluar dari Jakarta dengan adanya penutupan akses keluar-masuk Jabodetabek mulai hari ini. (SPW)

Pelabuhan Tanjung Priok

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Antrean truk peti kemas menuju area bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4/2020). Tidak ada layanan penumpang di pelabuhan ini, sesuai larangan mudik pemerintah. (DAN)

Pantauan di Terminal Pulo Gebang

KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Pemerintah mulai Jumat (24/4/2020), melarang penggunaan transportasi umum untuk keluar dan/atau masuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, pada Jumat siang, area pelayanan penumpang dalam kota terpantau sepi. Empat bus Transjakarta sedang menunggu waktu keberangkatan. Di ruang tunggu, hanya terlihat dua penumpang yakni seorang perempuan dan anak kecil. (FAI)

Terminal Dalam Kota Tanjung Priok

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Puluhan warga gagal mudik setelah tiga bus AKAP kembali ke Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4/2020). Bus ini dicegat petugas di Cikarang Barat, Bekasi. Pemerintah memberlakukan larangan mudik di wilayah Jabodetabek. (DAN)

Suasana Penyekatan Tol Cikarang Barat

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Suasana penyekatan di pintu keluar tol Cikarang Barat, Jumat (24/4/2020) pagi. Ruas jalan relatif lengang dan didominasi kendaraan angkutan barang. (AGS)

Jalan Tol Lingkar Luar Selatan dan TB Simatupang

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Jalan Tol Lingkar Luar (JORR) Selatan dan Jalan TB Simatupang yang biasanya padat akan kendaraan, terlihat lebih lengang pada hari pertama penutupan akses keluar masuk Jabodetabek, Jumat (24/4/2020) siang. (SPW)

Suasana di Stasiun Senen

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Ada 11 loket yang dibuka untuk melayani pembatalan tiket dari para penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 13.30. Setelah mendaftar untuk membatalkan tiket, uang pengembalian 100 persen akan ditransfer paling lambat 45 hari sejak pembatalan. (SHR)

Sebagian Calon Penumpang Terminal Kalideres Menunggu Tanpa Kepastian

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Sebagian calon penumpang masih menunggu kepastian rute bus yang berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/4/2020).

Ardi (23), warga asli Palembang yang tinggal di Cengkareng, menunggu kedatangan bus tujuan Palembang sejak dua jam terakhir. Dia khawatir bus tidak jadi berangkat karena kabar sejumlah akses pelabuhan yang ditutup.

Ada pula Ratri Yuli (25), belum mendapat kabar terkait rute bus menuju Lampung. Sebagian penumpang masih menanti kabar dari masing-masing perusahaan otobus (PO) terkait pemberangkatan bus di tengah perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. (DIV)

Kawasan Pasar Baru Ditutup

(KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI)

Kawasan perbelanjaan Pasar Baru, Jakarta Pusat, ditutup selama pandemi Covid-19. Menurut petugas keamanan setempat, Jumat (24/4/2020), kawasan itu sudah ditutup selama sebulan terakhir. Menurutnya, Pasar Baru akan ditutup hingga 22 Mei 2020. Tapi, penutupan bisa diperpanjang sesuai dengan kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Pada Jumat siang, kondisi Pasar Baru terpantau sepi. Nyaris semua toko di sisi kiri dan kanan ditutup. (SKA)

Suasana di Stasiun Senen

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Para penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 13.00, mengantre untuk membatalkan tiket. Proses pembatalan tiket tidak memakan waktu lama. Satu orang hanya perlu waktu sekitar 10 menit sampai 15 menit. (SHR)

Suasana di Stasiun Senen

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Pada Jumat (24/4/2020) hingga sekitar pukul 13.00, sudah lebih dari 500 tiket kereta api yang dibatalkan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Layanan pembatalan tiket dapat dilakukan setiap hari dari pukul 08.00-16.00. Pembatalan tiket ini terkait pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh dari Jakarta mulai Jumat ini. (SHR)

