Reportase langsungBorobudur Marathon 2020

Borobudur Marathon 2020

. Pos terakhir
Borobudur Marathon 2020 yang digelar dengan format berbeda karena pandemi Covid-19. Hanya ada 26 pelari elite yang berlomba di Borobudur. Peserta lainnya mengikuti ajang ini secara virtual.
Rangkuman
.
Borobudur Marathon 2020
.
Sejumlah Pelari Virtual Sukses Mencapai Target Jarak di GBK
.
Tiga juara maraton
.
Tiga perempuan tercepat
.
Anjellika ambruk
.
Pelari Virtual Berupaya Mengejar Rekor Baru
.
Anjellika Ambruk
.
Antusiasme Pelari Virtual
.
Pretty Sihite Juara di Kesempatan Pertama
.
Finisher kedua
.
Pretty Sihite Finish Pertama Kelompok Putri
.
Robi finis penuh perjuangan
.
Pelari Finish Borobudur Marathon 2019
.
Berjuang Keras Menjaga Ritme Lari Virtual
.
Protokol Kesehatan Ketat
.
Semangat Pelari Virtual di GBK
.
Tanjakan Bukit Dagi
.
Pelari tuan rumah berhasil finis
.
Juni Ramayani Sempat Terhenti
.
Robi lepas sepatu
.
Finish
.
Betmen finis pertama tapi tidak pecahkan PB
.
Robi lepas sepatu
.
Robi lepas sepatu
.
Finish
.
Dorongan Semangat dari Bhabinkamtibmas
.
Peserta Lari Virtual Mengelilingi Gelora Bung Karno
.
Ranto Tidak Lanjutkan Lari
.
Borobudur 10K Tahun 1991
.
Pelari di SCBD, Jakarta
.
Nurshodiq hampir menyerah
.
Lomba Perdana Tahun 1990
.
Betmen Pimpin di Putaran ke-11
.
Lomba Perdana Tahun 1990
.
Irma dan Pretty saling salip
.
Persiapan Pelari Virtual
.
Pendukung Buatan
.
Lari
.
Betmen dan Robi memimpin
.
Penyegaran untuk Pelari
.
Pelari sempatkan diri ganti sepatu
.
Suasana Borobudur Marathon Tahun Lalu
.
Betmen salip Robi jelang putaran 10
.
Robi dan Betmen bersaing ketat
.
Mengelilingi Bukit Dagi
.
Tiansi ambil alih pimpinan rombongan putri
.
Warga terus berdatangan intip lomba dari luar pagar
.
Anjellika tak pernah menyerah
.
Petugas Medis Siaga
.
Welman merosot ke rombongan tengah
.
Robi Sianturi ambil alih pimpinan
.
Botol khusus
.
Warga intip lomba dari luar pagar
.
Suasana di Kawasan SCBD, Jakarta
.
Pelari putra berlari dengan iringan dukungan virtual
.
Pelari putri berlari dengan iringan dukungan virtual
.
Pelari Putri Saling Susul
.
Dukungan Virtual untuk Pelari
.
Persiapan Pelari Virtual Borobudur Marathon 2020
.
Marshall Lomba Dampingi Pelari dengan Bersepeda
.
Rombongan Besar Putri Tertinggal Jauh dari Juni Ramayani
.
Juni Ramayani Memimpin di Kategori Putri
.
Pemandangan Borobudur di Sekitar Garis Finish
.
Pelari Melintas dengan Latar Belakang Candi Borobudur
.
Juara Bertahan Masih Tertinggal
.
Welman D Pasaribu Pimpin Rombongan
.
Asma Bara Tertinggal
.
Pelari Putra Memasuki Satu Putaran Pertama
.
Pelari Putri Memulai Start
.
Women's Category Bersiap Dilepas
.
Pengecekan Protokol Kesehatan yang Ketat di Area Lomba
.
Start di Taman Lumbini
.
Sejarah Tercipta di Indonesia
.
Flag Off men's Marathon Elite Race
.
Berdoa Sebelum Berlomba
.
Para Pelari Berlomba dengan Mengenakan Masker
.
Pelari Melakukan Pemanasan
.
Pelari Bersiap Start
.
Pelari Meregangkan Otot
.
Pelari Borobudur Marathon 2020 Pencetak Sejarah
.
Pelari Elite Race Memasuki Jalur Khusus
.
Persiapan Start
.
Pesan dari Pemprov Jawa Tengah
.
Borobudur Marathon 2020 Dibuka dengan Indonesia Raya
Borobudur Marathon 2020

Elite Race Borobudur Marathon 2020 yang digelar di Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah telah rampung. Semoga lomba marathon yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini bisa menjadi momentum kebangkitan. Demikian reportase langsung ekslusif di Kompas.id. Berita selengkapnya bisa diikuti di Kompas.id sepanjang hari ini dan Kompas Cetak esok pagi.

