logo Kompas.id
Politik & HukumDi GBI Selecta Medan, Mahfud...
Iklan

Di GBI Selecta Medan, Mahfud MD Sampaikan Pesan Keberagaman

Mahfud MD menyatakan, kebebasan beragama tidak hanya tertulis dalam konstitusi, tetapi juga ada dalam keseharian warga.

Oleh
DENTY PIAWAI NASTITIE
· 3 menit baca

Mahfud MD menyampaikan orasi kebangsaan di GBI Selecta Medan, Minggu (14/1/2024). Menurut Mahfud, semangat toleransi dan keberagaman adalah modal persatuan Indonesia.
DOKUMENTASI TPN GANJAR-MAHFUD

Mahfud MD menyampaikan orasi kebangsaan di GBI Selecta Medan, Minggu (14/1/2024). Menurut Mahfud, semangat toleransi dan keberagaman adalah modal persatuan Indonesia.

MEDAN, KOMPAS — Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menyampaikan pesan toleransi dan keberagaman dalam kunjungannya di Gereja Bethel Indonesia Selecta yang berada di Jalan Listrik Nomor 2, Medan, Minggu (14/1/2024). Menurut Mahfud MD, semangat toleransi dan keberagaman adalah modal persatuan Indonesia.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Pesan saya, adalah pesan kebangsaan. Bahwa kita itu bersatu bukan sekadar sebagai fisik bangsa, melainkan juga bersatu dalam ide dan gagasan. Gagasan besar dalam kebersatuan kita, yaitu kita tidak bermusuhan, karena suku, agama, dan ras,” ujar Mahfud MD yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu.

Mahfud MD mengatakan, persatuan dalam keberagaman di Indonesia sudah dirancang sejak lama oleh para pendiri bangsa. Semangat persatuan itu dibuat berdasarkan penghayatan hidup bangsa selama berabad-abad. ”Satu-satunya perbedaan yang ada di antara umat manusia adalah dalam urusan geopolitik karena setiap negara mempunyai tujuan berbeda,” ujarnya.

Di hadapan jemaat gereja, Mahfud MD menyatakan dirinya tidak berani mengklaim sebagai sosok yang paling cocok menjadi wakil presiden negara ini. Menurut dia, setiap orang punya penilaian berdasarkan lingkungan dan strata sosial yang memengaruhi. Namun, ia berpesan agar siapa pun pilihan masyarakat dibuat berdasarkan hati nurani.

”Semua warga negara punya hak untuk menentukan pilihan dengan bebas,” katanya.

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menerima doa dari Pendeta Aristarkus Tarigan dan jemaat di GBI Selecta Medan, Minggu (14/1/2024). Menurut Mahfud MD, semangat toleransi dan keberagaman adalah modal persatuan Indonesia.
DOKUMENTASI TPN GANJAR-MAHFUD

Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menerima doa dari Pendeta Aristarkus Tarigan dan jemaat di GBI Selecta Medan, Minggu (14/1/2024). Menurut Mahfud MD, semangat toleransi dan keberagaman adalah modal persatuan Indonesia.

Dalam kunjungannya, Mahfud menerima doa dari Pendeta Aristarkus Tarigan dan umat GBI Selecta. Sambil meletakkan tangan di atas pundak Mahfud MD, Aristarkus Tarigan berdoa agar Mahfud MD beserta calon Presiden Ganjar Pranowo menjadi berkat bagi Indonesia.

”Biar ia menjadi berkat bagi negeri, dan berkatnya menjadi lebih besar lagi. Dengan pasangan (Ganjar Pranowo), dan tim bersama-sama. Biar Engkau yang meridai kerinduan mereka,” kata Pendeta Aristarkus Tarigan.

Iklan

Mahfud mengucapkan terima kasih atas doa yang disampaikan oleh jemaat gereja agar ia bisa memberikan pelayanan terbaik bagi kehidupan masyarakat. ”Mudah-mudahan Tuhan menyambut doa kita,” katanya.

Baca juga: Program Susu Gratis Dapat Saingan, Kubu Ganjar-Mahfud Janjikan Telur Gratis

Sebelum silaturahmi di GBI Selecta, Mahfud MD juga menghadiri acara di Gereja Rumah Persembahan, Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara. Ribuan jemaah hadir dalam acara ini. Selain itu, tampak Menteri Hukum dan HAM Prof Yasonna H Laoly, Pendeta GBI Rumah Persembahan Bambang Y, dan dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto.

Dalam orasi kebangsaannya, Mahfud menyatakan, lewat acara ini, kebebasan beragama bukan hanya tertulis dalam konstitusi, melainkan juga ada dalam keseharian warga bangsa. ”Saya kira ini yang harus kita terus jaga,” pesan Mahfud kepada ribuan umat Kristiani yang hadir.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini bercerita sejarah awal kemerdekaan. Ada dua kutub pemahaman, satu ingin mendirikan negara sekuler, kedua ingin mendirikan negara agama. Terjadi perdebatan yang argumentasinya sama-sama kuat.

Mahfud MD menyampaikan pernyataan pers seusai bersilaturahmi dengan jemaat di GBI Selecta Medan, Minggu (14/1/2024). Menurut Mahfud, semangat toleransi dan keberagaman adalah modal persatuan Indonesia.
DOKUMENTASI TPN GANJAR-MAHFUD

Mahfud MD menyampaikan pernyataan pers seusai bersilaturahmi dengan jemaat di GBI Selecta Medan, Minggu (14/1/2024). Menurut Mahfud, semangat toleransi dan keberagaman adalah modal persatuan Indonesia.

Hebatnya, para pendiri bangsa ketemu jalan kompromi. Bertemu di kalimat yang sama. Indonesia bukan negara agama juga bukan negara sekuler. ”Yang menyangkut peribadatan, itu urusan internal. Tidak boleh diintervensi, negara melindungi dan menjamin. Yang menyangkut kepentingan dan tujan bersama adalah pandangan dan visi tentang negara, pemerintahan yang bersih, demokrasi yang jujur, memberantas korupsi, kesamaan semua ini diikat Pancasila,” katanya.

Pemimpin ideal

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, yang turut hadir mendampingi Mahfud MD di GBI Selecta, mengatakan, pemimpin ideal itu yang mampu menjaga kesetaraan dalam keberagaman sehingga semua agama merasa dilindungi.

Menurut Hary Tanoesoedibjo, kesenjangan sosial memengaruhi bagaimana masyarakat bersatu. Oleh karena itu, untuk menjaga persatuan penting juga diimbangi dengan membangun ekonomi. ”Untuk membangun ekonomi, kita harus memberantas korupsi. Menurut saya, Mahfud MD adalah orang yang tepat untuk memberantas korupsi,” katanya.

Hanna Silalahi (32), jemaat GBI Selecta, merasa terkejut dengan kehadiran Mahfud MD menjelang berakhirnya ibadah gereja. ”Saya terkejut karena saya pendukung bapak. Jadi, saya senang sekali. Saya pengen foto, tapi karena ramai tidak bisa foto,” ujarnya.

Hanna, yang datang ke gereja bersama suami, kakak, dan anaknya, mengatakan, ia berharap agar Pemilu 2024 berjalan damai. Ia juga berharap agar Ganjar-Mahfud menang dalam Pemilu 2024. ”Kebetulan anak saya hari ini ulang tahun yang ketiga, bersamaan dengan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Jadi, saya mendoakan mereka menang,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah umat gereja lain menolak memberikan komentar. ”Maaf, tidak bisa berkomentar. Saya mendukung Amin,” kata seorang pria sambil berjalan ke luar gereja.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000