logo Kompas.id
Politik & HukumJalan Berliku Tokoh Potensial Calon Presiden

Jalan Berliku Tokoh Potensial Calon Presiden

Sebagian besar tokoh potensial calon presiden bukan berasal dari kalangan elite partai politik. Mereka masih perlu berjuang untuk mendapatkan tiket pilpres dari partai politik.

Oleh NIKOLAUS HARBOWO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berkunjung ke Balai Kota Jakarta dan bersilaturahmi dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Kamis (25/2/2016).

Mayoritas tokoh calon presiden potensial di Pemilihan Presiden 2024 bukan berasal dari elite partai politik. Alhasil, negosiasi mereka diprediksi akan lebih alot untuk bisa dicalonkan oleh partai. Di sisi lain, jika partai “meninggalkan” para tokoh potensial itu, maka elektabilitas partai pun justru menjadi taruhannya.

Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 masih sekitar dua setengah tahun lagi. Sampai saat ini, tanggal pemungutan suara belum juga ditetatpkan. Namun, bursa calon presiden mulai ramai. Ironisnya, mayoritas tokoh potensial calon presiden justru bukan berasal dari kalangan elite partai, bahkan tak sedikit yang bukan anggota partai politik.

Editor: Anita Yossihara
Bagikan