Reportase langsungBorobudur Marathon 2021

Borobudur Marathon 2021

. Pos terakhir
Borobudur Marathon 2021 untuk kedua kalinya digelar di masa pandemi Covid-19. Sebanyak 42 pelari elite turut berlaga. Esok Minggu, giliran 128 pelari umum beradu gengsi di Borobudur.
Rangkuman
·
Elite Race Rampung Digelar
·
Konferensi Pers Bormar 2021
·
Juara Borobudur Marathon 2021
·
Foto Bersama
·
Swafoto Juara
·
Podium Elite Race Putri
·
Prosesi Penyerahan Medali
·
Rute Lari
·
Bersiap Mengalungkan Medali
·
Pretty dan Irma Mulai Jaga Jarak
·
Beristirahat
·
Menikmati makanan
·
Lap Terakhir "Ratu Lari Asia Tenggara"
·
Momen Finisher Putri Pertama
·
Odekta Tercepat Putri
·
Jelang Finish Odekta
·
Awalnya Dikenal Bob Hasan 10K
·
Tenda medis
·
Pretty Sihite dan Irma Handayani Berduel
·
Betmen Finish ke-11
·
Momen Finisher Pertama
·
Agus Tercepat
·
Senyum Odekta
·
Agus Memasuki Putaran Terakhir
·
Kecepatan Odekta Tak Mengendur
·
Borobudur Marathon Sebelum Pandemi
·
Berhenti Lomba
·
Menyicipi Makanan Khas Borobudur
·
Racepack Collection Pelari Bank Jateng Tilik Candi
·
Pertolongan Medis
·
Melintasi Candi
·
Betmen di Barisan Belakang
·
Pandu Sukarya Tempel Agus
·
Foto Udara Borobudur Marathon
·
Pos "Refreshment"
·
Tepuk Tangan Penyemangat
·
Layar Penyemangat
·
Antusiasme Warga Sekitar
·
Digelar Perdana 1990
·
Berharap Pemecahan Rekor
·
Agus dan Odekta Konsisten Memimpin
·
Menembus Hujan
·
Panitia Berteduh
·
Menpora Monitor Pelari
·
Hujan Turun
·
Perang Bintang
·
Siti Atikoh Ganjar Memberi Semangat
·
Satu Pelari Masuk Tenda Medis
·
Peraih Emas PON Papua Memimpin
·
"Cheering" Peserta Tilik Candi
·
Air Minum Khusus untuk Setiap Pelari
·
Adu Cepat Dua Ratu Lari
·
Pelari Elite Putra Lampaui Lap Pertama
·
Start Pelari Elite Wanita
·
Ganjar Pranowo Tambah Hadiah Spontan
·
Agus Prayogo Memimpin
·
Lomba Dimulai
·
Pelari elite perempuan
·
Persiapan pelari elite wanita
·
Start Pelari Elite Pria
·
Tempat Air Minum Pelari Elite
·
Bersiap Melepas Atlet Elite
·
Persiapan Flag Off
·
Persiapan Start
·
Peregangan
·
Pemanasan Elite Race
·
Garis Start
·
Persiapan Elite Race
·
Atlet Elite Bersiap
·
Jelang Lomba
·
Persiapan Elite Race
·
Menuju Borobudur Marathon 2021
·
Buku Borobudur Marathon
·
Reportase Langsung
Elite Race Rampung Digelar

Elite Race Borobudur Marathon 2021 yang digelar di Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
rampung digelar. Esok Minggu, giliran 128 pelari umum berlomba dalam Bank Jateng Tilik Candi menempuh kategori half marathon, bersamaan
dengan ribuan pelari dari penjuru Nusantara secara virtual. Demikian reportase langsung eksklusif di Kompas.id. Berita selengkapnya bisa diikuti di Kompas.id sepanjang hari ini dan edisi cetak Harian Kompas esok pagi.

Konferensi Pers Bormar 2021

(KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

Suasana konferensi pers Elite Race Borobudur Marathon 2021. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, dan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo sama-sama mengaku puas dengan penyelenggaraan ajang tersebut. 

