logo Kompas.id
Politik & HukumParpol Berupaya Dekati Gen Z, ...
Iklan

Parpol Berupaya Dekati Gen Z, tetapi Strateginya Dinilai Masih Parsial

-

Oleh
KURNIA YUNITA RAHAYU
· 3 menit baca
Lambang partai politik peserta Pemilu 2019 tergambar di sebuah tembok di kawasan Gandaria, Jakarta, Minggu (24/10/2021). Kalangan pemuda mengharapkan aksi partai politik benar-benar dapat dirasakan di tengah masyarakat, bukan hanya untuk kepentingan elektoral.
KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN

Lambang partai politik peserta Pemilu 2019 tergambar di sebuah tembok di kawasan Gandaria, Jakarta, Minggu (24/10/2021). Kalangan pemuda mengharapkan aksi partai politik benar-benar dapat dirasakan di tengah masyarakat, bukan hanya untuk kepentingan elektoral.

  • Partai politik menyadari besarnya pengaruh generasi Z di Pemilu 2024 sehingga menyiapkan berbagai strategi menyentuh mereka.
  • Program khusus partai hingga strategi membuka ruang lebih bagi generasi muda duduk di jajaran pengurus partai dilakukan sejumlah partai politik.
  • Analis politik menilai pertama-tama parpol perlu memiliki pemetaan kebutuhan generasi Z sebelum menyusun program.

JAKARTA, KOMPAS — Partai politik dinilai belum mampu merespons kecenderungan dan kebutuhan generasi Z secara optimal. Pendekatan yang dilakukan masih berfokus pada gimik, alih-alih mengadaptasi cara pikir pemilih mula secara menyeluruh. Dibutuhkan langkah komprehensif tak hanya untuk menggaet suara, tetapi juga meningkatkan kesadaran politik generasi Z untuk mempersiapkan kepemimpinan masa depan.

Editor:
ANTONY LEE
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000