Pantauan di Terminal Pulo Gebang

KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Larangan mudik Lebaran 2020 mulai berlaku Jumat (24/4/2020). Loket tiket bus antarkota antarprovinsi (AKAP) Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, terpantau lengang. Hanya beberapa perusahaan otobus (PO) yang tetap buka. Loket ini hanya melayani penumpang yang ingin mengembalikan tiket bus yang sudah mereka beli. (FAI)

Suasana di Stasiun Senen

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Suasana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, pada Jumat (24/4/2020) pukul 13.00, tampak lengang. Para penumpang mengantre giliran untuk layanan pembatalan tiket kereta api. Tempat duduk di stasiun ini juga dibatasi agar pengunjung tidak saling berdekatan. (SHR)

Jalan Penghubung Bekasi-Bogor Lenggang

(KOMPAS/STEFANUS ATO)

Situasi di Jalan Raya Narogong, Bantar Gebang, Kota Bekasi, tampak lenggang pada Jumat (24/4/2020) siang. Kendaraan yang melintas didominasi sepeda motor, truk sampah, dan kendaraan pribadi. Jalan Raya Narogong ini merupakan salah satu akses utama ke Cileungsi, Kabupaten Bogor.


Sebelumnya, Kastlantas Polres Metro Bekasi Kota Ajun Komisaris Besar Ojo Ruslani mengatakan, salah satu akses keluar-masuk Kota Bekasi yang akan dilakukan penyekatan adalah di Perbatasan Bantar Gebang Cileungsi, tepatnya di Jalan Raya Siliwangi. (VAN)

Bandara Halim Perdanakusuma Masih Diramaikan Calon Penumpang

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Sejumlah calon penumpang masih berdatangan ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (24/4/2020) siang. Sebagian besar dari mereka adalah penumpang yang akan berangkat dengan maskapai penerbangan Batik Air dan Wings Air. Kedua maskapai ini masih melayani penumpang. Sementara itu, penerbangan dengan maskapai Citilink sudah dihentikan sejak pukul 10.00 pagi ini.

General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Nandang Sukarna, kepada Kompas, mengatakan, bandara tersebut masih melonggarkan operasional sampai Jumat pukul 23.59 WIB. Hal ini untuk mensosialisasikan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Jumlah pergerakan pesawat dan penumpang dilaporkan sudah jauh berkurang. Pada kondisi minimum operasional sebelum pandemi, bandara itu rata-rata melayani 154 pergerakan pesawat dengan 16.000 penumpang sehari. Jumlah itu turun seiring pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta sampai hanya 42 pergerakan pesawat dan 2.500-3.000 penumpang sehari. (ERK)

MRT Beroperasi Terbatas

(KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI)

Moda Raya Terpadu Jakarta atau MRT beroperasi terbatas untuk merespons kebijakan pembatasan sosial berskala besar, Jumat (24/4/2020). Dari 13 stasiun MRT yang ada, lima di antaranya ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Kelima stasiun tersebut adalah Stasiun MRT Haji Nawi, Blok A, ASEAN, Istora Mandiri, dan Setiabudi Astra.

Penutupan lima stasiun itu berlaku efektif sejak 23 April 2020. Kendati ditutup, kelima stasiun tetap dijaga ketat oleh petugas keamanan. (SKA)

Transjakarta Masih Beroperasi

KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI

Transportasi umum Transjakarta masih beroperasi pada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga hari ini, Jumat (24/4/2020) di Jakarta. Angkutan umum hanya diperbolehkan beropwrasi pada pukul 06.00-18.00. Penumpang di dalam kendaraan pun wajib menjaga jarak satu sama lain.