Ganjar berharap, ajang ini bisa menjadi contoh penyelenggaraan event olahraga di masa pandemi. Adapun Budiman menargetkan ajang ini bisa semakin mendunia hingga sekelas World Major Marathon seperti Boston Marathon. 

"Kita semua berharap pandemi semakin mereda sehingga tahun depan Borobudur Marathon bisa digelar seperti normal," tambah Supriyatno. (GRE)

Juara Borobudur Marathon 2021

 

Juara I Borobudur Marathon 2021 putra dan putri, Agus Prayogo dan Odekta Naibaho, berfoto bersama medali mereka di tenda atlet elite.

(KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)

Foto Bersama

 

Juara Borobudur Marathon 2021 kategori elite putra, Agus Prayogo, dan juara putri, Odekta Naibaho, melayani permintaan foto bersama official di tenda khusus atlet elite. (SET)

Swafoto Juara

Finisher pertama pelari putri Elite Race Borobudur Marathon 2021, Odekta Naibaho, berswafoto bersama dua rekannya, Pretty Sihite dan Irma Handayani yang menyabet urutan dua dan tiga, usai pengalungan medali. 

(KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

Podium Elite Race Putri

Tiga pelari tercepat naik podium Elite Race Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng. Pada posisi ketiga ada Irma Handayani yang mencatatkan waktu 3 Jam 19 menit. Sementara itu, pada posisi kedua Pretty Sihite dengan catatan waktu 3 jam 18 menit, dan posisi pertama diraih Odekta Elvina Naibaho dengan catatan waktu 3 jam 2 menit. (XTI)

 

 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI)

 

Prosesi Penyerahan Medali

Para pemenang elite race Borobudur Marathon powered by Bank Jateng menaiki podium untuk menerima medali dan hadiah. Agus Prayogo dari Jawa Barat menempati peringkat pertama, diikuti Muhammad Ady Saputra dari Kalimantan Selatan, dan peringkat ketiga diraih Iqbal Saputra dari Sumatera Barat. Penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali. Adapun pemenang pertama mendapat Rp 40 juta, kedua mendapat Rp 30 juta, dan ketiga Rp 20 juta. (KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA)

Rute Lari

(TANGKAPAN LAYAR)

Inilah rute lomba lari Borobudur Marathon 2021. Dalam kategori elite race, pelari mesti menempuh 12 kali putaran menyelesaikan jarak maraton. Adapun pada Minggu (28/11/2021), 128 pelari umum yang memenangi slot dari hasil undian akan menempuh kategori separuh maraton (half marathon) dengan enam kali putaran.

Borobudur Marathon tahun ini adalah ajang yang kedua digelar di dalam kompleks candi. Sebelumnya, rute lari selalu menyusuri kawasan perdesaan di sekitar candi. Akibat pandemi, rute lari dipindahkan ke dalam kompleks candi supaya lebih aman dari ancaman penularan Covid-19. (GRE)  

Bersiap Mengalungkan Medali

(KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Dirut Bank Jateng Supriyatno bersiap memakai sarung tangan sebelum acara pengalungan medali para jawara Elite Race Borobudur Marathon 2021, Sabtu (27/11/2021). Pemakaian sarung tangan adalah bagian dari upaya memenuhi standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yakni mengurangi kontak langsung melalui tangan. (EGI)

Pretty dan Irma Mulai Jaga Jarak

Menjelang finis, Pretty Sihite dan Irma Handayani mulai menjaga jarak. Keduanya sempat bersaing ketat beberapa putaran terakhir lomba. Pretty adalah juara bertahan Borobudur Marathon dan Irma Handayani adalah runner-up edisi tahun lalu.

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO) 

Beristirahat

 

Pelari elite putra, Betmen Manurung, menelpon keluarganya saat beristirahat setelah menyelesaikan lomba. Betmen yang menjadi juara tahun lalu gagal mempertahankan podium dan hanya finis di posisi ke-11. (SET) 

Menikmati makanan

 

Seorang pelari elite putra menikmati makan pagi setelah menyelesaikan lomba di dalam tenda yang khusus disediakan bagi para atlet. Sebelum berlomba, para atlet menjalani karantina atau sistem "bubble" di Hotel Puri Asri, Kota Magelang.