Sejumlah Pelari Virtual Sukses Mencapai Target Jarak di GBK

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Menjelang Minggu (15/11/2020) siang, sejumlah pelari virtual berhasil mencapai target jarak mereka. Gungun Heryanto (44), pelari Half Marathon, menyelesaikan targetnya dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit. Untuk mencapai target, dia benar-benar menjaga ritme lari dan stamina agar tidak kendur di sekitar area Gelora Bung Karno, Jakarta.

Yogi Irawanto (56), pelari Half Marathon (HM), menyelesaikan targetnya dalam kurun waktu yang sama pada pukul 09.30 pagi ini. Bagi dia, butuh komitmen tinggi untuk menyelesaikan target jarak yang telah dipilih. (DIV)

Tiga juara maraton

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Betmen Manurung menjadi juara Men's Category Elite Race Borobudur Marathon 2020. Podium kedua diraih Suwandi dan juara ketiga Hamdan Sayuti. Mereka berhak atas medali dan uang tunai berturut-turut Rp 40 juta, Rp 30 juta, dan Rp 20 juta. (GRE)

Tiga perempuan tercepat

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Pretty Sihite menjadi yang tercepat dalam Women's Category Elite Race Borobudur Marathon 2020 si Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Juara kedua diraih Irma Handayani sedangkan podium ketiga dicapai Oliva Sadi. (GRE)

Anjellika ambruk

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Anjellika BR Ginting, pelari Women's Category Elite Race Borobudur Marathon 2020 ambruk karena cedera. Ia ditandu tim medis menuju ruang atlet. (GRE)

Pelari Virtual Berupaya Mengejar Rekor Baru

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Borobudur Marathon menjadi ajang mengejar target rekor baru bagi para pelari virtual. Sejumlah peserta lari virtual di Gelora Bung Karno, Jakarta, berupaya mengejar target rekor baru, baik dari waktu tempuh maupun target jarak.

Indira Mahardika (26), misalnya, memanfaatkan ajang lari virtual untuk mencoba kategori jarak Full Marathon secara perdana. Hari ini, Minggu (15/11/2020), dia berencana mencicil target jarak itu dalam waktu tiga hari. "Saya enggak telalu muluk-muluk, yang penting bisa selesaikan target jarak baru. Mumpung virtual," ungkapnya.

Auliyulloh (24) juga secara perdana mencoba kategori jarak Half Marathon di Borobudur Marathon. Dia mengejar target waktu selama 2 jam 30 menit. (DIV)

Anjellika Ambruk

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Anjellika BR Ginting, salah satu pelari kategori Women's Marathon Category Elite Race Borobudur Marathon 2020 ambruk. Ia langsung ditandu tim medis menuju ruang singgah atlet. (GRE)

 

Antusiasme Pelari Virtual

(ARSIP PRIBADI)

Peserta Borobudur Marathon 2020 Virtual Challenge kategori maraton penuh, Kankan Iskandar (atas), berlari di Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (15/11/2020). Ia memutuskan untuk berlari sepanjang 23 kilometer hari ini. Ia akan menyelesaikan 17 kilometer yang tersisa di kemudian hari.

Adapun peserta maraton penuh lainnya dari Magelang, Ari Sulistiyono (bawah), mulai masuk ke Kilometer 27 di rute yang ia tentukan sendiri. Mulai di Kilometer 27 ini, ia mengikuti tanda biru yang ada di jalan raya bekas rute Borobudur Marathon 2019. (SKA)

Pretty Sihite Juara di Kesempatan Pertama

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Pretty Sihite berhasil finis pertama maraton putri Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Itu capaian luar biasa untuk Pretty yang baru kali ini terjun di nomor maraton setelah sebelumnya spesialisasi 3.000 meter halang rintang dan lari 10.000 meter. Lebih-lebih, pelari pelatnas atletik asal Sumatera Utara itu berhasil menaklulan pelari senior Irma Handayani yang kali ini harus puas di peringkat kedua. (DRI)

Finisher kedua

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Irma Handayani, menjadi finisher kedua kategori pelari putri Elite Race Borobudur Marathon di Taman Wisata Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020) (REG)

Pretty Sihite Finish Pertama Kelompok Putri

KOMPAS/REGINA RUKMORINI 

Pretty Sihite menjadi finisher pelari putri pertama dalam Elite Race Borobudur Marathon 2020 di Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020)

Robi finis penuh perjuangan

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Robi Sianturi berhasil finis penuh perjuangan dengan mencapai urutan kesembilan di Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Robi sempat mempin hingga putaran kesepuluh. Namun, kemudian, dia mengalami cedera lecet kaki yang memaksanya melepas sepatu di dua putaran terakhir.

