logo Kompas.id
Politik & HukumPembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi Disebut Telah Mendapatkan Titik Temu

Pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi Disebut Telah Mendapatkan Titik Temu

Pemerintah dan DPR terus melancarkan lobi-lobi untuk mencari titik temu atas perbedaan pandangan mengenai otoritas pengawas perlindungan data pribadi (PDP). Pembahasan RUU PDP ditargetkan rampung tahun ini.

Oleh
IQBAL BASYARI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Wawan H Prabowo

Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate bersama jajarannya menghadiri rapat bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Rapat membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perlindungan Data Pribadi. RUU Perlindungan Data Pribadi masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2020.

JAKARTA, KOMPAS — Pembahasan secara formal dan informal antara Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang mengalami kebuntuan disebut telah mendapatkan titik temu. DPR dan pemerintah sudah menyepakati bentuk otoritas pengawas perlindungan data pribadi sehingga pembahasannya diperkirakan bisa selesai pada akhir tahun ini.

Pertemuan secara formal dan informal terus dilakukan oleh DPR dan pemerintah untuk menyelesaikan kebuntuan pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP), terutama terkait bentuk otoritas lembaga pengawas. Sebagian besar fraksi di Komisi I DPR mengusulkan bentuk otoritas lembaga yang independen, sedangkan pemerintah ingin lembaga berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Editor:
Anita Yossihara
Bagikan