(KOMPAS/IWAN SETIYAWAN) 

Lap Terakhir "Ratu Lari Asia Tenggara"

Triyaningsih baru akan melintasi 200 meter menuju putaran terakhir. Pelari kelahiran Kota Semarang yang sempat dijuluki Ratu Lari Jarak Jauh Asia Tenggara itu untuk sementara menduduki peringkat ke-7. Pada PON XX Papua, Triyaningsih yang kini berusia 34 tahun memperoleh medali perak.  

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

Momen Finisher Putri Pertama

Okdekta Elvina Naibaho (30) dari DKI Jakarta menjadi finisher putri pertama Elite Race Borobudur Marathon 2021 powered by Bank Jateng dengan catatan waktu 3 jam 3 menit. Catatan waktu tersebut lebih lama dari catatan waktu terbaiknya yakni 2 jam 48 menit. Odekta jauh meninggalkan para pesainganya. (XTI)

(KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

(MEDSOS HARIAN KOMPAS)

Odekta Tercepat Putri

Seperti prediksi sebelumnya, Odekta Naibaho menjadi pelari putri tercepat dalam Elite Race Borobudur Marathon 2021. Ia mencatatkan waktu 3 jam 2 menit. Odekta tampil dalam ajang ini dengan menyandang predikat juara maraton PON Papua. Di Papua, catatan waktunya 2 jam 48 menit 46 detik. (GRE)

Jelang Finish Odekta

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

 

Odekta melintas di 200 meter menuju finish di putaran terakhir. Ia menjadi finisher pertama untuk kategori elite putri. (NCA)

 

Awalnya Dikenal Bob Hasan 10K

(KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

(KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA)

 

Lomba lari di sekitar Candi Borobudur, Jawa Tengah, pertama kali diselenggarakan tanggal 11 Februari 1990. Nama Borobudur 10K disematkan di lomba kala itu. Sebagian kalangan menyebut ajang ini sebagai Bob Hasan 10K, sebagai penghargaan atas inisiator lomba yakni Bob Hasan. Bob yang juga mantan ketua umum PB PASI juga menjadi penyandang dana di lomba kala itu. (GRE)

Tenda medis

 

Sejumlah pelari yang sudah menyelesaikan lomba maupun yang tidak menyelesaikan lomba beristirahat di tenda medis Borobudur Marathon 2021.

(KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)

Pretty Sihite dan Irma Handayani Berduel

Melintasi 200 meter akhir menuju putaran ke-10, Pretty Sihite dan Irma Handayani bersaing untuk peringkat kedua dan ketiga. Pretty adalah juara bertahan tahun lalu, sedangkan Irma merupakan runner-up. Odekta Naibaho masih tak tergoyahkan di posisi pertama meninggalkan para pesaingnya. (NCA)

Betmen Finish ke-11

Betmen Manurung, juara Borobudur Marathon tahun lalu, melintas di 200 meter akhir menuju garis finish. Ia menduduki peringkat ke-11 dalam ajang lomba kali ini. (NCA)

 

Momen Finisher Pertama

Agus Prayogo menjadi finisher pertama elite race kategori putra di Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng. Agus finis dalam waktu 2 jam 32 menit. Catatan waktu ini lebih baik dari catatan waktunya di PON Papua yakni 2 Jam 33 menit. Namun, tidak lebih dari catatan terbaik pribadi atau personal best Agus yakni 2 jam 21 menit. (XTI)

 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI)

Agus Tercepat

Pelari asal Jawa Barat Agus Prayogo berhasil menjadi yang tercepat dalam Elite Race Borobudur Marathon kategori putra. Catatan waktunya 2 jam 32 menit. Dia masih belum mampu memecahkan rekor pribadinya 2 jam 21 menit. Dalam ajang ini, Agus yang baru saja meraih medali emas maraton dalam PON Papua memang diunggulkan menjadi jawara. (GRE)

Senyum Odekta

(KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

Pelari putri Odekta Naibaho selalu terlihat tersenyum saat menempuh rute maraton melintasi Candi Borobudur dalam Borobudur Marathon Elite Race, Sabtu (27/11/2021). Odekta yang juga peraih tiga medali emas dalam PON Papua itu diunggulkan menjuarai kategori maraton putri. (EGI)

Agus Memasuki Putaran Terakhir

Peraih medali emas SEA Games 2019 Filipina, Agus Prayogo terus memimpin lomba. Ia mulai memasuki putaran terakhir meninggalkan pelari lainnya. Kecepatannya pun konsisten sepanjang lomba. Agus yang baru saja memenangi medali emas PON Papua nomor maraton itu memiliki catatan waktu terbaik 2 jam 21 menit.