Akan tetapi, upaya itu tak banyak berarti. Dirinya terus melorot hingga di urutan kesembilan dengan waktu di atas 3 jam atau jauh dari personal bestnya 2 jam 37 menit 9 detik. Bahkan, sehabis finis, Robi langsung ditandu ke ruang medis. (DRI)

Pelari Finish Borobudur Marathon 2019

KOMPAS/DANU KUSWORO

Arsip foto  Borobudur Marathon 2019. Peserta  yang finish disambut penari Komunitas Lima Gunung di garis finish di Candi Pawon, Magelang. Sedangkan saat ini lomba digelar dengan situasi pandemi di mana tidak ada kerumunan massa di sepajang lintasan. (FAJ)

Berjuang Keras Menjaga Ritme Lari Virtual

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Sejumlah peserta ajang Borobudur Marathon di Jakarta menghadapi kesulitan menjaga ritme saat lari virtual. Gungun Heryanto (44), pelari Half Marathon, kerap terbawa kesantaian suasana saat menempuh rute di Gelora Bung Karno. Dia berusaha keras menjaga ritme lari agar tidak kendor.

Auliyulloh (24), pelari kategori serupa, mengakui suasana lari virtual sangat berbeda dengan lintasan dari panitia. Tidak adanya euforia sesama pelari di lintasan kerap membikin semangat agak kendor. "Tantangan untuk menjaga ritme ini sangat sulit saat lari virtual," ujarnya. (DIV)

Protokol Kesehatan Ketat

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Penyelenggaraan Elite Race Borobudur Marathon 2020 di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020) dilangsungkan dengan protokol kesehatan sangat ketat. Berbagai fasilitas khusus sengaja diadakan untuk mendukung kegiatan agar terhindar dari penularan Covid-19. 

Beberapa di antaranya seperti pembuatan wastafel mekanik yang memungkinkan pengguna tak perlu menyentuh keran maupun tempat sabun. Seluruh panitia juga wajin menggunakan masker. (GRE)

 

Semangat Pelari Virtual di GBK

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Para pelari virtual Borobudur Marathon berupaya keras menjaga semangat dan ritme lari dalam berbagai kondisi lintasan. Semangat ini pula yang dipertahankan oleh Yogi Irawanto (56). Peserta lari kategori Half Marathon (HM) ini berupaya menyelesaikan total target jarak pada hari ini. Di tengah hiruk-pikuk warga yang berolahraga di Gelora Bung Karno, dia tetap konsisten menjalankan rutenya sendiri.

Siska Saskia (53), istri Yogi, juga menjalani rute relatif sama dengan target jarak 10 kilometer (10K). "Kami menyelesaikan target rute masing-masing, semoga bisa selesai pada hari ini," jelas Siska. (DIV)

Tanjakan Bukit Dagi

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Meskipun tidak terlalu curam, tanjakan menuju Bukit Dagi menjadi salah satu tantangan pelari pada Elite Race Borobudur Marathon 2020. Sejumlah tenaga kesehatan bersiaga di tanjakan tersebut. (DIT)

Pelari tuan rumah berhasil finis

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Pelari tuan rumah, Nugroho, berhasil finis dengan penuh perjuangan, Minggu (15/11/2020). Nugroho tidak masuk lima besar Borobudur Marathon 2020. Keberhasilan menyelesaikan lomba kali ini merupakan capaian luar biasa untuk Nugroho karena ia baru pertama kali turun di nomor marathon. Dia bahkan harus ditandu petugas kesehatan setelah melewati garis finis. (DRI)

Juni Ramayani Sempat Terhenti

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 asal Sumatera Barat, Juni Ramayani mendapat perawatan di tanjakan menuju Bukit Dagi karena kakinya lecet dan sedikit keram. Namun, ia tetap mencoba melanjutkan agar setidaknya bisa finis. (DIT)