Warga Jakarta, Rosiana (53), adalah salah satu orang yang masih mengandalkan transportasi umum untuk beraktivitas setiap hari. Ia mengatakan, para penumpang tertib menjaga jarak dan mengenakan masker di dalam kendaraan. (SKA)

Agen Tiket di Terminal Pulo Gebang Keluhkan Larangan Mudik

KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Pelarangan mudik Lebaran 2020 (24 April-31 Mei) dikeluhkan oleh agen tiket di Terminal Pulo Gebang, Jakarta. Sejak virus korona baru melanda Indonesia, Yuni (40), agen tiket bus Pahala Kencana, hanya bisa mengantongi Rp 20.000 per hari. Dengan pelarangan mudik ini, otomatis dia menganggur. Tak ada kompensasi dari perusahaan karena pendapatnya diitung dari berapa tiket yang terjual. (FAI)

Suasana di Pelabuhan Tanjung Priok

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Warga menanti surat-surat untuk pengiriman logistik di Pelni Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4/2020). Pelni hanya melayani pengiriman logistik sesuai larangan mudik dari pemerintah. (DAN)

Keberangkatan Bus Menuju Palembang dari Terminal Kalideres

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Meski hari Jumat (24/04/2020) ini pemerintah resmi melarang mudik. Namun masih ada saja angkutan penumpang yang beroperasi. Bus rute Palembang mulai berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/4/2020). Bus ini adalah satu-satunya bus antar kota yang berangkat dari Terminal Kalideres dalam kurun satu setengah jam terakhir.

Selain bus tersebut, masih ada sejumlah bus lain yang tampak bersiap memberangkatkan penumpang siang ini. Roy (47), sopir bus tujuan Lampung, mengatakan sejumlah bus kini tengah kejar target untuk memberangkatkan seluruh penumpang di hari ini. (DIV)

Calon Penumpang Citilink Diminta "Refund" Tiket atau Menjadwal Ulang Keberangkatan

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Calon penumpang pesawat Citilink Indonesia yang tidak dapat diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur diminta untuk me-refund atau menjadwal ulang tiket penerbangan mereka. Pasalnya, operasional penerbangan penumpang sudah mulai dihentikan mulai Jumat (24/4/2020) pukul 10.00 WIB. Rute yang terdampak antara lain, Padang, Yogyakarta, Bandung, dan Solo.

Beberapa petugas passanger service assistance (PSA) Citilink mensosialisasikan kebijakan maskapai itu di depan pintu keberangkatan. Calon penumpang diarahkan untuk menghubungi agen perjalanan tempat mereka membeli tiket untuk mendapatkan penggantian uang atau mengganti waktu keberangkatan sampai kebijakan penutupan Jabodetabek ditiadakan. Sejauh ini, pemerintah pusat menutup Jabodetabek sampai 1 Juni 2020. (ERK)

Terminal Bus Pulo Gebang Lengang

KOMPAS/INSAN ALFAJRI

Larangan mudik Lebaran 2020 mulai diberlakukan, Jumat (24/4/2020). Di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, terminal keberangkatan dan kedatangan penumpang terpantau lengang pukul 12.46. Tak ada bus yang parkir. Tidak ada penumpang di ruang tunggu. (FAI)

Suasana di Pelabuhan Tanjung Priok

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Tidak ada petugas layanan penumpang Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4/2020). Layanan penumpang ditutup hingga 8 Juni sesuai larangan mudik dari pemerintah. (DAN)

Bus di Terminal Bekasi Kembali ke Pool

KOMPAS/STEFANUS ATO


Sejumlah sopir bus di Terminal Induk Bekasi Kota, Jawa Barat, masih memarkirkan bus mereka di Terminal Induk Bekasi Kota, pada Jumat (24/4/2020) siang. Sebagian dari mereka sejak malam sudah mengisi bahan bakar, menyiapkan kartu e-toll untuk kembali melayani penumpang. Namun, rencana itu dibatalkan karena saat tiba di terminal, semua bus dilarang untuk mengangkut penumpang.


"Ini mau kembali ke poll. Enggak boleh muat penumpang. Saya sudah enggak kerja, mau pulang ke kampung sekarang juga susah," ucap Mulyadi (44), salah satu sopir bus di Terminal Induk Bekasi Kota.