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO) 

Kecepatan Odekta Tak Mengendur

Odekta Naibaho tak mengurangi kecepatannya saat akan menyelesaikan putaran ke-10 Elite Race Borobudur Marathon 2021. Ia masih memimpin jauh di depan pelari elite putri lainnya. Dalam ajang PON Papua beberapa waktu lalu, Odekta menjadi bintang dengan meraih tiga medali emas nomor lari jarak menengah dan jauh, yakni 5.000 meter, 10.000 meter, dan maraton (42,195 kilometer). Odekta mencatat waktu nomor maraton di PON Papua 2 jam 48 menit dan 46 detik. 

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

Borobudur Marathon Sebelum Pandemi

 Dokumentasi Borobudur Marathon 2019

 

Suasana Borobudur Marathon 2019 yang sangat berbeda dengan dua ajang terakhir Borobudur Marathon. Kemeriahan penonton saat itu masih terlihat jelas menyemangati pelari di sepanjang lintasan. Hal ini yang menjadi kerinduan para pelari dan menjadi kekhasan Borobudur Marathon. Pada 2020 dan 2021, Borobudur Marathon digelar dalam situasi pandemi sehingga lintasan dialihkan hanya mengelilingi kawasan Candi Borobudur dan tanpa penonton umum. (GRE)

Berhenti Lomba

Pelari elite putri, Tria Suryati Ningsih dari Yogyakarta, mendapatkan pertolongan medis setelah memutuskan berhenti berlari. Pelari berusia 23 tahun ini juga baru pertama kali mengikuti ajang Borobudur Marathon. Hujan yang sempat mengguyur kawasan Borobudur cukup menyulitkan sejumlah pelari. 

(KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)

 

 

Menyicipi Makanan Khas Borobudur

(KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA)

Sembari menyaksikan pelari elite berlomba, peserta Bank Jateng Tilik Candi menikmati makanan khas Borobudur. Parade kuliner tersebut merupakan hasil kreasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang turut dilibatkan panitia Borobudur Marathon 2021. Para pelari umum yang memenangi undian ini mengaku sangat senang bisa kembali dalam ajang Borobudur Marathon setelah tahun lalu hanya digelar bagi pelari elite. (IGA)

Racepack Collection Pelari Bank Jateng Tilik Candi

Sejumlah pelari Bank Jateng Tilik Candi mulai mengambil race pack di kawasan Candi Borobudur. Racepack yang diambil terdiri dari jersey Borobudur Marathon powered by Bank Jateng, salep pereda nyeri, botol minum, nomor BIP, dan kupon makanan. Mereka adalah 128 pelari umum yang memenangi undian atau ballot dari lebih dari 1.000 pendaftar.

Dalam edisi Borobudur Marathon 2021, pelari umum diberi kesempatan mengikuti ajang lari separuh maraton (half marathon) dengan pembatasan peserta. Mereka akan berlomba pada Minggu (28/11/2021) tetap dengan protokol kesehatan ketat. Sebelum lomba besok, mereka juga menjalani karantina di Hotel Atria. (XTI)

 

 

 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI)

Pertolongan Medis

Pelari elite putra, Eldak Kafolamau dari Kupang, NTT, mendapat pertolongan medis saat kram kaki.

(KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)

Melintasi Candi

Salah satu pelari perempuan, Vanny Vanessa Cristian berlari melintasi Candi Borobudur, dalam ajang Elite Race Borobudur Marathon 2021. Pelari asal Jakarta berusia 25 tahun itu memiliki catatan waktu pribadi terbaik 3 jam 43 menit dan 26 detik. (EGI)

(KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

Betmen di Barisan Belakang

Telah menempuh delapan putaran, Betmen Manurung, juara Borobudur Marathon tahun lalu, masih berada di barisan belakang. Sementara pemimpin lomba, Agus Prayogo, sudah memasuki putaran kesembilannya dalam lomba ini. Tahun lalu, Betmen mencatatkan waktu 2 jam 42 menit.

KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Pandu Sukarya Tempel Agus

 

Pelari Agus Prayogo disusul di belakangnya Pandu Sukarya, melintasi putaran ke-8 ajang lari Elite Race Borobudur Marathon, Sabtu (27/11/2021). Pandu, asal Jawa Barat, baru pertama kali mengikuti ajang Borobudur Marathon. Rute maraton ditempuh pelari dengan 12 kali mengelilingi kawasan Candi Borobudur. (KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

Foto Udara Borobudur Marathon

Sejumlah foto aerial suasana Elite Race Borobudur Marathon 2021. Tampak latar belakang kemegahan Candi Borobudur, salah satu mahakarya Nusantara yang dibangun abad ke-8. (KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

Pos "Refreshment"

Pelari melintasi pos refreshment 

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN 

 

Tepuk Tangan Penyemangat

(KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

 

Sejumlah pelari pria Borobudur Marathon Elite Race 2021, berlari dìiringi tepuk tangan dan yel-yel panitia yang sekaligus menjadi penonton. Selain penitia, sejumlah pelari umum yang akan mengikuti Tilik Candi Bank Jateng esok Minggu juga berkesempatan memberi semangat di tepi lintasan. (EGI)

Layar Penyemangat

Pelari elite melintasi layar penyemangat dalam Borobudur Marathon 2021. Di layar itu, diputarkan tarian-tarian warga untuk memompa semangat para pelari. Di masa pandemi, ajang Borobudur Marathon digelar tertutup di dalam kompleks candi. Sebelumnya, ajang lari itu menyusuri jalan-jalan perdesaaan di kawasan Borobudur. Warga kampung biasanya akan berdiri di sepanjang jalan untuk menyemangati pelari secara meriah.   

KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Antusiasme Warga Sekitar

KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA

Warga sekitar antusias menyaksikan para pelari elite nasional bersaing di Borobudur Marathon 2021 powered by Bank Jateng dari luar pagar kompleks Candi Borobudur. Borobudur Marathon tertutup dari penonton luar untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Ini menjadi salah satu protokol kesehatan yang mesti diikuti di masa pandemi. (IGA)

Digelar Perdana 1990

Dalam nukilan artikel lama Harian Kompas, pelari asal Etiopia, Addis Abebe, dan pelari putri Jerman Timur Katrin Ullrich menjuarai Borobudur 10K tahun 1990. Perhelatan lari perdana di kawasan Candi Borobudur ini dilangsungkan pada 11 Februari 1990. (GRE)

Berharap Pemecahan Rekor

Ajang Elite Race Borobudur Marathon 2021 diharapkan mampu menorehkan catatan khusus, salah satunya pemecahan rekor nasional nomor maraton. Hingga kini, rekor maraton putra masih dipegang almarhum Eduardus Nabunome dengan catatan waktu 2 jam 19 menit dan 18 detik. Rekor ini masih bertahan sejak 1993. Adapun rekor kategori putri dipegang Triyaningsih dengan catatan waktu 2 jam 31 menit dan 49 detik yang ditorehkan pada 2010.

Sejumlah tokoh termasuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkomitmen memberi tambahan bonus uang tunai bagi para pemecah rekor nasional. Secara kolektif, terkumpul Rp 85 juta bagi atlet yang mampu memecahkan rekor nasional nomor maraton yang sudah bertahan cukup lama tersebut. (GRE)

Agus dan Odekta Konsisten Memimpin

Dua peraih medali emas PON XX 2021, di Papua, Agus Prayogo dan Odekta Naibaho sama-sama konsisten memimpin race di Borobudur Marathon 2021. Agus memasuki putaran keenam, sedangkan Odekta memasuki putaran kelima. Keduanya diunggulkan meraih podium pertama Elite Race Borobudur Marathon. 