Robi lepas sepatu

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Robi Siyanturi, pelari Men's Category Elite Race Borobudur Marathon 2020, melepas sepatu memasuki dua lap terakhir karena cedera. (GRE)

 

Finish

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Sayuti, menjadi finisher ketiga Elite Race Borobudur Marathon 2020, Minggu (15/11/2020). Sayuti menyelesaikan rute marathon dengan catatan waktu 2 jam 45 menit. (EGI)

Betmen finis pertama tapi tidak pecahkan PB

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Betmen Manurung berhasil finis pertama tetapi tidak memecahkan personal best (PB/catatan waktu terbaik pribadi) di Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Betmen finis dengan waktu 2 jam 42 menit 27 detik, sedangkan PB-nya adalah 2 jam 42 menit. (DRI)

Robi lepas sepatu

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Robi Siyanturi menyelesaikan lap terakhir Mens Category Elite Race Borobudur Marathon 2020, Minggu (15/11/2020) tanpa sepatu. Ia mengalami cedera pada dua lap terakhir. (GRE)

Robi lepas sepatu

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Salah satu pelari putra, Robi Siyanturi, melepas sepatu di tengah perlombaan karena agak mengalami masalah di kakinya. (GRE)

Finish

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Suwandi, pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020, melintasi Taman Lumbini, Minggu (15/11/2020). Suwandi adalah pelari kedua yang berhasil mencapai garis finish (EGI)

 

 

Dorongan Semangat dari Bhabinkamtibmas

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Aiptu Tumidi Thamiel, bhabinkamtibmas Kecamatan Borobudur, memberi dukungan kepada pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020).

Menurutnya, pelari harus terus diberi semangat. "Mereka butuh dengar suara. Kalau tidak, pasti jenuh karena yang dipikirkan berapa jauh lagi untuk finis. Jadi, kita semangati terus," kata Tumidi.

Tumidi mendukung penyelenggaraan Borobudur Marathon 2020, karena merupakan ajang yang ditunggu-tunggu. Tak cuma bagi pelari, tetapi juga warga Magelang. Namun, ia pun setuju, di tengah pandemi Covid-19, kesehatan dan protokol kesehatan harus tetap yang utama.

 

Menurutnya, total ada sekitar 40 personel polisi yang bertugas di dalam area kompleks Candi Borobudur pada Borobudur Marathon 2020. Seluruh petugas sudah dites usap PCR dan hasilnya negatif, sebelum bertugas. (DIT)

Peserta Lari Virtual Mengelilingi Gelora Bung Karno

KOMPAS/ADITYA DIVERANTA

Sejumlah peserta lari virtual Borobudur Marathon mengelilingi Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (15/11/2020) pukul 07.15. Pagi ini, sejumlah pelari virtual mengambil rute berbeda-beda untuk menempuh target jarak sesuai kriteria lomba yang mereka ikuti.

Yogi Irawanto (56), seorang peserta lari, tengah mengejar target jarak untuk Half Marathon (HM) yakni 21 kilometer. Dengan seragam warna kuning menyala dan nomor peserta di dada, Yogi berencana mengejar target jarak hingga pukul 08.00 nanti. (DIV)

Ranto Tidak Lanjutkan Lari

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Ranto, salah seorang pelari putra Elite Race Borobudur Marathon 2020, tampak lelah dan akhirnya memutuskan tidak lagi melanjutkan lari setelah sembilan kali memutari Taman Lumbini, area lari Borobudur Marathon 2020, Minggu (15/11/2020). (EGI)

Borobudur 10K Tahun 1991

Tangkapan Layar/ART

Pelari asal Etiopia Addis Abebe berhasil mempertahankan gelar juara pada Borobudur 10K tahun 1991. Catatan waktu yang dicapai Addis adalah 27 menit 43 detik. Atas prestasinya, Addis memperoleh hadiah 25.000 dollar AS atau sekitar Rp 50 juta kurs waktu itu. Di kategori perempuan, pelari Kenya, Susan Sirma, berhasil menjadi juara. Sirma menorehkan catatan waktu 31 menit 41 detik. Sirma finis 43 detik lebih cepat dibanding Kathrin, juara tahun sebelumnya. (TUTUR VISUAL KOMPAS/ART)

Pelari di SCBD, Jakarta

KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI

Jumlah pelari di kawasan SCBD, Jakarta semakin banyak menjelang pukul 07.00, Minggu (15/11/2020). Beberapa dari mereka berlari dalam kelompok kecil. Sebagian pelari mengenakan masker. Adapun kawasan ini dipilih oleh beberapa peserta Borobudur Marathon 2020 Virtual Challenge sebagai lokasi berlari virtual. (SKA)

