logo Kompas.id
Politik & HukumGanjar CFD, Gibran Sunmori,...
Iklan

Ganjar CFD, Gibran Sunmori, dan Muhaimin Terima Dukungan

Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin sama-sama beraktivitas di Jakarta.

Oleh
KURNIA YUNITA RAHAYU, NIKOLAUS HARBOWO, WILLY MEDI CHRISTIAN NABABAN
· 4 menit baca
Ketiga pasangan capres-cawapres Pemilu 2024.
KOMPAS

Ketiga pasangan capres-cawapres Pemilu 2024.

JAKARTA, KOMPAS — Jelang debat calon presiden terakhir yang akan digelar di Jakarta Convention Center, Minggu (4/2/2024) malam, para calon presiden dan calon wakil presiden sama-sama menghabiskan akhir pekan di Jakarta. Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dan calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, memulai kegiatan di kawasan Senayan. Sementara calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, menerima dukungan dari alumni perguruan tinggi di Jakarta Selatan.

Pada Minggu pagi, calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, bersama istrinya, Siti Atikoh, berolahraga di area car free day (CFD), Senayan. Selepas berolahraga, Ganjar dan Atikoh menikmati mi ayam di pinggir Jalan, di kawasan Sudirman. Ganjar menjadi pusat perhatian warga yang berada di sekitar lokasi. Banyak dari mereka yang meminta salaman dan berswafoto.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Ganjar merespons warga dengan tersenyum ramah. Bahkan, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mentraktir warga untuk makan mi ayam bersama. Lalu, Ganjar dan Atikoh menyantap mi ayam dengan duduk lesehan di trotoar, bersama warga lain.

Sutoyo, penjual mi ayam Yono 89, mengaku gugup saat menyiapkan mi ayam pesanan Ganjar dan Atikoh. Menurut dia, selama lebih dari 20 tahun berdagang mi ayam, baru kali ini mendapat pembeli seorang calon presiden.

”Rasanya gugup. Sudah 20 tahun jualan mi ayam baru kali ini didatangi pejabat, hanya Pak Ganjar,” ujarnya.

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dan istrinya, Siti Atikoh, di The Ground at Nipah, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023).
KOMPAS/HIDAYAT SALAM

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dan istrinya, Siti Atikoh, di The Ground at Nipah, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023).

Ia berharap, dengan sikap merakyat dan ramah tersebut, capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu dapat terus memperhatikan rakyat kecil, terutama pedagang kecil, agar sejahtera. ”Orangnya mau berkumpul dengan rakyat kecil. Semoga selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk menyejahterakan rakyat kecil,” ucap Sutoyo.

Baca juga: Debat Terakhir Capres, Publik Menunggu Kebijakan Konkret 100 Hari Pertama

Tak hanya Ganjar, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, juga memulai akhir pekan di kawasan Senayan. Gibran dan istrinya, Selvi Ananda, berkeliling kota dengan sepeda motor atau biasa disebut Sunmori (sunday morning ride) dari depan Mal Senayan City menuju Kemang.

Gibran dan Selvi juga ditemani sejumlah selebritas, antara lain Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Andre Taulany, Gading Marten, Baim Wong, Marshel Widianto, dan Alshad Ahmad.

Rombongan Gibran dan para selebritas itu berkendara menuju rumah makan milik Baim Wong di Kemang. Sesampainya di tujuan, mereka tak hanya menikmati sarapan bersama di sana, tetapi juga menyambut kedatangan komedian Kiky Saputri. Komedian yang memiliki ciri khas kerap mengkritik para politisi melalui humornya atau yang dikenal dengan istilah ”me-roasting” politisi.

Iklan
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, bersama dengan istrinya, Selvi Ananda, berkeliling kota dengan sepeda motor atau biasa disebut Sunmori (<i>sunday morning ride</i>) dari depan Mal Senayan City menuju Kemang, Minggu (4/2/2024).
KURNIA YUNITA RAHAYU

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, bersama dengan istrinya, Selvi Ananda, berkeliling kota dengan sepeda motor atau biasa disebut Sunmori (sunday morning ride) dari depan Mal Senayan City menuju Kemang, Minggu (4/2/2024).

Keinginan untuk ”me-roasting” Gibran sebelumnya juga pernah disampaikan Kiky melalui platform media sosial X. Gibran meresponsnya dengan mengajak bertemu hari Minggu. Percakapan itu pun mendapatkan perhatian dari warganet.

Ketika bertemu Gibran, Kiky memulai roasting dengan gimik membungkuk sambil melihat ke berbagai arah, sama seperti yang dilakukan Gibran kepada cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, saat debat cawapres dua pekan lalu. Suasana pun dipenuhi tawa.

Kiky menyinggung beberapa hal terkait Gibran, mulai dari Presiden Joko Widodo, Kaesang, kiprah Gibran memimpin Surakarta, dan kepemimpinan muda. ”Orang mendiskreditkan Mas Gibran, ya, cuma jalur orang dalam lah. Kalau menurut saya, beliau punya sepak terjang yang bagus. Buktinya jadi Wali Kota Solo dan berprestasi,” ujar Kiky.

Mahasiswa yang mengelola klub komedi di Milan, Italia, sedang tampil dalam acara komedi tunggal di Milan, Italia, 8 Juli 2023.
AP/ARSIP PRIBADI ZHONG DI

Mahasiswa yang mengelola klub komedi di Milan, Italia, sedang tampil dalam acara komedi tunggal di Milan, Italia, 8 Juli 2023.

Mendengar itu, Gibran hanya tersenyum. Ia pun kembali menyimak Kiky. ”Enggak mudah, lho, jadi Wali Kota Solo meskipun kerjanya enggak solo-solo amat. Karena, kan, ada bantuan keluarga. Saya baru tahu APBN, Anak Presiden Belanja Negara,” kata Kiky.

Gibran mengatakan, kritik dan masukan bisa disampaikan dalam berbagai bentuk, tidak terkecuali komedi dalam bentuk roasting. Hal itu perlu didengar, diterima, sebagai bahan evaluasi atas kinerja pejabat publik. ”Segala bentuk masukan, evaluasi, kritikan harus kita terima dan kita dengar. Itu, kan, tadi tujuannya untuk hiburan lah. Tapi, juga intinya masukan, kritikan, dan evaluasi kita terima,” kata Gibran.

Terima dukungan

Sebelum debat capres berlangsung, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, menerima dukungan dari keluarga besar alumni Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) dan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) di Jakarta, Minggu pagi. Ia menyebut alumni dua kampus itu sudah tersebar dan mengabdi di banyak tempat.

”Ini berkah yang luar biasa untuk kami (pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin). Mandat-mandat, perintah-perintah kepada perubahan itu jelas dan harus dilaksanakan dalam agenda pembangunan nasional,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyinggung kekuatan logistik Koalisi Perubahan yang cenderung minim. Walakin, kekuatan moral hingga donasi dari para pendukung terus mengalir secara organik. Pesan dan masukan dari para pendukung menjadi kekuatan untuk Anies-Muhaimin bergerak maju.

Selain itu, Muhaimin turut melemparkan gagasan perubahan dalam agenda nasional pemerintah mendatang. Ia mencontohkan maraknya kasus penggunaan narkoba, judi daring, dan pinjaman daring saat ini. Padahal, presiden dan wakil presiden punya kekuasaan untuk menghentikannya.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000