Catatan waktu terbaik Agus untuk nomor maraton yakni 2 jam dan 20 menit. Adapun catatan waktu terbaik Odekta 2 jam dan 48 menit. 

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

Menembus Hujan

(KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA)

Para pelari elite Borobudur Marathon powered by Bank Jateng tetap berlari di tengah guyuran hujan melintasi hutan di kompleks Candi Borobudur. Panitia menyediakan pos penyegaran berisi fasilitas air minum. Pelari mesti menyiasati kondisi lintasan licin akibat guyuran hujan. (IGA)

Panitia Berteduh

Hujan semakin deras mengguyur lintasan lomba di area Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Beberapa panitia berteduh di tenda. Mereka akan mendekat ke botol air minum saat atlet mendekati pos air.

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

Menpora Monitor Pelari

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memantau para pelari maraton dalam Elite Race Borobudur Marathon 2021 di ruang tunggu VIP di sekitar garis finis. Ia sempat melepas start para pelari pria. (KOMPAS/SUTTA DHARMASAPUTRA)

Hujan Turun

Memasuki putaran kelima, hujan mulai mengguyur tubuh para pelari. Agus Prayogo masih memimpin di barisan terdepan. Semakin banyak pelari yang mengambil air minum di pos air atau water station. Kondisi hujan ini mesti butuh antisipasi dari para pelari.  

(KOMPAS/NINO CUTRA ANUGRAHANTO) 

Perang Bintang

Ajang Elite Race Borobudur Marathon 2021 bisa disebut sebagai perang bintang. Di nomor pria, tampil peraih medali emas PON XX Papua Agus Prayogo yang saat itu mencatatkan waktu 2 jam 33 menit dan 9 detik. Ia akan bersaing salah satunya dengan Betmen Manurung, juara Elite Race Borobudur Marathon 2020. 

Sementara pada kategori putri bertarung Odekta Naibaho, peraih tiga medali emas PON Papua. Ia menjadi yang terbaik pada nomor 5.000 meter, 10.000 meter, dan maraton. Odekta akan bersaing ketat dengan Triyaningsih, pengoleksi 11 medali emas SEA Games. Triyaningsih dijuluki ratu lari jarak jauh Asia Tenggara. (GRE)   

Siti Atikoh Ganjar Memberi Semangat

Istri Gubernur Jawa Tengah Siti Atikoh turut melakukan cheering atau memberikan semangat bagi para pelari elite race. Atikoh juga akan turut memberikan tambahan hadiah sebesar Rp 10 juta bagi pelari yang berhasil memecahkan rekor nasional. Secara keseluruhan, pelari yang berhasil memecahkan rekor nasional akan mendapat hadiah tambahan sebesar Rp 85 juta dari para tokoh yang melepas Elite Race Borobudur Marathon 2021. 

 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI)

(KOMPAS/KRISTI UTAMI) 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI)

Satu Pelari Masuk Tenda Medis

Elishar Gamasi, peserta elite pria, masuk ke tenda medis karena mengalami masalah pada kakinya. Di tenda medis, kaki sebelah kirinya dikompres. Masalah itu dialaminya memasuki putaran ketiga. Jarak setiap lap dalam Elite Race Borobudur Marathon sejauh 3,5 kilometer. Pelari mesti merampungkan 12 putaran.   

(Kompas/Nino Citra Anugrahanto)

 

Peraih Emas PON Papua Memimpin

KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA

Pelari DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (30) memimpin kategori pelari elite perempuan di Borobudur Marathon powered by Bank Jateng. Peraih medali emas PON Papua 2021 tersebut cukup jauh meninggalkan 15 pelari pesaingnya. Peraih podium pertama nomor putra dan putri Elite Race Borobudur Marathon tahun ini akan diganjar hadiah uang tunai masing-masing Rp 40 juta. (IGA)

"Cheering" Peserta Tilik Candi

Para peserta Tilik Candi Borobudur Marathon 2021, melakukan cheering atau memberikan semangat kepada para pelari elite race yang melintas di dekat titik finis. Sebanyak 128 orang pelari umum akan berlari dalam Bank Jateng Tilik Candi, Minggu (28/11/2021). Mereka memenangi undian atau ballot dari lebih dari 1.000 orang pendaftar. (XTI) 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI) 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI) 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI) 

Air Minum Khusus untuk Setiap Pelari

Para pelari pria mulai memasuki lap ketiga. Agus Prayogo masih memimpin. Pelari lainnya sudah mulai mengambil air di pos air minum. Salah satunya adalah Rudi Febriade. Dalam ajang ini, panitia menyediakan pos minum khusus untuk masing-masing pelari. Hal ini sebagai upaya protokol kesehatan di masa pandemi. 