Nurshodiq hampir menyerah

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Pelari putra Nurshodiq hampir menyerah ketika mengalami keletihan otot tingkat tinggi menjelang finish lomba Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Namun, berkat dukungan rekan-rekannya, Nurshodiq mencoba bangkit dan kembali berlari. (DRI)

Lomba Perdana Tahun 1990

KOMPAS/AGNES RITA SULISTYAWATY

Pelari asal Etiopia, Addis Abebe, dan pelari putri Jerman Timur Katrin Ullrich menjuarai Borobudur 10-K 1990. Perhelatan lari perdana di kawasan Candi Borobudur ini dilangsungkan pada 11 Februari 1990. (ART)

Betmen Pimpin di Putaran ke-11

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Betmen Manurung berhasil memimpin rombongan putra dan meninggalkan jauh pesaing terdekatnya Robi Sianturi di putaran ke-11 Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Lomba Perdana Tahun 1990

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Lomba lari di sekitar Candi Borobudur, Jawa Tengah, pertama kali diselenggarakan tanggal 11 Februari 1990. Nama Borobudur 10K disematkan di lomba kala itu. Sebagian kalangan menyebut ajang ini sebagai Bob Hasan 10K, sebagai penghargaan atas inisiator lomba yakni Bob Hasan. Bob juga menjadi penyandang dana di lomba kala itu. (ART)

Irma dan Pretty saling salip

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH 

Pelari senior putri Irma Handayani dan pelari muda Pretty Sihite saling salip memperebutkan tempat pertama rombongan putri dalam putaran kesembilan Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Persiapan Pelari Virtual

ARSIP KANKAN ISKANDAR

Pelari dari Tasikmalaya, Jawa Barat, menunjukkan persiapan mengikuti lari virtual Borobudur Marathon 2020 yang dimulai hari ini, Minggu (15/11/2020). Salah satu peserta maraton penuh, Kankan Iskandar (46), sebelumnya mengatakan, ia dan beberapa teman pelari mencetak sendiri bib atau nomor lari digital yang dikirim panitia Borobudur Marathon 2020. Ini untuk menambah semangat walaupun lari dilakukan secara virtual. (SKA)

Pendukung Buatan

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Sejumlah pendukung buatan yang terbuat dari kayu dipasang di salah satu sisi area lomba pada Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). Tak seperti biasanya, di tengah pandemi Covid-19, masyarakat umum tak bisa masuk ke area lomba untuk memberikan dukungan kepada para pelari. (DIT)

Lari

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Sejumlah pelari putra Elite Race Borobudur Marathon 2020 menempuh putaran keenam, Minggu (15/11/2020). (EGI)

Betmen dan Robi memimpin

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Memasuki lap ke-10, Betmen dan Robi memimpin Men's Category Elite Race Borobudur Marathon 2020, Minggu (15/11/2020). Keduanya tampak mempertahankan kecepatan dan berusaha meninggalkan para pesaingnya. (GRE)

 

 

Penyegaran untuk Pelari

 

Pelari melewati water sprinkler atau pemercik air untuk penyegaran pada Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). Fasilitas itu guna mendukung pelari tetap bugar. (DIT)

Pelari sempatkan diri ganti sepatu

 

Pelari Try Sutrisno sempatkan ganti sepatunya yang basah di putaran kesepuluh Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Suasana Borobudur Marathon Tahun Lalu

Dokumentasi Borobudur Marathon.

 

Suasana Borobudur Marathon tahun 2019 yang berbeda dengan ajang tahun ini. Kemeriahan penonton menyemangati pelari terlihat di sepanjang lintasan. Sedangkan saat ini lomba digelar dengan situasi pandemi di mana tidak ada kerumunan massa di sepajang lintasan.(NDY)  

Betmen salip Robi jelang putaran 10

Betmen Manurung berhasil kudeta posisi Robi Sianturi di urutan pertama kategori putra jelang putaran kesepuluh atau dua putaran sebelum finis Borobudur Marathin 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Robi dan Betmen bersaing ketat

 

Robi Sianturi (depan) dan Betmen Manurung bersaing ketat memperebutkan podium pertama jelang empat putaran akhir Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Mengelilingi Bukit Dagi

 

Para pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 mengelilingi Bukit Dagi, di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). Bukit Dagi merupakan salah satu obyek yang dapat dikunjungi para wisatawan di dalam areal candi. Dari lokasi tertinggi di dalam kawasan candi ini, pengunjung dapat menikmati panorama pegunungan Menoreh dan kemegahan bangunan Candi Borobudur. (GRE)

 

Tiansi ambil alih pimpinan rombongan putri

 

Secara tiba-tiba, pelari muda Dwi Tiansi Anggraini berhasil pimpin rombongan pelari putri di pertengahan lomba Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Setelah selalu mempimpin lomba sejak awal perlombaan, pelari senior Juni Ramayani justru tersusul Tiansi di pertengahan lomba. Namun, keduanya masih unggul cukup jauh dari rombongan besar pelari putri. (DRI)

Warga terus berdatangan intip lomba dari luar pagar

 

Warga terua berdatangan intip lomba Borobudur Marathon 2020 dari luar pagar kompleks Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Walau lomba menerapkan protokol kesehatan ketata dan melarang warga hadir, warga tetap berusaha menyaksikan lomba dari luar pagar. Bahkan, mereka mencoba merekam aksi para pelari menggunakan ponsel. (DRI)

Anjellika tak pernah menyerah

 

Pelari putri asal Sumatera Utara Anjellika Boru Ginting terus berusaha melalui tiap putaran lomba walau selalu di urutan buncit sejak awal dimulai perlombaan Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Dengan napas terengah-engah dan langkah kaki yang sedikit gontai, Anjellika tetap tidak mau menyerah dalam lomba. Dia terus melangkahkan kaki untuk berlari berlahan walau dari awal sampai pertengahan lomba selalu di posisi buncit dan tertinggal jauh dari rombongan besar pelari putri. (DRI)

Petugas Medis Siaga

 

Sejumlah petugas medis bersiaga dan sesekali ikut menyemangati pelari pada Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). Kesiagaan petugas medis untuk mengantisipasi apabila ada gangguan kesehatan pada pelari. (DIT)

Welman merosot ke rombongan tengah

 

Mantan pelari pelatnas atletik asal Sumatera Utara Welman D Pasaribu yang sempat pimpin rombongan putra di awal lari mulai melorot ke rombongan tengah di pertengahan perlombaan Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Robi Sianturi ambil alih pimpinan

 

Pelari muda asal Bangka Belitung sekaligus anggota pelatnas atletik Robi Sianturi berhasil ambil alih pimpinan rombongan putra Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Botol khusus

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, botol khusus (special bottle) kini disediakan bagi para pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng, di samping air mineral, isotonik, dan pisang. Setiap pelari diberi 7 botol dan isinya dapat disesuaikan dengan minuman pilihannya masing-masing. (DIT)

 

Warga intip lomba dari luar pagar

Warga masih menaruh antusias tinggi terhadap Borobudur Marathon 2020 yang digelar di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Terbukti, walau perlombaan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat dan streil dari penonton di sekitar lintasannya, ternyata masih ada warga yang coba menyaksikan dari kejauhan dari luar pagar kompleks candi buddha terbesar di dunia itu. (DRI)

Suasana di Kawasan SCBD, Jakarta

(KOMPAS/SEKAR GANDHAWANGI)

 

Kawasan SCBD, Jakarta dijadikan tempat berolahraga lari bagi sejumlah warga, Minggu (15/11/2020). Sebelumnya, beberapa peserta Borobudur Marathon 2020 Virtual Challenge mengatakan hendak menjadikan kawasan ini sebagai rute berlari virtual. (SKA)

Pelari putra berlari dengan iringan dukungan virtual

Para pelari putra berlomba dengan iringan dukungan virtual dalam Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Karena berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, lomba kali ini tidak dihadiri warga yang biasanya datang untuk memberi dukungan. Agar kejuaraan tak sepi, panitia mengganti dukungan warga dengan rekaman video bagaimana warga dulu sering memberikan suara-suara semangat untuk para pelari. Adapun pelari jarak jauh butuh suara dukungan dari pinggir lintasan guna menghilangkan jenuh dan kembali menumbuhkan motivasi untuk menuntaskan lomba yang berjarak 42,195 kilometer tersebut. (KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH)

Pelari putri berlari dengan iringan dukungan virtual

 

