logo Kompas.id
Politik & HukumPelayanan Publik Buruk,...
Iklan

Pelayanan Publik Buruk, Kredibilitas Negara Jadi Taruhan

Hasil penilaian yang dilakukan Ombudsman RI terhadap kepatuhan pemerintah kabupaten pada standar pelayanan publik tahun 2021 menunjukkan, 103 dari 416 kabupaten memiliki tingkat kepatuhan tinggi.

Oleh
IQBAL BASYARI
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/1OW7hbVpJS0GtLvki8L4c-66Dgg=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F12%2F9D4CFEDC-5BC4-4C65-BFCD-9521C880AF17_1640757974.jpeg
OMBUDSMAN RI

Ketua Ombudsman RI Mokh Najih memberikan paparan saat Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik tahun 2021 yang berlangsung di Jakarta, Rabu (29/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Tingkat kepatuhan pemerintah kabupaten di Indonesia terhadap standar pelayanan publik mengalami penurunan. Jika dibiarkan, kondisi itu tidak hanya akan menimbulkan malaadministrasi, tetapi juga menurunkan kepercayaan masyarakat dan kredibilitas penyelenggara negara.

Hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik 2021 kepada 587 instansi pemerintah pusat dan daerah yang dirilis Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Rabu (29/12/2021), menunjukkan, jumlah pemerintah kabupaten (pemkab) dengan kepatuhan tinggi terhadap standar pelayanan publik menurun dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Dari 416 kabupaten, 103 atau 24 persen di antaranya masuk kategori zona hijau atau tingkat kepatuhan tinggi,  226  zona kuning (sedang), dan 87 kabupaten  masuk zona merah (rendah).

Editor:
Anita Yossihara
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000