(Kompas/Nino Citra Anugrahanto)

Adu Cepat Dua Ratu Lari

Pelari elite putri memulai start sekitar pukul 05.15. Odekta Naibaho langsung ambil langkah cepat meninggalkan pelari lainnya sejak awal. Odekta meraih tiga medali emas dalam PON XX 2021 di Papua. Odekta yang dalam PON Papua mewakili kontingen DKI Jakarta saat itu mencatatkan waktu 2 jam 48 menit dan 46 detik. Ia unggul 10 menit dari Trityaningsih yang menyabet medali perak dengan waktu 2 jam 58 menit dan 56 detik. 

KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

 

Pelari Elite Putra Lampaui Lap Pertama

Para pelari elite putra dalam Borobudur Marathon 2021 sudah melewati putaran pertama. Peraih emas PON Papua, Agus Prayogo masih memimpin di paling depan. Putaran pertama diselesaikan dalam waktu sekitar 10 menit sejak start. Mereka mesti menempuh 12 kali putaran atau loop memutari kompleks Candi Borobudur untuk menyelesaikan rute maraton 42,195 kilometer.  

KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO

Start Pelari Elite Wanita

(KOMPAS/SUTTA DHARMASAPUTRA)

Ganjar Pranowo Tambah Hadiah Spontan

Secara spontan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen memberi tambahan hadiah Rp 20 juta bagi atlet yang memecahkan rekor nasional ketika ditanya pembawa acara Tomi Prabowo sebelum melepas start pelari elite wanita Borobudur Marathon 2021. Inisiatif Ganjar pun diikuti lainnya sehingga terkumpul Rp 85 juta. (SUT)

Agus Prayogo Memimpin

KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA

Pelari elite pria Borobudur Marathon 2021 memasuki kilometer 3. Peraih medali emas nomor maraton Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, Agus Prayogo, berada di urutan terdepan. Ia bersaing ketat dengan pemenang Borobudur Marathon edisi tahun lalu Betmen Manurung. (IGA)

Lomba Dimulai

Borobudur Marathon 2021 sudah dimulai dengan berangkatnya pelari elite pria. Betmen Manurung, juara tahun lalu, untuk sementara masih memimpin di posisi terdepan. 

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

Pelari elite perempuan

(KOMPAS/REGINARUKMORINI)

Sejumlah petugas membersihkan jalan sekitar titik start Elite Race Borobudur Marathon 2021. Sementara itu, sejumlah pelari wanita mulai bersiap di titik start untuk dilepas. Sebelumnya, sudah dilepas untuk berlomba, sebanyak 28 pelari elite pria. Ajang ini diikuti sejumlah ratu lari jarak jauh seperti Triyaningsih, Odekta Naibaho, dan Pretty Sihite. (EGI)

Persiapan pelari elite wanita

Sebanyak 16 pelari elite wanita Borobudur Marathon 2021 bersiap memulai perlombaan. Para pelari menunggu waktu flag off sembari melakukan pemanasan. Tahun lalu, Pretty Sihite asal Sumatera Utara menjadi yang tercepat dalam Borobudur Marathon 2020. Ajang ini juga diikuti Odekta Naibaho, peraih tiga medali emas nomor lari dalam PON Papua. (XTI)

 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI) 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI)

Start Pelari Elite Pria

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas pelari elite pria Borobudur Marathon 2021 di garis start. Ajang Borobudur Marathon 2021 digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. (KOMPAS/SUTTA DHARMASAPUTRA)

Tempat Air Minum Pelari Elite

Lokasi pengambilan air minum bagi pelari elite sudah siap untuk lomba "Borobudur Marathon 2021", di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lomba akan dimulai dari pelari putra. Juara tahun lalu, Betmen Manurung, akan memulai start lebih dahulu.