Mulyadi mengakui, sejak pagi, masih banyak penumpang yang mendatangi terminal itu untuk mudik pulang kampung. Namun, mereka terpaksa dengan berat hari menolak karena larangan mudik. (VAN)

Penumpang Tak Terima dengan Pembatalan Penerbangan

KOMPAS/ERIKA KURNIA

Sejumlah penumpang maskapai penerbangan Citilink Indonesia di Bandara Halim Perdanakusuma kebingungan dengan pembatalan penerbangan pada hari ini, Jumat (24/4/2020). Beberapa di antara mereka bahkan tidak terima dengan keputusan yang tidak diinformasikan sebelumnya.

Riza Adronal, salah satu calon penumpang Citilink tujuan Padang, siang ini menanti kepastian pemberangkatannya. Pria ber-KTP Padang itu mengaku sudah mengetahui rencana pelarangan mudik ke luar Jakarta, mulai 25 April 2020.

Pada Rabu lalu ia masih bisa membeli tiket pada hari ini untuk keberangkatan pukul 15.00 melalui agen perjalanan. Lalu, jadwal keberangkatannya diubah pukul 13.00. Namun, kini penerbangannya dikatakan tidak beroperasi.

"Saya ini kan penduduk asli sana, jadi bukan mudik. Saya akan usahakan terbang hari ini, karena keluarga sudah menunggu di sana, di sini juga sudah tidak pekerjaan proyek yang bisa dikerjakan," tuturnya. (ERK).

Sebagian Rute Bus Antarpulau di Terminal Kalideres Masih Beroperasi

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Sejumlah rute bus antar kota di Terminal Kalideres masih beroperasi pada Jumat (24/4/2020). Pantauan Kompas, beberapa bus yang beroperasi hari ini adalah Lampung, Palembang, serta sebagian rute menuju Jawa Barat, meliputi Kuningan dan Tasikmalaya.

Tatang (44), seorang sopir bus tujuan Tasikmalaya, kehadiran bus hari ini adalah yang terakhir sebelum besok. Sebagian sopir bermaksud sekaligus pulang ke kampung halaman pada pemberangkatan hari ini. (DIV)

Pelni Tak Layani Penumpang HIngga 8 Juni

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Pengumuman tidak melayani penumpang mulai 24 April hingga 8 Juni oleh Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Terminal penumpang lengang, Jumat (24/4/2020) karena hanya melayani angkutan logistik. (DAN)

Suasana di Masjid Istiqlal pada Hari Pertama Puasa

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Suasana tampak lengang di Masjid Istiqlal Jakarta pada hari Jumat (24/02/2020) atau bertepatan dengan hari pertama puasa Ramadhan. Masjid Istiqlal tak menggelar salat Jumat seiring dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar di Jakarta. Jemaah yang tampak menggelar salat dhuhur hanya petugas keamanan dan pekerja renovasi masjid. (KUM)

Arus Lalu Lintas Masih Ramai di Kawasan Pondok Indah

KOMPAS/SATRIO PANGARSO WISANGGENI

Penutupan akses keluar masuk wilayah Jabodetabek tidak berpengaruh signifikan pada lalu lintas dalam kota. Pada Jumat (24/4/2020) siang, lalu lintas di Jalan Metro Pondok Indah tetap ramai dan lancar. (SPW)

Akses Masuk Pelabuhan Tanjung Priok Lengang

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Akses masuk ke terminal penumpang Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4/2020) tampak lengang. Terpampang salah satu spanduk larangan mudik dari Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Priok di area akses masuk. (DAN)

Terminal Bekasi Kota Sepi

KOMPAS/STEFANUS ATO

Kondisi Terminal Induk Bekasi Kota, tampak sepi pada Jumat (22/4/2020) siang. Masih ada sejumlah warga yang mencari bus untuk pulang kampung. Namun, mereka kesulitan karena tidak ada bus yang melayani perjalan ke Jawa.

