logo Kompas.id
Politik & HukumMengupas Islam Kontemporer dalam Kehidupan Berbangsa

Mengupas Islam Kontemporer dalam Kehidupan Berbangsa

Islam berperan dalam pembentukan negara Pancasila. Sekalipun ada perdebatan mengenai hubungan antara Islam dan keindonesiaan, terlihat jelas Islam tidak ada masalah dengan Indonesia yang berdasar Pancasila.

Oleh Rini Kustiasih
· 1 menit baca
Memuat data...
TANGKAPAN LAYAR ZOOM MEETING

Diskusi bedah buku karya Masykuri Abdullah menghadirkan sejumlah tokoh, yakni Dubes Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Dekan Fakultas Islam Nusantara Unusia Ahmad Suaedy, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra, dan rohaniwan Katolik Franz Magnis-Suseno. Acara diskusi dan peluncuran buku dilakukan secara hibrida antara luring dan daring, Kamis (25/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Masykuri Abdillah, meluncurkan dua buku terbarunya, yang berbicara mengenai Islam sebagai agama yang mengemban misi perdamaian serta kaitan antara Islam dan kehidupan berbangsa. Dua buku itu menunjukkan perhatian besar Masykuri terhadap khazanah Islam kontemporer yang terlibat aktif dalam pembentukan negara bangsa, sekaligus mendukung lahirnya negara Pancasila.

Sejumlah tokoh hadir memberikan tanggapannya dalam diskusi dan peluncuran dua buku Masykuri Abdillah yang berjudul Islam Agama Kedamaian dan Islam dan Etika Kehidupan Berbangsa, Kamis (25/11/2021) di Jakarta. Kedua buku itu masing-masing diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas dan Penerbit Mizan.

Editor: Madina Nusrat
Bagikan