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

Bersiap Melepas Atlet Elite

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Dirut Bank Jateng Supriyatno, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, dan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo bersiap melepas para atlet berlaga dalam Borobudur Marathon. (KOMPAS/SUTTA DHARMASAPUTRA)

Persiapan Flag Off

Para pelari bersiap memulai Elite Race Borobudur Marathon powered by Bank Jateng di Kawasan Candi Borobudur, Magelang. Sementara itu, sejumlah tokoh seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chin An juga terlihat bersiap melepas para pelari. (XTI)

 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI)

 

(KOMPAS/KRISTI UTAMI) 

Persiapan Start

Para pelari elite putra melakukan pemanasan jelang start Borobudur Marathon 2021 di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang 

(Kompas/Iwan Setiyawan)

 

 

Peregangan

Suasana di garis start Borobudur Marathon powered by Bank Jateng, Sabtu (27/11/2021). Para pelari elite sudah memasuki coral masing-masing. Mereka melakukan peregangam sembari menunggu flag off. (KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA)

Pemanasan Elite Race

Sejumlah pelari pria Elite Race Borobudur Marathon 2021 mulai melakukan pemanasan di dekat garis start di Taman Lumbini Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Sebanyak 26 pelari pria Borobudur Marathon Elite Race akan memulai start tepat pukul 05.00. (KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

Garis Start

Pelari elite pria Borobudur Marathon 2021 powered by Bank Jateng sudah bersiap di garis start, Sabtu pagi. Pemenang Borobudur Marathon 2020, Betmen Manurung, mendapat kehormatan untuk start terdepan. (KOMPAS/I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA)

Persiapan Elite Race

 

Sejumlah pelari Elite Race Borobudur Marathon 2021 mulai berdatangan mendekati garis start di Taman Lumbini Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tampak di antaranya Betmen Manurung, juara Elite Race Borobudur Marathon 2020. (KOMPAS/REGINA RUKMORINI)

Atlet Elite Bersiap

Sejumlah atlet mulai bersiap-siap sebelum mengikuti Elite Race Boroburur Marathon 2021, di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (27/11/2021). Lomba itu diikuti sejumlah atlet nasional seperti Agus Prayogo yang meraih tiga medali emas dalam PON 2021. 

(KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO)

Jelang Lomba

(

Pelari elite Borobudur Marathon powered by Bank Jateng mempersiapkan diri menjelang lomba pada Sabtu (27/11/2021), di Taman Lumbini, Komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Selain meregangkan otot, mereka juga menyempatkan diri untuk berdoa. (I GUSTI AGUNG BAGUS ANGGA PUTRA)

Persiapan Elite Race

 

 

Petugas mulai menyiapkan pelaksanaan lomba di titik start Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng di area Taman Lumbini Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (27/11/2021). Lomba pertama yang akan dilangsungkan adalah nomor lari elite putra yang diikuti 28 pelari.

(Kompas/Ferganata Indra Riatmoko)

Menuju Borobudur Marathon 2021

Persiapan menuju Borobudur Marathon 2021 sudah digelar sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya lari lima kilometer dengan tema Menyapa Jateng yang digelar, Sabtu (19/10/2021) di Banaran, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Lari bersama itu digelar sebagai persiapan menuju Borobudur Marathon 2021, yang akan digelar pada 27-28 November 2021. (KOMPAS/ P RADITYA MAHENDRA YASA)

Buku Borobudur Marathon

Buku Borobudur Marathon diluncurkan di Magelang. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

 

Sebuah buku berjudul "Borobudur Marathon Mewarnai Zaman" diluncurkan, Jumat (26/11/2021) atau sehari sebelum digelarnya Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng 2021. Buku tersebut mendokumentasikan kerja dari banyak pihak dalam menyelenggarakan sebuah ajang lari bergengsi yang diharapkan bisa mewarnai sejarah. (XTI)

Reportase Langsung

Elite Race Borobudur Marathon 2021 digelar di area Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (27/11/2021). Kompas.id akan melakukan reportase langsung mulai pukul 04.30. Ikuti laporan keseruan ajang ini hanya di Kompas.id.