logo Kompas.id
Politik & HukumAnies dan Ganjar Blusukan ke...
Iklan

Anies dan Ganjar Blusukan ke Pasar, Prabowo Berdialog dengan Pengurus PGI

Tiga capres peserta Pemilu 2024 terus berkeliling untuk menyapa dan mendengar aspirasi masyarakat di sejumlah daerah.

Oleh
HIDAYAT SALAM
· 3 menit baca
Anies dan Ganjar sambangi wilayah kantong suara, Prabowo ziarah ke Blitar.
KOMPAS

Anies dan Ganjar sambangi wilayah kantong suara, Prabowo ziarah ke Blitar.

JAKARTA, KOMPAS — Hari ke-53 kampanye Pemilihan Presiden 2024, para calon presiden melanjutkan aktivitas berkeliling daerah untuk menyapa dan mendengarkan aspirasi warga. Bukan hanya melihat problematika yang dihadapi warga, melalui kampanye itu para kandidat juga dapat menyosialisasikan program, gagasan, dan solusi konkret secara lebih tepat dan bisa diterima masyarakat luas.

Pada Jumat (19/1/2024) calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mendatangi masyarakat Batam, Kepulauan Riau. Sementara itu, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi warga Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

Anies mengawali kampanye di Kota Batam dengan menyapa para pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Tos 3000. Bagi Anies, mengunjungi pasar dalam kegiatan kampanye bertujuan belanja masalah. Saat blusukan di pasar, Anies berjanji menyelesaikan masalah bahan pokok mahal.

”Kita semua menginginkan kebutuhan pokok dengan harganya bisa terjangkau lebih murah bagi warga yang membeli, tetapi juga bagi petani, nelayan, dan peternak mereka bisa mendapatkan harga jual lebih baik,” kata Anies.

Baca juga: Gibran Siapkan Materi, Muhaimin Latih Diri, Mahfud Klaim Sudah Kuasai Tema Debat

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan melanjutkan kampanye dengan menyapa para pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Tos 3000, Batam Kepulauan Riau, Jumat (19/1/2024).
KEDEPUTIAN MEDIA DAN KOMUNIKASI TIMNAS AMIN

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan melanjutkan kampanye dengan menyapa para pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Tos 3000, Batam Kepulauan Riau, Jumat (19/1/2024).

Menurut Anies, tata niaga juga harus diperbaiki dan bebas dari praktik mafia. Dengan mengubah tata niaga, maka para petani, peternak, dan nelayan bisa sejahtera dan keluarga bisa mendapat harga lebih murah. ”Tata niaga yang bebas dari praktik-praktik mafia,” katanya.

Anies juga menyampaikan kepada para pedagang pasar bahwa program bansos akan mengalami perubahan menjadi bansos plus. Program bansos plus yang direncanakan itu untuk meningkatkan jumlah penerima. Selain itu, bansos plus juga akan membekali kegiatan wirausaha bagi para penerimanya.

”Akan ada pendampingan bagi penerima. Dengan begitu, bansos plus ini akan memberikan manfaat lebih besar dan akan membekali kegiatan wirausaha supaya bisa naik kelas secara ekonomi,” ujar Anies.

Iklan

Sementara itu, di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi Pasar Induk Magetan. Ganjar menerima sejumlah aspirasi dari para pedagang pasar Induk yang mengeluhkan masih ada pedagang nakal yang berjualan di luar pasar. Menurut pedagang, ini menyebabkan kondisi di dalam pasar induk menjadi sepi.

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi Pasar Induk Magetan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).
TPN GANJAR-MAHFUD

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi Pasar Induk Magetan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).

”Kenapa sepi, ya, soal manajemen pasar saja karena banyak pedagang yang punya kios di dalam ini malah jualan di luar. Alhamdulillah ada ketua DPRD yang bisa langsung sat-set. Tadi beliau ketemu petugas dari dinas pasar, kita minta tolong diatur yang di luar harus masuk,” kata Ganjar.

Ganjar juga berjanji melakukan revitalisasi pasar secara menyeluruh jika terpilih jadi presiden. Revitalisasi bukan hanya bangunan pasar, melainkan juga membuat agar pasar lebih ramai. ”Revitalisasi sebenarnya bukan hanya bangunannya, sekarang mesti ada revitalisasi bagaimana pasar bisa ramai karena ini akan bersaing dengan mereka yang jualannya lebih proaktif,” ucap Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menemui komunitas peternak ayam di Desa Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan. Menurut Ganjar, mereka mengeluhkan tingginya harga jagung di pasaran yang dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat pakan ternak ayam.

Ganjar berjanji memberikan bantuan dan fasilitas untuk peternak agar bisa membuat pakan ternaknya sendiri. Jika peternak ayam bisa membuat pakannya sendiri, mereka tidak akan lagi terbebani harga jagung yang tinggi.

”Padahal, mereka dengan dikasih jagung saja dia sudah punya kemampuan untuk bisa membuat pakan ternak ayamnya sendiri. Itu hanya butuh jagung, katul, konsentrat, dan dia bisa membuat sendiri,” kata Ganjar.

Sambangi PGI

Sementara itu, calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyambangi Kantor Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pusat, Salemba, Jakarta. Prabowo menyebut, dirinya tidak pertama kali berdialog dengan PGI. Prabowo mengaku telah bertukar pandangan dengan Ketua Umum PGI Gomar Gultom dan Sekretaris Umum PGI Jacklevyn Frits Manuputty, tetapi dalam forum yang lebih kecil.

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat menyapa para pendukungnya di Lampung, Kamis (11/1/2024).
KOMPAS/VINA OKTAVIA

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, saat menyapa para pendukungnya di Lampung, Kamis (11/1/2024).

Pada kesempatan itu, Prabowo memperkenalkan buku visi, misi, dan program yang ditawarkan bersama calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka. Buku tersebut juga dibagikan kepada pengurus PGI yang hadir. ”Saya kira saya bukan orang baru di kalangan PGI,” ujar Prabowo.

Baca juga: Variabel Partisipasi Pemilih Ikut Tentukan Hasil Pilpres

Editor:
ANITA YOSSIHARA
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000