Para pelari putri berlomba dengan iringan dukungan virtual dalam Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Karena berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, lomba kali ini tidak dihadiri warga yang biasanya datang untuk memberi dukungan. Agar kejuaraan tak sepi, panitia mengganti dukungan warga dengan rekaman video bagaimana warga dulu sering memberikan suara-suara semangat untuk para pelari. Adapun pelari jarak jauh butuh suara dukungan dari pinggir lintasan guna menghilangkan jenuh dan kembali menumbuhkan motivasi untuk menuntaskan lomba yang berjarak 42,195 kilometer tersebut. (KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH)

Pelari Putri Saling Susul

KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO

Pelari putri Women's Category Elite Race Borobudur Marathon 2020, Minggu (15/11/2020) masih saling susul memasuki lap kedua. Irma Handayani, salah satu pelari unggulan berada di rombongan tengah. (GRE)

Dukungan Virtual untuk Pelari

Dukungan langsung masyarakat berganti dengan dukungan virtual via rekaman video suara sorak sorai dukungan warga untuk pelari Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Karena berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, lomba kali ini tidak dihadiri warga yang biasanya datang untuk memberi dukungan.

Agar kejuaraan tak sepi, panitia mengganti dukungan warga dengan rekaman video bagaimana warga dulu sering memberikan suara-suara semangat untuk para pelari. Adapun pelari jarak jauh butuh suara dukungan dari pinggir lintasan guna menghilangkan jenuh dan kembali menumbuhkan motivasi untuk menuntaskan lomba yang berjarak 42,195 kilometer tersebut. (DRI)

Persiapan Pelari Virtual Borobudur Marathon 2020

ARSIP PRIBADI ARI SULISTIYONO

Peserta Borobudur Marathon 2020 Virtual Challenge di Magelang, Ari Sulistiyono (39), menunjulkan persiapan menempuh maraton penuh yang akan ia jalani secara virtual pagi ini, Minggu (15/11/2020). Sebelumnya, Ia berencana berlari melewati rute yang lebih kurang sama dengan rute Borobudur Marathon 2019. (SKA)

 

Marshall Lomba Dampingi Pelari dengan Bersepeda

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Seorang marshall melintas mendampingi para pelari dengan bersepeda dalam Elite Race Borobudur Marathon 2020 di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). (EGI)

 

Rombongan Besar Putri Tertinggal Jauh dari Juni Ramayani

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Rombongan besar pelari putri tertinggal jauh dari Juni Ramayani dalam putaran ketiga Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Ini hasil sementara yang diluar dugaan karena prestasi terbaik Juni di ajang tahunan ini hanya peringkat keempat pada tahun lalu. (DRI)

Juni Ramayani Memimpin di Kategori Putri

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Juni Ramayani meninggalkan jauh rombongan pelari putri Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Pemandangan Borobudur di Sekitar Garis Finish

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Pemandangan Candi Borobudur tampak di sekitar garis finish Elite Race Borobudur Marathon 2020 di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (EGI)

Pelari Melintas dengan Latar Belakang Candi Borobudur

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Seorang pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 melintas dengan latar belakang pemandangan Candi Borobudur di sampingnya, Minggu (15/11/2020). (EGI)

 

Juara Bertahan Masih Tertinggal

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Pelari juara bertahan Borobudur Marathon 2019 Asma Bara justru masih tertinggal dari rombongan besar pelari putra Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Welman D Pasaribu Pimpin Rombongan

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Welman D Pasaribu memimpin rombongan pelari putra memasuki putaran ketiga Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Welman merupakan mantan atlet pelatnas. Dia sempat ikut berlaga di SEA Games 2019 Filipina. (DRI)

Asma Bara Tertinggal

Memasuki lap kedua, pelari unggulan Asma Bara masih tertinggal di belakang. Ia merupakan juara bertahan kategori maraton Borobudur Marathon 2019. Dalam Elite Race Borobudur Marathon 2020, pelari akan menempuh 12 lap sepanjang sekitar 42 kilometer. (GRE)

 

Pelari Putra Memasuki Satu Putaran Pertama

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Pelari putra memasuki satu putaran pertama Borobudur Marathon 2020, Minggu (15/11/2020). Sejauh ini, mereka masih dalam satu rombongan besar atau belum terpisah-pisah. (DRI)

Pelari Putri Memulai Start

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Sembilan pelari putri memulai start lomba Borobudur Marathon 2020 dari Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Women's Category Bersiap Dilepas

Sebanyak sembilan atlet perempuan mengikuti Women's Category Elite Race Borobudur Marathon 2020 di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur 2020, Minggu (15/11/2020). Di antara mereka ada nama Irma Handayani dan Oliva Sadi. (GRE)

