logo Kompas.id
Politik & HukumTeka-teki Presiden Jokowi dan ...
Iklan

Teka-teki Presiden Jokowi dan Kebutuhan Otorita Nusantara

Banyak figur disebut-sebut berpeluang memimpin pengelolaan ibu kota negara yang baru, Nusantara. Namun, keputusan akhir ada di Presiden Joko Widodo. Utamakan aspek kapasitas alih-alih kepentingan politik.

Oleh
NIKOLAUS HARBOWO
· 5 menit baca
Presiden Joko Widodo, Selasa (27/7/2021).
KOMPAS/PRAYOGI DWI SULISTYO

Presiden Joko Widodo, Selasa (27/7/2021).

Menyusul disetujui disahkannya Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara dalam Rapat Paripurna DPR, Selasa (18/1/2022), pertanyaan mengenai siapa pemimpin pertama dari Otorita Ibu Kota Negara Nusantara mengemuka di publik. Beragam spekulasi muncul. Teka-teki dari Presiden Joko Widodo kian menguatkan spekulasi. Memindahkan ibu kota negara bukan pekerjaan ringan. Dibutuhkan sosok yang rekam jejaknya teruji, berkapasitas, dan inovatif.

”Mungkin yang punya latar belakang arsitek. Yang pernah memimpin daerah bisa lebih baik lagi. Kita harapkan begitu, tetapi kenyataannya bisa lain.” Pernyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat ditanya mengenai siapa yang akan ditunjuk sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam perbincangan dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa, di Istana Negara, Rabu (19/1/2022).

Editor:
ANTONIUS PONCO ANGGORO
Bagikan