Fendi (35), salah satu calon penumpang yang akan mudik ke Garut, saat ditemui di Terminal Induk Bekasi, mengatakan, dia baru berencana mudik karena perusahannya baru meliburkna karyawan, pada kamis (23/4/2020) malam. (VAN)

Keberangkatan Kereta Api di Stasiun Gambir Dihentikan hingga 31 Mei

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Mulai Jumat (24/4/2020), keberangkatan kereta api dari Stasiun Gambir, Jakarta akan dihentikan sementara hingga 31 Mei 2020. Selain itu, keberangkatan kereta api juga sementara dihentikan dari Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan berbagai kota di wilayah lainnya.

Secara total, terdapat 70 perjalanan kereta api jarak jauh di area daerah operasi 1 Jakarta yang dibatalkan. Dari 70 kereta api tersebut, 67 kereta api di antaranya merupakan kereta api reguler dan 3 kereta api lainnya merupakan kereta api tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta hari libur. (SHR)

Pelni Tak Layani Penumpang

KOMPAS/FRANSISKUS WISNU WARDHANA DANY

Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, lengang pada Jumat (24/4/2020). Pelni tidak melayani angkutan penumpang sesuai larangan mudik dari pemerintah.(DAN)

Layanan Pembatalan Tiket di Stasiun Gambir

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Layanan pembatalan tiket kereta api di Stasiun Gambir, Jakarta pada Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 12.00. Adapun tujuh stasiun lain yang juga melayani pembatalan tiket, yakni Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bogor Paledang, Stasiun Cikampek, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang, dan Stasiun Bekasi.

Pembatalan tiket dibuka setiap hari, yaitu dari Senin-Minggu mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00. Pembatalan layanan kereta api sejalan dengan larangan mudik untuk menekan penyebaran corona virus disease atau Covid-19. (SHR)

Penumpang Kereta Api Membatalkan Tiket

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Para penumpang kereta api membatalkan tiket di loket Stasiun Gambir, Jakarta pada Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 12.00. Selain datang langsung ke stasiun, penumpang dapat membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access.

Pembatalan tiket melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. PT Kereta Api Indonesia juga akan menghubungi para penumpang yang sudah memiliki tiket melalui Contact Center KAI 121 untuk mendapatkan panduan lebih lanjut. (SHR)

Pembatalan Tiket di Stasiun Gambir

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Suasana Stasiun Gambir, Jakarta pada Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 12.00. Mulai hari ini, penghentian layanan kereta api baik jarak jauh maupun lokal akan dihentikan sementara untuk menekan penyebaran Covid-19.

Namun, kereta api daerah operasi (Daop) 1 Jakarta akan tetap melayani angkutan barang secara normal. Upaya ini guna mendukung pasokan logistik dan bahan pangan di tengah masa pembatasan sosial berskala besar yang juga mencakup wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. (SHR)

Suasana Stasiun Gambir

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Suasana Stasiun Gambir, Jakarta pada Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 12.00. Mulai hari ini, sejalan dengan pemberlakuan larangan mudik, seluruh kereta api baik jarak jauh maupun lokal di daerah operasi (Daop) 1 Jakarta tidak beroperasi, kecuali kereta api angkutan barang.

Pembatalan perjalanan kereta api, sementara ini akan berlangsung hingga 31 Mei 2020. Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket akan dikembalikan penuh oleh PT Kereta Api Indonesia. (SHR)

KRL Beroperasi dengan Layanan Terbatas

KOMPAS/SHARON PATRICIA

Suasana kereta commuter line pada Jumat (24/4/2020) sekitar pukul 12.00. Layanan kereta commuter line tetap beroperasi sesuai dengan aturan pembatasan sosial berskala besar di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Sementara untuk layanan kereta api jarak jauh dan kereta api lokal dari Jakarta akan dihentikan sementara mulai hari ini hingga 31 Mei 2020. Keputusan ini sejalan dengan larangan mudik untuk menekan penyebaran Covid-19. (SHR)

Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000