Pengecekan Protokol Kesehatan yang Ketat di Area Lomba

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Sejumlah panitia, media, kru, dan VIP, dan pihak-pihak lainnya yang masuk ke area lomba Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng dipastikan negatif Covid-19. Sebelum masuk pengecekan dilakukan secara ketat, termasuk pengecekan suhu tubuh. Akses masuk mereka juga berbeda dengan para atlet. (DIT) 

Start di Taman Lumbini

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Peserta Elite Race Borobudur Marathon kategori pria, melaju memulai start di Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Borobudur, Minggu (15/11/2020) mulai pukul 05.00. (EGI)

Sejarah Tercipta di Indonesia

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam pelepasan Elite Race Borobudur Marathon 2020, Minggu (15/11/2020) menyatakan, sebanyak 26 atlet yang ikut serta telah mencetak sejarah dalam dunia olahraga nasional. Ajang ini menjadi maraton pertama di Indonesia yang digelar di masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya, ajang maraton dunia yang diadakan selama pandemi hanya London Marathon. Ajang Elite Race Borobudur Marathon 2020 diselenggarakan dalam protokol kesehatan yang sangat ketat. (GRE)

Flag Off men's Marathon Elite Race

Men's Marathon Elite Race Borobudur Marathon 2020 dilepas secara resmi oleh Sekretaris Provinsi Jawa Tengan Prasetyo Aribowo, Direktur Bisnis Korporasi dan Komersialisasi Bank Jateng Pujiono, dan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo. Ikut melepas secara virtual Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Sebanyak 17 pelari dilepas tepat pukul 05.00. (GRE)

Berdoa Sebelum Berlomba

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Pelari berdoa dengan kepercayaan masing-masing sebelum start Borobudur Marathon 2020 dari Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Para Pelari Berlomba dengan Mengenakan Masker

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Para pelari akan melakukan lomba dengan menggunakan masker dalam Borobudur Marathon 2020 yang start di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Lomba kali ini menerapkan protokol kesehatan ketat untuk antisipasi penyebaran Covid-19. (DRI)

Pelari Melakukan Pemanasan

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Para pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng melakukan pemanasan di area lomba, di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020), sekitar pukul 04.30. Lomba akan dimulai beberapa saat lagi, didahului para pelari putra. (DIT)

Pelari Bersiap Start

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Sebanyak 17 pelari putra dab 9 pelari putri bersiap melakukan start Borobudur Marathon 2020 di Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). (DRI)

Pelari Meregangkan Otot

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Para pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng meregangkan otot di tenda atlet di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020), sekitar pukul 03.40. Termasuk di antaranya pelari putra, Suwandi asal Nusa Tenggara Barat. (DIT)

 

Pelari Borobudur Marathon 2020 Pencetak Sejarah

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Perwakilan Harian Kompas Budiman Tanuredjo memberikan pesan sebelum start dari Candi Borobudur, Minggu (15/11/2020). Menurut Budiman, para peserta yang terdiri dari 17 atlet putra dan 9 atlet putri merupakan calon pencetak sejarah. Karena, ini ajang maraton pertama di Indonesia yang pertama digelar dalam masa pandemi Covid-19. Mereka tak kalah dengan pelari elite dunia yang berlari di London Marathon 2020 pada 4 Oktober lalu atau saat masih pandemi. Para pelari diingatkan tetap memperhatikan kondisi diri. Kesehatan dan keselamatan tetap yang utama.  (DRI)

Pelari Elite Race Memasuki Jalur Khusus

KOMPAS/ADITYA PUTRA PERDANA

Sejumlah pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020 Powered by Bank Jateng memasuki area lomba melalui jalur khusus, di kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). Jalur itu berbeda dengan pihak-pihak lain. (DIT)

Persiapan Start

KOMPAS/REGINA RUKMORINI

Persiapan start- Artis Rio Febrian menyanyi kagu Indonesia Raya, sesaat sebelum dimulainya start Elite Race Borobudur Marathon 2020 di Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur  Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). (EGI)

Pesan dari Pemprov Jawa Tengah

KOMPS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Perwakilan Pemprov Jawa Tengah Pujiono (paling kanan) memberikan pesan kepada para pelari sebelum start dari Candi Borobudur, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). Dia meminta agar para pelari tampil dengan maksimal dan terus menjaga kesehatan. (DRI)

 

Borobudur Marathon 2020 Dibuka dengan Indonesia Raya

KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH

Semua peserta dan panitia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum start Borobudur Marathon 2020 dimulai dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020) pukul 04.43. (DRI)