logo Kompas.id
Politik & HukumEdhie Baskoro Yudhoyono: Peran...
Iklan

Edhie Baskoro Yudhoyono: Peran Oposisi Demokrat seperti ”David Vs Goliath”

Elektabilitas Partai Demokrat terus meningkat. Tuah dari konsistensi sikap oposisi. Wawancara khusus ”Kompas” dengan Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono membedah lebih dalam terkait hal ini.

Oleh
KURNIA YUNITA RAHAYU
· 1 menit baca
Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR/Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono
YUNDY BHAKTI UNTUK KOMPAS

Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR/Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono

Tren positif elektabilitas Partai Demokrat terus berlanjut. Elektabilitas partai yang hanya 4,7 persen berdasarkan hasil survei Litbang Kompas periode Oktober 2019 terus meningkat hingga dua kali lipat lebih atau menjadi 11,6 persen pada survei periode Juni 2022. Dengan capaian itu, partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono ini pun sudah melampaui raihan suara Demokrat pada Pemilu 2019. Posisinya kini berada di peringkat ketiga elektabilitas tertinggi atau di bawah PDI-P dan Gerindra.

Konsistensi sikap oposisi Demokrat dinilai sejumlah kalangan, termasuk analisis dari internal Demokrat, sebagai salah satu penopang peningkatan elektabilitas itu. Melalui beragam cara dan kanal, baik oleh jajaran struktural partai maupun 54 anggota DPR dari Demokrat, sikap kritis terhadap pemerintah itu intens disuarakan.

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan