logo Kompas.id
Politik & HukumParpol Perlu Kerja Keras...
Iklan

Parpol Perlu Kerja Keras Rangkul Generasi Z dan Y

Strategi baru dibutuhkan parpol untuk mendekati Gen Z dan Y yang kritis. Generasi ini bisa menjadi penyumbang ”golput” yang besar di Pemilu 2024 jika aspirasi mereka tak diakomodasi.

Oleh
Tim Kompas
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/sjddwsD9sVg1_hWgL8JQXjY6vSo=/1024x594/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fkompas_tark_7722925_1_2.jpeg
KOMPAS/ KRIS R MADA

Pemilih pemula pemilihan presiden menggunakan haknya di KBRI Singapura, Minggu (6/7/2014). Animo WNI mengikuti pilpres lebih tinggi dibandingkan saat pemilu legislatif.

JAKARTA, KOMPAS — Partai politik perlu mengubah strateginya dalam mendekati pemilih dari generasi Z dan Y yang lebih kritis dan tertarik dengan isu yang dekat dengan keseharian mereka. Dengan waktu tersisa sekitar 2,5 tahun sebelum Pemilu 2024, parpol harus mulai bekerja keras mengubah pendekatan, baik dalam tawaran kebijakan maupun pola komunikasinya, untuk generasi itu.

Apalagi, porsi pemilih Gen Y dan Z cukup besar. Berkaca dari data Komisi Pemilihan Umum, misalnya, pemilih berusia maksimal 30 tahun saja sudah  60,3 juta jiwa atau 31,7 persen dari total pemilih tetap Pemilu 2019.

Editor:
Antony Lee
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000